Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Aspek Humaniora  Subsistem Interaksi Manusia  Model Prosesor dan Memori Manusia  Kelompok Pengguna I want….mmm…

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Aspek Humaniora  Subsistem Interaksi Manusia  Model Prosesor dan Memori Manusia  Kelompok Pengguna I want….mmm…"— Transcript presentasi:

1 1 Aspek Humaniora  Subsistem Interaksi Manusia  Model Prosesor dan Memori Manusia  Kelompok Pengguna I want….mmm…

2

3

4 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, PENDAHULUAN Aspek Humaniora adalah salah satu aspek dalam IMK yang harus dipertimbangkan. Mengapa ??? Aspek Humaniora adalah salah satu aspek dalam IMK yang harus dipertimbangkan. Mengapa ??? Unsur pengetahuan psikologi membantu perancang IMK untuk : Unsur pengetahuan psikologi membantu perancang IMK untuk : –Mengidentifikasi atau “mengetahui/mengenal” sasaran pengguna sehingga dapat mendesain kebutuhannya –Menerangkan mengapa beberapa yang mempertimbangkan unsur psikologi lebih sukses dibanding yang lain

5 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Fakta Tentang Otak Otak (yang bertanggung jawab dalam semua studi psikologi) memiliki dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Otak (yang bertanggung jawab dalam semua studi psikologi) memiliki dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan yang masing-masing memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Rancangan IMK dapat sukses jika memperhitungkan kedua bagian dari otak ini. Rancangan IMK dapat sukses jika memperhitungkan kedua bagian dari otak ini.

6 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Intinya, otak manusia memperhitungkan tiga bagian: Intinya, otak manusia memperhitungkan tiga bagian: –Subsistem interaksi –Prosesor, dan –Memori

7 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, SUBSISTEM INTERAKSI MANUSIA Ada tiga subsistem interaksi Ada tiga subsistem interaksi 1.Sistem Persepsi (Perceptual System) 2.Sistem Kognitif 3.Sistem Gerak

8 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Sistem Persepsi (Perceptual System) Persepsi adalah proses pemberian makna terhadap sensasi (indrawi) menjadi informasi. Dalam memproses informasi,persepsi sangatlah berperan penting, sebab kesalahan persepsi akan menimbulkan kesalahan dalam memproses informasi. Persepsi adalah proses pemberian makna terhadap sensasi (indrawi) menjadi informasi. Dalam memproses informasi,persepsi sangatlah berperan penting, sebab kesalahan persepsi akan menimbulkan kesalahan dalam memproses informasi. Sejauh mana indra kita dapat diandalkan? Sejauh mana indra kita dapat diandalkan? Ahli filsafat, Rene descartes mencatat bahwa kita dapat tertipu oleh indra kita. Ahli filsafat, Rene descartes mencatat bahwa kita dapat tertipu oleh indra kita. Percobaan : Isi tiga buah mangkuk dengan air yang mempunyai temperatur berbeda, satu dingin seperti es, satu hangat, dan satu sepanas yang masih dapat Anda tahan. Masukkan satu tangan masing- masing ke dalam mangkuk panas dan dingin selama satu menit kemudian masukkan keduanya dalam air hangat. Otak kita menerima pesan berbeda mengenai temperatur dari air yang suam- suam kuku ini dari masing-masing tangan. Apa yang terjadi?

9 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Apa saja yang menyentuh alat indra, baik dari dalam maupun dari luar, disebut stimuli Apa saja yang menyentuh alat indra, baik dari dalam maupun dari luar, disebut stimuli Sensasi adalah proses penerimaan stimuli melalui alat indera. Sensasi adalah proses penerimaan stimuli melalui alat indera. Warna merupakan suatu sensasi yang dihubungkan dengan sistem syaraf kita Warna merupakan suatu sensasi yang dihubungkan dengan sistem syaraf kita Sensasi warna diperoleh dengan adanya interaksi antara warna dengan sistem syaraf sensitif warna kita Sensasi warna diperoleh dengan adanya interaksi antara warna dengan sistem syaraf sensitif warna kita Sistem persepsi menyimpan sinyal dari rangsangan(imajinasi, gambar, suara) untuk suatu waktu Sistem persepsi menyimpan sinyal dari rangsangan(imajinasi, gambar, suara) untuk suatu waktu Sistem Persepsi (Perceptual System) cont.

