Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN MATERNITAS OLEH : Ns. EVY TRI SUSANTI, SKep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN MATERNITAS OLEH : Ns. EVY TRI SUSANTI, SKep."— Transcript presentasi:

1 TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN MATERNITAS OLEH : Ns. EVY TRI SUSANTI, SKep.

2 TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN MATERNITAS Perawat maternitas yang berpendidikan memahami pola pelayanan kesehatan dan pengaruh berbagai faktor pada pemberian pelayanan kesehatan masa kini. Kesadaran terhadap sejarah, trend sosial, dan ekonomi membuat perawat dapat mengantisipasi bagaimana perubahan akan mempengaruhi praktek profesional.

3 Tujuan dasar pelayanan maternitas adalah promosi kesejahteraan keluarga. Perawat maternitas tidak diam di tempat tetapi selalu berubah dan dinamis. Perawat maternitas harus dapat mengidentifikasi, berfikir secara kritis dan berespon secara tepat terhadap perubahan, trend dan issue saat ini.

4 TREND DAN ISSUE YANG BERKAITAN DGN TEHNOLOGI Saat ini perubahan tehnologi berubah sangat cepat juga peningkatan mutu transportasi  masyarakat dpt mudah berinteraksi dgn berbagai budaya. Area spesifik kemajuan tehnologi yang mempengaruhi pelayanan maternitas : 1.Berkaitan dengan fertilitas Proses konsepsi dpt dikontrol lebih baik  kehamilan dpt direncanakan / dicegah.

5 2. Konseling Genetik Konseling genetik memungkinkan kita untuk melihat struktur genetik individu dan memprediksi kemungkinan adanya penyakit yang berhubungan dengan genetik. 3. Testing Diagnostik USG, Amniosentesis, monitor janin elektronik dll yang biaya sangat mahal  adanya askes.

6 TREND DAN ISSUE DEMOGRAFIK Demografik adalah studi dan pengukuran karakteristik populasi ( total populasi, distribusi populasi, karakteristik  jenis kelamin, usia, suku bangsa, status perkawinan, pendidikan, penghasilan dll. Jumlah penduduk Indonesia sangat padat, persebaran tidak merata. Yankes berkembang pesat hanya di kota – kota besar.

7 Angka kelahiran menurun  kesadaran penggunaan alat KB. Usia kehamilan resti ( 35 thn) mulai menurun  berpendidikan, sehat, sosek memadai. Trend kehamilan usia dini pada remaja meningkat Hubungan seksual pra nikah yang menyebabkan kehamilan  aborsi.

8 Penurunan angka kematian ibu sangat lambat dan tidak merata antar daerah  perdarahan, sepsis, eklamsi, abortus terkomplikasi, partus lama dll. Angka kematian bayi masih relatif tinggi  kesehatan ibu selama hamil, kesehatan janin selama dalam kandungan, asfiksia, BBLR, trauma, tetanus neonaturum dll. Di kota besar sudah banyak RS yang mengalami klien maternitas resiko tinggi, tetapi di kota kecil kekurangan tenaga dan fasilitas kesehatan.

9 TREND & ISSUE SOSIAL BUDAYA Budaya adalah sistem kompleks yang melibatkan pengetahuan, kepercayaan, moral, hukum, nilai, kebiasaan, peran, sikap dan perilaku. Budaya diurunkan dari generasi ke generasi baik secara formal maupun informal. Perubahan struktur keluarga  orangtua tunggal, keluarga campuran, keluarga tidak harmonis  perlu dukungan emosi dan pengajaran dari tenaga kesehatan.

10 TREND DAN ISSUE EKONOMI Perekonomian di landa krisis berkepanjangan, anggaran pendidikan dan kesehatan sedikit  biaya kehidupan terus meningkat  perempuan perlu bekerja.


Download ppt "TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN MATERNITAS OLEH : Ns. EVY TRI SUSANTI, SKep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google