Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Unified Modeling Language. 2 Merupakan bahasa standard untuk membuat blueprint suatu software. UML bisa digunakan sebagai visualisasi, spesifikasi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Unified Modeling Language. 2 Merupakan bahasa standard untuk membuat blueprint suatu software. UML bisa digunakan sebagai visualisasi, spesifikasi,"— Transcript presentasi:

1 1 Unified Modeling Language

2 2 Merupakan bahasa standard untuk membuat blueprint suatu software. UML bisa digunakan sebagai visualisasi, spesifikasi, konstruksi dan dokumentasi suat software. Grady Booch James Rumbaugh (OMT) Ivar Jacobson (OOSE)

3 3 Unified Modeling Lanugage Merupakan standard bahasa pemodelan untuk pembuatan object-oriented software. Merupakan kombinasi dari : Konsep Pemodelan Data (Entity Relationship Diagrams) Pemodelan Bisinis (Work Flow), Pemodelan Object, Pemodelan Komponen,

4 4 Spesifikasi UML mendefinisikan sekumpulan diagram grafis sebagai tampilan dari beberapa level abstraksi. Dapat digunakan bersama oleh semua proses pada keseluruhan tahap siklus-hidup (life-cycle) pengembangan software serta pada implementasi ke beberapa teknologi yang berbeda. Unified Modeling Language

5 5 Computer System Business Process Order Item Ship via “ Modeling captures essential parts of the system.” Dr. James Rumbaugh Visual Modeling adalah modeling yang menggunakan Notasi standard grafis Apa itu Visual Modeling?

6 6 Use Case Analysis adalah suatu teknik untuk menangkap perspektif user terhadap proses bisnis Visual Modeling Captures Business Process

7 7 Kegunaan UML Merepresentaasikan Element suatu sistem atau suatu domain dan Relationship-nya pada suatu Static Structure menggunakan class dan diagram object. Memodelkan Behavior object dengan state transition diagrams Menampilkan Arsitektur Implementasi Fisik (Physical Implementation Architecture) dengan Diagram Komponen dan Diagram Penyebaran (Deployment) Menampilkan Batas suatu sistem dan Fungsi utamanya menggunakan use cases dan actors Mengilustrasikan Realisasi Use Case dengan interaction diagrams

8 8 Block Pembentuk UML Things Relationships Diagrams

9 9 Things Structural things classes, interfaces, collaborations, use cases, active classes, components, nodes. Behavioral things interactions, state machines. Grouping things packages. Annotational things notes.

10 10 Structural Things Structural things adalah “kata benda” dari UML models. Kebanyakan terdiri dari bagian-bagian model yang statik Merepresentasikan elemen-elemen secara fisik ataupun konseptual.

11 11 Telephone busy : boolean offHook() onHook () ring() Spesifikasi untuk satu atau lebih object yang berbeda dengan bentuk yang sama (Structure dan Behavior) phone1:Telephone busy = true offHook() onHook () ring() phone2:Telephone busy = false offHook() onHook () ring() instance class Structure Things: Classes dan Instances

12 12 Merepresentasikan Aspek data/struktur statik dari suatu class Attribut bisa diperoleh melalui pemeriksaan definisi class, problem requirements, dan juga melalui domain knowledge Setiap course offering memiliki number, location dan time CourseOffering number location time Attributes

13 13 Operations Merepresentasikan Behavior suatu class Operations bisa diperoleh dari pemeriksaan diagram interaksi registration form registration manager addCourse(joe, math 01) RegistrationManager addCourse(Student,Course)

14 14 Different Levels of Specifying Classes Hak akses: ‘+’= public, ‘ - ’= private, ‘#’ = protected

15 15 Structural Things (lanjutan) Use case  menspesifikasikan behavior suatu sistem atau bagian sistem  merupakan deskripsi dari himpunan barisan aksi, termasuk variannya untuk memperoleh hasil yang bisa diobservasi oleh actor  contoh: Place Order

16 16 Structural Things Actor Actor merepresentasikan peranan pemakai use case ketika berinteraksi dengan use case tersebut. Contoh: Student Maintain Schedule

17 17 Structural Things Interface  Interface adalah koleksi operation yang menspesifikasikan service suatu class atau component.  Tidak menspesifikasikan struktur (artinya tidak memiliki attribute)  Contoh: > URL_StreamHandler openConnection() Parse URL() setURL() toExternalForm() operation ISpelling

18 18 Structural Things Collaboration  Collaboration adalah sekumpulan class, interface, dan elemen lain yang saling bekerja sama untuk menghasilkan behavior yang lebih besar dari keseluruhan part-nya.  Contoh: Chain of Responsibility

19 19 Structural Things Active class  Active class adalah class dari object-object yang memiliki satu atau lebih proses atau thread yang bisa memulai aktivitas control.  Contoh: BlackboardController currentKnowledgeSource Signals BlackboardIsSolved hasAHint signals operation attributes name

20 20 Structural Things Component component adalah bagian fisik sistem yang bisa diganti dan menyedikan sekumpulan realization sebagai interface.

21 21 Node Node adalah elemen fisik yang ada pada saat run- time yang mereperesentasikan suatu sumber komputasi. Structural Things

22 22 Behavioral Things Behavioral things adalah bagian UML model yang dinamis dan merupakan bagian ‘kata kerja’ pada model yang merepresentasikan behavior waktu dan ruang.