10 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Alat Indera : Alat Indera : –Pendengaran (telinga) Batas pendengaran manusia : Batas pendengaran manusia : 20 Hertz – Hertz Kita memiliki sel rambut di dalam telinga bagian dalam dan kita kehilangan 40% pada waktu mencapai usia 65 th. –Sentuhan (kulit) Luas kulit kita kira-kira 2 m 2 dan merupakan organ paling besar dalam badan kita. Kulit mempunyai reseptor untuk dingin, untuk peraba, dan untuk rasa sakit. Batasan kulit manusia : 10 0 C – 45 0 C Sistem Persepsi (Perceptual System) cont.

11 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, –Penglihatan (mata) Otak besar untuk penglihatan, dengan luas sekitar 30% dari otak besar, berada di bagian belakang dari kepala. Itulah sebabnya orang yang bagian otak tertentunya mengalami kerusakan mungkin kehilangan beberapa aspek dari kemampuan mereka memproses bayangan. Luminans : banyaknya cahaya yang dipantulkan sebuah obyek Kontras : hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latarbelakang obyek tersebut Sudut penglihatan(visual angle) adalah sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata. Visual angle yang nyaman bagi mata adalah 15 menit Sistem Persepsi (Perceptual System) cont.

12 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Retina terdiri atas rods (bertanggung jawab untuk penglihatan malam) dan cones (merupakan sel-sel yang sangat sensitif terhadap warna Fotopigmen dalam cones akan menterjemahkan panjang gelombang menjadi sensasi warna. Fotopigmen Biru (445nm), Hijau (535nm) dan Merah(575nm) –Pembauan (hidung) –Pengecapan (lidah) Sistem Persepsi (Perceptual System) cont.

13 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Kombinasi Warna Terbaik Aktivitas Pilih suatu benda untuk studi visual. Lihatlah sesuatu yang ada di luar jendela atau pada sekelompok benda yang ada di meja anda. Warna apa yang anda lihat? Cermati apakah anda melihat gradasi warna tersebut. Bentuk apa yang terbentuk dari bayang-bayang apapun? Bayangkan anda memutar benda itu 90 derajat. Apa yang ada di depan sekarang? Pejamkan mata anda bergantian. Bagaimana pengaruh memejamkan sebelah mata pada bentuk, ukuran dan warna benda anda? Latar Belakang Garis Tipis / Teks Garis Tebal / Teks Putih Biru (94%), Hitam(63%), Merah(25%) Hitam(69%), Biru(63%), Merah(31%) Hitam Putih(75%), Kuning(63%) Kuning(69%), Putih(56%), Hijau(25%) Merah Kuning(75%), Putih(56%), Hitam(44%) Hitam(50%), Kuning(44%), Putih(44%), Cyan(31%) Hijau Hitam(100%), Biru(56%), Merah(25%) Hitam(69%), Merah(63%), Biru(31%) Biru Putih(81%), Kuning(50%), Cyan(25%) Kuning(38%), Magenta(31%), Hitam(31%), Cyan(31%), Putih(25%) Cyan Biru(69%), Hitam(56%), Merah(37%) Merah(56%), Biru(50%), Hitam(44%), Magenta(25%) Magentha Hitam(63%), Putih(56%), Biru(44%) Biru(50%), Hitam(44%), Kuning(25%) Kuning Merah(63%), Biru(63%), Hitam(56%) Merah(75%), Biru(63%), Hitam(50%)

14 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Kombinasi Warna Terjelek Latar Belakang Garis Tipis / Teks Garis Tebal / Teks Putih Kuning(100%), Cyan(94%) Kuning(94%), Cyan(75%) Hitam Biru(87%), Merah(44%), Magenta(25%) Biru(81%), Magenta(31%) Merah Magenta(81%), Biru(44%), Hijau & Cyan(25%) Magenta(69%), Biru(50%), Hijau(37%), Cyan(25%) Hijau Cyan(81%), Magenta(50%), Kuning(37%) Cyan(81%), Magenta & Kuning(44%) Biru Hijau(62%), Merah & Hitam(37%) Hijau(44%), Merah & Hitam(31%) Cyan Hitam(81%), Kuning(75%), Putih(31%) Kuning(69%), Hijau(62%), Putih(56%) Magentha Hijau(75%), Merah(56%), Cyan(44%) Cyan(81%), Hijau(69%), Merah(44%) Kuning Putih & Cyan (81%) Putih(81%), Cyan (56%), Hijau(25%)

15 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Menurut Anda berapa buah bujur sangkar yang ada dalam gambar ini ?

