Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI PENGETAHUAN SOSIOLOGI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI PENGETAHUAN SOSIOLOGI"— Transcript presentasi:

1 APLIKASI PENGETAHUAN SOSIOLOGI

2 Sekali Lagi Sosiologi! Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yg memberikan pemecahan atas berbagai masalah dengan pendekatan kemasyarakatan. Sosiologi juga merupakan cara berfikir untuk mengungkapkan realitas sosial dalam masyarakat dengan prosedur dan teori ilmiah. Sosiologi adalah ilmu praktis yakni ilmu yang membutuhkan praktek penerapan ditengah masyarakat. Laboratorium ilmu sosiologi adalah eksplorasi, riset kualitatif, dan pencarian isu disertai analisa solusi efektif. Sosiologi ranah ilmu sosial yang menarik dan mengusik. Menarik karena berbicara pada hal yang luas ditengah masyarakat dan mengusik karena peneliti di bidang sosiologi adalah manusia yang selalu gelisah dan resah akan kondisi sosial. Sehingga sosiologi adalah sebuah seni yang membutuhkan intuisi dan ilmu yang membutuhkan analisa dari pola pikir.

3 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan Tentang Nilai dan Norma Sosial; pengetahuan tentang hal ini dapat membantu keberhasilan seseorang dalam kedudukannya sebagai anggota masyarakat dalam struktur sosial yang menjadi tempat tinggalnya. Misalnya, seorang anak yang mempunyai kebiasaan bersalaman dan mencium tangan kepada orang yang lebih tua pada masyarakat Jawa akan menjadikan anak tersebut sebagai anak yang tahu tata krama.

4 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan tentang Interaksi dan Peran Sosial; pengetahuan ini dapat membantu keberhasilan seseorang menjalankan peran sosialnya berhubungan dengan anggota masyarakat lainnya. Misalnya, seseorang dalam interaksi di lingkungan kerja. Ia memperhatikan kaidah atau norma yang menjadi aturan di tempat kerja, maka ia akan diterima baik sebagai anggota dari mereka yang berada di lingkungan kerja tersebut.

5 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan tentang Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian; membantu seseorang untuk memahami bagaimana ia harus bersosialisasi dalam masyarakat agar mempunyai kepribadian yang baik. Misalnya, seorang ayah akan mendidik anaknya dengan sebaik-baiknya, tidak melakukan kekerasan fisik atau emosional, memberikan teladan yang baik, menumbuhan sikap tolong-menolong, dan sikap saling menghargai sesama manusia.

6 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan tentang Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian; hal ini akan memberikan pengetahuan tentang upaya pengendalian sosial agar terjadi keteraturan sosial kembali. Misalnya, banyak remaja pelaku tindak kriminal yang disebabkan oleh penyalahgunaan narkotika. Akibatnya muncul ketidakstabilan mental dan fisik. Bahkan dapat mengganggu ketertiban umum. Maka dapat dilakukan dengan berbagai upaya yakni preventif, penindakan, dan penyerahan kepada pihak berwenang.

7 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan tentang Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian; Individu menurut konsep sosiologi adalah manusia yang hidup sendiri, tidak mempunyai kawan. Sedangkan masyarakat menurut Steinmentz adalah kelompok manusia yang terbesar yang meliputi pengelompokan2 manusia yg lebih kecil dan memiliki hubungan erat dan teratur. Ada 3 pernyataan mengenai hubungan antara individu dengan masyarakat: 1.Individu memiliki status yang relatif dominan 2.Masyarakat memiliki status yang relatif dominan terhadap individu 3.Individu dan masyarakat saling tergantung Individu dan masyarakat merupakan perangkat yang senantiasa ada di dalam setiap pergaulan hidup.

8 Penerapan Pengetahuan Sosiologi di Masyarakat Penerapan Pengetahuan Sosiologi dalam Pembangunan; menurut Soerjono Soekanto pengetahuan sosiologi dapat diterapkan dan berguna bagi kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembangunan. Pada tahap perencanaan yang diperhatikan adalah kebutuhan sosial, pusat perhatiannya, stratifikasi sosial, pusat kekuasaan, maupun saluran komunikasi. Pada tahap pelaksanaan, yang dilihat ialah kekuatan sosial dalam masyarakat serta proses perubahan sosialnya. Pada tahap penilaian, harus dilakukan analisis terhadap efek-efek atau dampak sosial dari pembangunan tersebut.

9 Manfaat Pengetahuan Sosiologi Menambah pengetahuan tentang kebhinekaan sosial seperti: Suku, Agama, Ras, Antargolongan sehingga tumbuh sikap solidaritas dan sikap tenggang rasa. Menumbuhkan kepekaan sosial untuk membangun kerjasama. Menghindari konflik sosial horisontal maupun vertikal karena perbedaan SARA. Menghindari munculnya dominasi di tengah masyarakat baik pada sisi ipoleksosbuhankam. Meningkatkan integritas nasional demi ketahanan dan persatuan bangsa Menyatukan barisan kaum muslimin untuk saling menjaga ukhuwah dan kebersamaan orientasi hidup.

10 Peran Sosiologi dalam Kehidupan Masyarakat Sosiolog sebagai ahli riset Sosiolog sebagai konsultan kebijakan Sosiolog sebagai teknisi Sosiolog sebagai guru atau pendidik


Download ppt "APLIKASI PENGETAHUAN SOSIOLOGI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google