Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSTANTA dan OPERATOR

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSTANTA dan OPERATOR"— Transcript presentasi:

1 KONSTANTA dan OPERATOR

2 Konstanta Berbeda dengan variabel yang isinya bisa berubah selama eksekusi program berlangsung, sedangkan isi dari konstanta tidak bisa berubah. Konstanta merupakan nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah.

3 Deklarasi konstanta Ada dua cara untuk mendeklarasikan konstanta:
Setelah deklarasi header file dengan menggunakan #define Di dalam fungsi dengan menggunakan const

4 Contoh1 : //deklarasi konstanta #include <iostream.h>
#include <conio.h> #define phi 3.14 #define r1 3 #define r2 10.7 #define kar 'A' #define teks "Contoh deklarasi konstanta" #define x true

5 Contoh1lanjut : main() { //pemanggilan konstanta
cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

6 Contoh 2: #include <iostream.h> #include <conio.h>
main() { //deklarasi konstanta const float phi=3.14; const int r1=3; const float r2=10.7; const char kar='A'; const char teks[30]="Contoh deklarasi konstanta" ; const bool x=true;

7 Contoh 2 lanjut: // pemanggilan konstanta
cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

8 OPERATOR Operator aritmatik, terdiri : Operator gabungan
Penjumlahan (+) Pengurangan (-) Perkalian (*) Pembagian (/) Modulo (%) Operator gabungan Operator Contoh Ekivalen += bonus += 500; bonus = bonus + 500; -= budget -= 50; budget = budget - 50; *= gaji *= 1.2; gaji=gaji * 1.2; /= faktor/= 50; faktor= faktor/.50; %= jml_hari %=7; jml_hari =jml_hari % 7;

9 Operator Logika Adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi dimana nilai yang dihasilkan dari operasi tersebut hanya berupa nilai benar (true) dan salah (false), atau sering disebut dengan nilai boolean. Operator Jenis Operator Contoh && AND (dan) 1 && 1 = 1 || OR (atau) 1 || 0 = 0 ! NOT (negasi) !0 = 1

10 Mengatur angka desimal
Caranya: Menggunakan instruksi setprecision(n) Menggunakan instruksi setiosflag(ios::fixed) Kedua instruksi diatas memerlukan header file iomanip.h

11 setprecision: #include <iostream.h> #include <conio.h>
#include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a)= ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b)= ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasilpembagian“ <<setprecision(3)<<c; getch();} setprecision (3)  tempat yang dipesan baik untuk nilai bulat maupun desimal adalah 3.

12 setprecision & setiosflags :
#include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a) = ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b) = ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasil pembagian = “ <<setiosflags(ios::fixed)<<setprecision(2)<<c; getch();} setiosflags(ios::fixed) <<setprecision(2)  tempat yang dipesan untuk angka desimal saja.

13 Fungsi built-in matematik yang
sering digunakan Fungsi-fungsi tersebut antara lain: Fungsi sqrt(x)  untuk mencari x. Fungsi pow(x,y)  digunakan untuk mencari xy Kedua fungsi tersebut harus menggunakan header file math.h

14 - sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi))
Tugas !! Buatlah program untuk menghitung sisi miring dan keliling segitiga siku-siku dengan sisi tegak Mendatar merupakan input dari keyboard (diinpukkan user) Jawaban dalam bentuk : Algoritma Flowchart Pseudocode Rumus : - sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi)) - keliling = alas+tinggi+sisimiring


Download ppt "KONSTANTA dan OPERATOR"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google