16 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Asumsikan Uang Logam Berapa jumlah uang logam paling sedikit yang harus Anda pindahkan untuk membuat puncak segitiga ini menghadap ke bawah ?

17 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi : Perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah. Ex : lapar, haus, kerumunan orang banyak Perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah. Ex : lapar, haus, kerumunan orang banyak Faktor Fungsional ialah faktor yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu dan yang bersifat personal. Ex : Kebudayaan Faktor Fungsional ialah faktor yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu dan yang bersifat personal. Ex : Kebudayaan Faktor Struktural semata-mata berasal dari sifat stimuli fisik dan efek-efek saraf yang ditimbulkannya pada sistem saraf individu. Ex : Objek atau peristiwa yang berdekatan dalam ruang dan waktu atau menyerupai satu sama lain, cenderung dianggap sebagai bagian dari struktur yang sama. Faktor Struktural semata-mata berasal dari sifat stimuli fisik dan efek-efek saraf yang ditimbulkannya pada sistem saraf individu. Ex : Objek atau peristiwa yang berdekatan dalam ruang dan waktu atau menyerupai satu sama lain, cenderung dianggap sebagai bagian dari struktur yang sama.Objek Sistem Persepsi (Perceptual System) cont.

18 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Sistem ini merepresentasikan hitungan dalam pikiran kita yang “berpikir”. Ketika informasi dalam ingatan jangka pendek, kita dapat memikirkan tentang sesuatu, menganalisa dan mungkin memanggil kembali informasi dari ingatan jangka panjang kita untuk perbandingan dan seterusnya. Sistem ini merepresentasikan hitungan dalam pikiran kita yang “berpikir”. Ketika informasi dalam ingatan jangka pendek, kita dapat memikirkan tentang sesuatu, menganalisa dan mungkin memanggil kembali informasi dari ingatan jangka panjang kita untuk perbandingan dan seterusnya. Sistem kognitif juga membuat keputusan tentang bagaimana kita seharusnyamelakukan sesuatu ke depan, apa tindakan yang seharusnya kita ambil sebagai hasil dari informasi yang diterima. Sistem kognitif juga membuat keputusan tentang bagaimana kita seharusnyamelakukan sesuatu ke depan, apa tindakan yang seharusnya kita ambil sebagai hasil dari informasi yang diterima. Sistem Kognitif

19 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Sistem ini mengubah sinyal menjadi gerak. Sistem ini mengubah sinyal menjadi gerak. Contoh membawa tindakan yang telah diputuskan oleh sistem kognitif seperti gerakan tangan mengklik mouse Contoh membawa tindakan yang telah diputuskan oleh sistem kognitif seperti gerakan tangan mengklik mouse Sistem Gerak

20 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, MODEL PROSESOR DAN MEMORI MANUSIA Memori adalah sistem yang sangat terstruktur yang menjadikan manusia mampu merekam fakta tentang segala sesuatunya. Memori adalah sistem yang sangat terstruktur yang menjadikan manusia mampu merekam fakta tentang segala sesuatunya.

21 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Rata-rata Memory Manusia John Griffith = (seratus Trilium) bit John Griffith = (seratus Trilium) bit John Von Neumann = 2.8 x bit John Von Neumann = 2.8 x bit Asimov = Otak manusia tak terbatas Asimov = Otak manusia tak terbatas 1 bit = satu sel otak = 1 kata atau 1 angka 1 bit = satu sel otak = 1 kata atau 1 angka Wilden Penfiled = ahli bedah saraf dan rangsangan jarum elektris pada otak tertentu Wilden Penfiled = ahli bedah saraf dan rangsangan jarum elektris pada otak tertentu

22 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Beberapa teori tentang memori manusia Disuse Theory Disuse Theory “Teori yang berhubungan dengan kondisi fisik manusia seperti umur, kesehatan dan lain-lain.” Interference Theory Interference Theory “Teori yang membahas bahwa jika memory mendapat informasi terbaru, maka informasi yang lama kadangkala hilang dengan sendirinya.” Information Processing Theory Information Processing Theory “Teori yang membahas bahwa bagaimana memory bekerja dengan cepat agar dapat menyimpan dari ST- STM-LTM.”