23 23 Behavioral Things (cont’d) Interaction  Interaction adalah behavior yang terdiri dari pertukaran pesan (message) antar object pada konteks tertentu untuk memperoleh suatu tujuan. State machine  State machine adalah behavior yang menspesifikasikan barisan aliran state suatu object atau interaksi selama proses berlangsung

24 24 Grouping dan Annotational Things Grouping things adalah bagian organisasi model UML. Package  A package adalah mekanisme yang bertujuan umum untuk mengorganisasikan elemen ke dalam group. Business rules Package Extra compartment may be used to show contents name

25 25 Annotational things (Note) note adalah penjelasan dari bagian UML model untuk memberikan keterangan, ilustrasi dan catatan tentang elemen suatu model. Consider the use of the broker design pattern here. Note note

26 26 Association  Association adalah hubungan dua arah antar class. Hubungan tersebut digambarkan sebagai garis yang menghubungakan class-class tersebut. Relationships

27 27 Relationships Aggregation  Adalah bentuk hubungan yang lebih kuat antara whole dan part. Dinyatakan dengan garis yang menghubungkan class-class tersebut dimana pada ujung (whole) terdapat gambar diamond. AggregatePart School Department 1..* 1 has

28 28 Relationship Dependency Dependency adalah relationship yang menyatakan ketergantungan yaitu perubahan yang terjadi pada suatu ‘thing’ akan mempengaruhi yang lainnya (yang memakai thing tsb.), tetapi tidak perlu untuk sebaliknya Supplier Client name

29 29 Generalization Generalization adalah suatu hubungan antara general thing (superclass atau parent) dan thing lainnya yang lebih spesifik. Kadang disebut sebagai hubungan ''is­a­ kind­of''. Relationships Subclass Superclass

30 30 Relationship Realization Realization adalah hubangan semantic antar classifiers, dimana satu classifier menspesifikasikan suatu kontrak dengan classifier lainnya agar classifier tersebut menjamin untuk melaksanakan tugas interface. Terdapat antar Interface dan Class; serta antara use cases dan collaboation yang merealisasikannya. > IRuleAgent AddRule() changeRule() explainAction() AccountBusinessRule Realization

31 31 Menampilkan entitas suatu sistem dan general relationship-nya generalization association Person House residence0..* owner0..* Financial Institution clientcreditor 0..* Bank Trust Company Class Diagram

32 32 Captures instances dan links Object Diagram

33 33 Use Case Diagram  Use case diagram menunjukkan suatu kelompok use case dan actors serta relationships-nya.

34 34 Captures dynamic behavior (time- oriented) Sequence Diagram

35 35 Captures dynamic behavior (message- oriented) Collaboration Diagram

36 36 Statechart diagram menampilkan suatu state machine, yang terdiri dari states, transitions, events, dan activities. Statechart Diagram

37 37 Captures dynamic behavior (activity-oriented) Activity Diagram

38 38  Component diagram menunjukkan organisasi dan dependencies pada sekumpulan component. Component Diagram

39 39 Deployment diagram menunjukkan konfigurasi node pemroses run-time dan komponen yang ada. Deployment Diagram

40 40 Contoh The ESU University wants to computerize their registration system The Registrar sets up the curriculum for a semester  One course may have multiple course offerings Students select 4 primary courses and 2 alternate courses Once a student registers for a semester, the billing system is notified so the student may be billed for the semester Students may use the system to add/drop courses for a period of time after registration Professors use the system to receive their course offering rosters Users of the registration system are assigned passwords which are used at logon validation

41 41 Actors Actor pada sistem: StudentRegistrarProfessorBilling System

42 42 Use Cases Actors are examined to determine their needs Registrar -- maintain the curriculum Professor -- request roster Student -- maintain schedule Billing System -- receive billing information from registration Maintain ScheduleMaintain CurriculumRequest Course Roster

43 43 Copyright © 1997 by Rational Software Corporation Use case diagrams are created to visualize the relationships between actors and use cases StudentRegistrarProfessor Maintain ScheduleMaintain CurriculumRequest Course Roster Billing System Use Case Diagram

44 44 Sequence Diagram

45 45 Collaboration Diagram : Registrar course form : CourseForm theManager : CurriculumManager aCourse : Course 1: set course info 2: process 3: add course 4: new course

46 46 Classes RegistrationForm RegistrationManager Course Student CourseOffering Professor ScheduleAlgorithm

47 47 Classes RegistrationForm RegistrationManager addStudent(Course, StudentInfo) Course name numberCredits open() addStudent(StudentInfo) Student name major CourseOffering location open() addStudent(StudentInfo) Professor name tenureStatus ScheduleAlgorithm

48 48 Relationships RegistrationForm RegistrationManager Course Student CourseOffering Professor addStudent(Course, StudentInfo) name numberCredits open() addStudent(StudentInfo) name major location open() addStudent(StudentInfo) name tenureStatus ScheduleAlgorithm

49 49 Multiplicity and Navigation RegistrationForm RegistrationManager Course Student CourseOffering Professor addStudent(Course, StudentInfo) name numberCredits open() addStudent(StudentInfo) major location open() addStudent(StudentInfo) tenureStatus ScheduleAlgorithm 1 0..* *

50 50 Inheritance RegistrationForm RegistrationManager Course Student CourseOffering Professor addStudent(Course, StudentInfo) name numberCredits open() addStudent(StudentInfo) major location open() addStudent(StudentInfo) tenureStatus ScheduleAlgorithm name RegistrationUser

51 51 State Transition Diagram Initialization Open entry: Register student exit: Increment count Closed Canceled do: Initialize course do: Finalize course do: Notify registered students Add Student / Set count = 0 Add student[ count < 10 ] [ count = 10 ] Cancel

52 52 Component Diagram Course Offering StudentProfessor Course.dll People.dll Course User Register.exe Billing.exe Billing System

53 53 Deployment Diagram Registration Database Library Dorm Main Building


Download ppt "1 Unified Modeling Language. 2 Merupakan bahasa standard untuk membuat blueprint suatu software. UML bisa digunakan sebagai visualisasi, spesifikasi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google