Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Misbahul Aziz4413100005 Muhammad Jamaludin4413100040 Rizki Eka Nafiandia4413100047.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Misbahul Aziz4413100005 Muhammad Jamaludin4413100040 Rizki Eka Nafiandia4413100047."— Transcript presentasi:

1 Misbahul Aziz Muhammad Jamaludin Rizki Eka Nafiandia

2 Latar Belakang Manusia membutuhkan perangkat yang mendukung mobilitas manusia Microsoft corp menciptakan Microsoft Office Apache membuat produk saingan dengan membuat Open Office yang bersifat Open Source

3 Sejarah Star ivision (Jerman) mengembangkan StarOffice Agustus 1999, Sun Microsystem membeli kode StarOffice Juli 2000, StarOffice dapat di download dengan lisensi LGPL dan SISSL 2003, Memulai proyek Office Maret 2005, Versi Beta Open Office 2.0 dirilis 2 September 2005, penghapusan lisensi SISSL Open Office bebas dikomersialisasi 20 Oktober 2005, Open Office 2.0 diluncurkan Berkembang hingga sekarang

4 Perusahaan Pendukung Open Office Novell RadHat Debian Intel

5 Deskripsi OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain-lain. OpenOffice ditujukan sebagai pengganti dari Microsoft Office yang berlisensi amat mahal Open Office dapat dijalankan dari berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Solaris, Linux dan Mac

6

7 Komponen Open Office OpenOffice.org Writer, OpenOffice.org Calc, OpenOffice.org Impress, OpenOffice.org Draw, OpenOffice.org Math, OpenOffice.org Base,

8 OpenOffice.org Writer

9 OpenOffice.org Writer, adalah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah huruf dan kata. Aplikasi yang ini sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll. Dokumen yang ada dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Word.

10 OpenOffice.org Calc

11 OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office namun memiliki beberapa perbedaan kecil. Dokumen yang dibuat dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Excell.

12 OpenOffice.org Impress

13 OpenOffice.org Impress adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PowerPoint pada Microsoft Office. Dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh pengguna Microsoft PowerPoint.

14 OpenOffice.org Draw

15 OpenOffice.org Draw, adalah aplikasi yang digunakan untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office. Selain itu aplikasi ini memberikan sedikit fungsi dasar yang ada pada CorelDraw.

16 OpenOffice.org Math

17 OpenOffice.org Math, adalah aplikasi yang digunakan untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.

18 OpenOffice.org Base

19 OpenOffice.org Base, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office. Database yang digunakan dapat dibaca oleh aplikasi Microsoft Access.

20 Kelebihan Open Office Tidak ada biaya lisensi : Maksudnya yaitu OpenOffice bebas digunakan dan bebas didistribusikan. Open Source : Pengguna dapat mendistribusikan, menyalin, dan merubah perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan anda. Cross-platform : maksudnya dapat dijalankan pada berbagai platform hardware dan sistem operasi, seperti MS Windows, Max OS X, linux dan Sun Solaris. Dukungan Multi Bahasa : mendukung berbagai bahasa (lebih dari 40 bahasa) seperti ejaan, hipenasi dan lain-lain. User Interface yang konsisten: semua komponen memiliki look and feel yang serupa, sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya dan menguasai perangkat linak tersebut. Terintegrasi : maksudnya seluruh komponen openoffice saling terintegrasi satu sama lain. Granulariti : yang dimakasud dengan granulariti yaitu jika anda mengubah opsi maka akan mempengaruhi selruh komponen yang lainnya.tatapi opsi dapat diatur pada setiap komponen ataupun dokumen. Kompabilitas file : yaitu disertai kemampuanya untuk mengekspor dokumen ke format PDF dan Flash. selain itu dapat digunakan untuk menyimpan file dalam format MS office, HTML, XML dan lain-lain. Tidak terpaku pada satu vendor : Semua pengguna dapat terlibat dalam proses pengembangan dan perbaikan perangkat lunak.

21 Kekurangan Open Office 1.OpenOffice terkenal rakus dengan daya komputer, selalu membutuhkan komputer dengan spek yang lumayan tinggi. 2.Open Office mampu membuka file Office, tapi Office tidak bisa membuka file OpenOffice. Namun file Office yang dibuka pun terbatas, dan tidak selalu sama tampilannya bila dibuka dengan Office Kadang malah jadi berantakan. 3.Tidak ada PageArtBordernya

22 Thanks Guys


Download ppt "Misbahul Aziz4413100005 Muhammad Jamaludin4413100040 Rizki Eka Nafiandia4413100047."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google