23 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Tahapan-Tahapan Memori Manusia : Perekaman (Encoding) Perekaman (Encoding) Pencatatan stimuli / informasi melalui register sensori atau reseptor indra dan sirkuit syaraf internal. Penyimpanan (Storage) Penyimpanan (Storage) Informasi / stimuli yang sudah berada dalam memori akan dipetakan dalam bentuk yang diinginkan Pemanggilan (Retrieval) Pemanggilan (Retrieval) Tahapan yang digunakan untuk memanggil informasi yang telah tersimpan, yang dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut : 1. Recall  mengingat (esai) 2. Recognition  mengenal (multiple choice) 3. Relearning  mengulang-ulangi 4. Reintegration  merekonstruksi masa lalu dengan bantuan memori kecil

24 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Mekanisme Memori Short Term Memory (STM) Short Term Memory (STM) –Fase yang dapat menyimpan informasi antara 7+ 2 chunk informasi. Long Term Memory (LTM) Long Term Memory (LTM) –Fase yang dapat menyimpan informasi selama-lamanya.

25 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, The Model Human Processor Long Term Memory Short Term Memory Visual Image Store Auditory Image Store Perceptual Processor Motor Processor Cognitive Processor Eyes Fingers,etc Sensory Buffers (dix)

26 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Short Term Memory Sebuah chunk adalah informasi yang dapat berupa bit atau byte. “Ukuran” dari chunk tergantung dari banyak faktor seperti kebiasaan dengan informasi yang dikirim, bagaiamana mengartikan informasi Sebuah chunk adalah informasi yang dapat berupa bit atau byte. “Ukuran” dari chunk tergantung dari banyak faktor seperti kebiasaan dengan informasi yang dikirim, bagaiamana mengartikan informasi Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai suatu entitas yang berarti misalnya surat, bilangan, kata atau kalimat Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai suatu entitas yang berarti misalnya surat, bilangan, kata atau kalimat Contoh : no telp Contoh : no telp Cobalah untuk mengalikan 39 dengan 8 dalam hati. Anda akan mendapat jawaban 312. Mungkin Anda lebih dahulu mengalikan 9 dengan 8 (72) dan menyimpan 72 dalam hati sampai Anda mengalikan 3 dengan 8 (24), yang kemudian anda kalikan dengan 10 (240). Kemudian Anda menambahkan dengan 72 (312). Setelah Anda mendapatkan jawaban, Anda dapat melupakan angka 72

27 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Mekanisme Memori Jangka Pendek Mekanisme Memori Jangka Pendek –Simpai fonologi (Phonological Loop), yang menangani suara dan kata –Catatan visuo spasial (Visuao spatial sketchpad), yang mencatat gambar –Eksekutif Sentral, yang mengkoordinasikan yang lain menjadi pemikiran tunggal Bacalah kata berikut, dengan suara urutan kata berikut. Kemudian tutuplah tulisan tersebut dan ulangi sekali lagi di memori a.hit, can, dog, toe, hit b.Ban, hat, map, cat, ban Yang mana menurut Anda yang lebih mudah dihafalkan a atau b ? Short Term Memory Cont.

28 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Cobalah Aktivitas Berikut

29 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Cirinya adalah : Mudah lupa dalam waktu 20 detik Mudah lupa dalam waktu 20 detik Lebih banyak informasi untuk diingat akan menambah kecepatan untuk dilupakan pula Lebih banyak informasi untuk diingat akan menambah kecepatan untuk dilupakan pula Gangguan terhadap informasi yang serupa sering menyebabkan salahnya informasi saat dipanggil Gangguan terhadap informasi yang serupa sering menyebabkan salahnya informasi saat dipanggil Kecepatan informasi dilupakan tidak secara linier, tetapi seringkali disebabkan dari hasil pemahaman terhadap sistem yang kompleks Kecepatan informasi dilupakan tidak secara linier, tetapi seringkali disebabkan dari hasil pemahaman terhadap sistem yang kompleks Short Term Memory Cont.

30 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Long Term Memory Informasi dalam memori jangka pendek akan dikirim ke memori jangka panjang dengan suatu usaha di bawah kesadaran penuh yang disebut dengan belajar atau lewat suatu proses bawah sadaryang berualng-ulang Informasi dalam memori jangka pendek akan dikirim ke memori jangka panjang dengan suatu usaha di bawah kesadaran penuh yang disebut dengan belajar atau lewat suatu proses bawah sadaryang berualng-ulang Mekanisme Memori Jangka Panjang Mekanisme Memori Jangka Panjang –Memori Episodik, tempat kita merekam peristiwa masa lalu

31 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, –Memori Semantik, tempat kita menyimpan pengetahuan latarbelakang mengenai dunia Contoh : apa yang disebut mobil ? –Memori Prosedural, adalah bagian bawah sadar kita mengenai cara melakukan sesuatu Contoh : orang lupa ingatan, tahu cara bermain piano –Memori Prospektif, adalah memori dari hal-hal yang harus dilakukan di masa depan Long Term Memory Cont.

