Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E NERGI P OTENSIAL L ISTRIK. Energi potensial listrik didefinisikan sebagai “usaha (kerja) yang diperlukan untuk memindahkan muatan q’ dari A ke B”. Satuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E NERGI P OTENSIAL L ISTRIK. Energi potensial listrik didefinisikan sebagai “usaha (kerja) yang diperlukan untuk memindahkan muatan q’ dari A ke B”. Satuan."— Transcript presentasi:

1 E NERGI P OTENSIAL L ISTRIK

2 Energi potensial listrik didefinisikan sebagai “usaha (kerja) yang diperlukan untuk memindahkan muatan q’ dari A ke B”. Satuan potensial listrik adalah Joule/Coulomb, tetapi yang lebih sering digunakan adalah satuan Volt.

3 Bila sebagai acuan diambil potensial di tak hingga adalah nol, maka :

4 Contoh soal Elektron pada tabung gambar TV dipercepat dengan beda potensial (Vba= 5000 volt). Muatan elektron e = - 1,6x10-19 C, massa elektron m = 9,1x10-31 kg. a) Hitung perubahan energi potensial! b) Hitung kecepatan e- sebagai akibat percepatan ini! Jawab: a) Perubahan energi potensial ΔU = q Vba = (- 1,6x10-19)(5000) = - 8x10-16 J energi menjadi rendah b) Energi yang hilang menjadi energi kinetik Gunakan hukum kekekalan energi ΔEk + ΔEp = 0 ΔEk = - ΔEp ½ m v2 - 0 = - q Vba V=4,2 107 m/det (efek relativistik diabaikan)

5 POTENSIAL LISTRIK DI MUATAN TITIK Potensial di sekitar sistem muatan titik: penjumlahan skalar dari potensial oleh masing masing muatan titik. Potensial listrik di suatu titik pada medan listrik adalah besarnya usaha yang diperlukan untuk memindahkan satu satuan muatan listrik dari tak hingga ke titik tersebut. Potensial listrik adalah besaran skalar. Potensial yang ditimbulkan oleh beberapa muatan sumber cukup dihitung dengan penjumlahan aljabar biasa.

6

7 CONTOH SOAL ! 1. Tentukan potensial listrik di titik P pada gambar di bawah ini. Sisi bujur sangkar adalah d = 1,3 m dan masing-masing muatan adalah :

8 2.Hitung potensial listrik di titik B yang ditimbulkan oleh ketiga muatan sumber yang ada di dekat titik ini, seperti ditunjukkan pada Gambar Penyelesaian: q 1 = 5 × C, q 2 = -4× C, q 3 = 8× C r 1 = 10 cm =10 -1 m r 2 = 20 cm = 2×10 -1 m, r 3 = 10 cm =10 -1 m

9 POTENSIAL LISTRIK PADA MUATAN KONTINU

10 CONTOH SOAL !

11


Download ppt "E NERGI P OTENSIAL L ISTRIK. Energi potensial listrik didefinisikan sebagai “usaha (kerja) yang diperlukan untuk memindahkan muatan q’ dari A ke B”. Satuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google