Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan roda dua, tiga dan empat. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan roda dua, tiga dan empat. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon."— Transcript presentasi:

1

2 Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan roda dua, tiga dan empat. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5 – C10. Kadarnya bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan kualitas yang diinginkan. Kualitas bensin biasanya dikaitkan dengan jumlah ketukan (knocking) yang ditimbulkan. Kualitas bensin dinyatakan dengan bilangan oktan. Untuk menaikkan mutu bensin (menaikkan bilangan oktannya) perlu ditambah zat aditif yang sifatnya anti ketukan. Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan roda dua, tiga dan empat. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5 – C10. Kadarnya bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan kualitas yang diinginkan. Kualitas bensin biasanya dikaitkan dengan jumlah ketukan (knocking) yang ditimbulkan. Kualitas bensin dinyatakan dengan bilangan oktan. Untuk menaikkan mutu bensin (menaikkan bilangan oktannya) perlu ditambah zat aditif yang sifatnya anti ketukan. APA ITU BENSIN ?

3 Bagaimana cara menaikkan nilai oktan? Zat yang dibutuhkan untuk menaikkan angka oktan bensin yaitu TEL (Tetra Ethyl Lead) Pb(C 2 H 5 ) 4 dan MTBE (metil tersier butil eter ) C 5 H 12 O. Dengan mencampur aditif TEL dan MTBE pada bensin maka bilangan oktan bensin dapat dinaikkan. Zat yang dibutuhkan untuk menaikkan angka oktan bensin yaitu TEL (Tetra Ethyl Lead) Pb(C 2 H 5 ) 4 dan MTBE (metil tersier butil eter ) C 5 H 12 O. Dengan mencampur aditif TEL dan MTBE pada bensin maka bilangan oktan bensin dapat dinaikkan.

4 MTBE

5 TEL (Tetra Ethyl Lead)

6 Bagaimana Pertamina menaikkan nilai oktannya? Pertamina memakai berbagai cara untuk menaikkan nilai oktan pada produknya: Premium : MTBE Pertamax : Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya Pertamax plus :Toluene sebagai peningkat oktannya

7 Dampak negatif dari penggunaan TEL Menurunkan IQ Keracunan Keguguran, bayi cacat( ibu hamil) Gangguan sistem saraf(neurotik) Susah belajar Menurunkan IQ Keracunan Keguguran, bayi cacat( ibu hamil) Gangguan sistem saraf(neurotik) Susah belajar Mencemarkan udara Mengkontaminasi tanah dan berdampak pada pertanian. Mencemarkan udara Mengkontaminasi tanah dan berdampak pada pertanian.

8 Dampak Negatif MTBE Sulit terurai dengan alam sehingga dapat mencemarkan udara Beberapa ahli mengatakan bahwa MTBE merupakan zat karsinogen yang berbahaya bagi manusia.


Download ppt "Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan roda dua, tiga dan empat. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google