32 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Metode Pengiriman Informasi dari STM ke LTM Chunking (jembatan keledai) Chunking (jembatan keledai) Cth : Cth : ~~ Rehearsals, Mendengarkan berulang-ulang Rehearsals, Mendengarkan berulang-ulang Clustering, Pengelompokan Clustering, Pengelompokan Method of Loci, visualization Method of Loci, visualization

33 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Kesimpulan dari Keterbatasan Memori Apapun antarmukanya harus memperhitungkan keterbatasan memori Apapun antarmukanya harus memperhitungkan keterbatasan memori Antarmuka harus memandu dan mendorong pengguna untuk mengingatkan informasi yang telah diterimanya. Buatlah materi yang mudah dikenal dan dipanggil kembali Antarmuka harus memandu dan mendorong pengguna untuk mengingatkan informasi yang telah diterimanya. Buatlah materi yang mudah dikenal dan dipanggil kembali Nama dan icon harus mengandung arti supaya mudah diingat Nama dan icon harus mengandung arti supaya mudah diingat Rancangan antarmuka dan fungsi harus konsisten untuk mudah diingat Rancangan antarmuka dan fungsi harus konsisten untuk mudah diingat

34 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, KELOMPOK PENGGUNA Pembagian kelompok pengguna dibagi menjadi 3: Pembagian kelompok pengguna dibagi menjadi 3: –Novice/First-time User –Knowledgeable Intermittent Users –Expert Frequent User

35 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Novice/First-time User Mengetahui sedikit konsep Mengetahui sedikit konsep Hanya memiliki pengetahuan yang dangkal akan software Hanya memiliki pengetahuan yang dangkal akan software Pengguna asing dengan software Pengguna asing dengan software Action yang disediakan sebaiknya sedikit saja Action yang disediakan sebaiknya sedikit saja Memberikan rasa nyaman dan bantuan Memberikan rasa nyaman dan bantuan Informasi kesalahan harus secara detail dan terperinci Informasi kesalahan harus secara detail dan terperinci Bantuan dokumentasi dan step-by-step tutorial sangat membantu Bantuan dokumentasi dan step-by-step tutorial sangat membantu

36 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Knowledgeable Intermittent Users Mengetahui fungsi software Mengetahui fungsi software Kesulitan mencari letak dari fungsi-fungsi yang diketahui Kesulitan mencari letak dari fungsi-fungsi yang diketahui Proteksi dari bahaya dibutuhkan karena user mulai melakukan eksplorasi Proteksi dari bahaya dibutuhkan karena user mulai melakukan eksplorasi Online help dan dokumentasi sangat membantu Online help dan dokumentasi sangat membantu

37 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Expert Frequent User Ahli dan mengetahui secara detil kegunaan fungsi-fungsi software Ahli dan mengetahui secara detil kegunaan fungsi-fungsi software Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal Membutuhkan respon yang cepat dan tidak membutuhkan feedback Membutuhkan respon yang cepat dan tidak membutuhkan feedback User memerlukan adanya perintah macro User memerlukan adanya perintah macro Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat

38 Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, 2015Thursday, April 16, Merancang untuk satu orang pengguna jauh lebih mudah dibandingkan dengan berbagai macam pengguna. Suatu rancangan untuk berbagai macam kelas pengguna disebut level- structured. Merancang untuk satu orang pengguna jauh lebih mudah dibandingkan dengan berbagai macam pengguna. Suatu rancangan untuk berbagai macam kelas pengguna disebut level- structured. Langkah-langkahnya secara umum: Langkah-langkahnya secara umum: –Novice diberi pembelajaran hanya diberi sedikit object atau action –Mereka akan cenderung melakukan kesalahan yang minim karena pilihan yang terbatas –Setiap melakukan sesuatu akan diberi bimbingan –Akan diperkenalkan task yang lebih kompleks apabila user membutuhkannya –Untuk pengguna yang sudah mahir, dibutuhkan proses yang cepat saja.


Download ppt "1 Aspek Humaniora  Subsistem Interaksi Manusia  Model Prosesor dan Memori Manusia  Kelompok Pengguna I want….mmm…"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google