Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARIF INDRIAWAN, 2501404058 Pemanfataan Musik Klasik Dalam Terapi Pada Penderita Autis di SLB Negeri Semarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARIF INDRIAWAN, 2501404058 Pemanfataan Musik Klasik Dalam Terapi Pada Penderita Autis di SLB Negeri Semarang."— Transcript presentasi:

1 ARIF INDRIAWAN, Pemanfataan Musik Klasik Dalam Terapi Pada Penderita Autis di SLB Negeri Semarang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ARIF INDRIAWAN - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - Arif_Indriawan pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Bagus Susetyo, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs. M, Muttaqin, M.hum - TGL UJIAN :

3 Judul Pemanfataan Musik Klasik Dalam Terapi Pada Penderita Autis di SLB Negeri Semarang

4 Abstrak Autisme adalah suatu keadaan dimana seorang anak melihat dunia ini berbeda dengan dunia anak lain. Mereka sulit berkomunikasi dengan orang lain, atau mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya dengan kata-kata dan tidak mampu berinteraksi dengan orang lain. Dalam upaya terapi, ada berbagai terapi lain yang disinergikan dengan musik klasik. Terapi lain itu misalnya terapi okupasi, terapi wicara, dan fisioterapi. Permasalahan yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah proses terapi musik pada anak autis. (2) Bagaimanakah perubahan keterampilan perilaku pada anak autis setelah dilakukan terapi musik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses terapi musik klasik pada anak autis dan mendeskripsikan perubahan keterampilan perilaku anak autis setelah dilakukan terapi musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kerena bertujuan untuk menggambarkan atau menguraikan proses terapi musik klasik dan perubahan keterampilan perilaku anak autis setelah dilakukan terapi musik klasik di SLB Negeri Semarang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah wakasek, guru, dan siswa kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi yang dilakukan seara bersamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi musik klasik merupakan salah satu proses terapi musik yang dilakukan pada saat awal terapi yang bertujuan untuk menenangkan kondisi emosional anak autis agar siap mengikuti proses terapi selanjutnya. Pemutaran musik klasik dalam proses terapi ini mampu memberikan rasa rileks yang berpengaruh terhadap emosi anak autis yang memberikan rasa tenang, sehingga membantu pengajar atau guru untuk melakukan kegiatan terapi selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) sebaiknya waktu untuk proses terapi musik klasik di SLB Negeri Semarang ditambah, tiga hari tiap siswa selama satu jam tiap siswa. (2) sebaiknya terapis menambah koleksi kaset musik klasik karya komponis yang lain dan mencoba memperdengarkan musik klasik yang baru itu saat terapi.

5 Kata Kunci Terapi musik, Autis

6 Referensi Bastomi, S Wawasasn Seni. Semarang: IKIP Semarang. Campbel, Don. Efek Mozart Jakarta: Gramedia. Cangara, Hafied Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. De Vito, A Joseph The Interpersonal Communication Book. New York: Book Harpers Row. Djohan Terapi musik. Yogyakarta: Galang Press. Effendy, Onong Uchjaya Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Hartini, N “Pola Permainan Sosial: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak, Anima”, Vol. 19, No. 3, Haryanto Seni Musik. Surabaya: Al-Ihsan. Hornby The Oxford Advanced Leaner’s Dictionary USA. Oxford University Press. a nan-tepat-pada-anak-autisme.diunduh dari dari diunduh dari Istianto diit-untuk-anak-autisme, html.diunduh dari Judarwanto, Widodo.2008.Anak auitis dan penyebabnya. dari Liliweri, Alo Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Liliweri, Alo Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Kupang: Pustaka Pelajar. Moleong, lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Monty.P.S Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta: pustaka populer Obor. Mulyana, Deddy Ilmu Komunikasi. Bandung: Gramedia. Napsirudin Pelajaran Pendidikan Seni. Jakarta: Yudhistira. Prasetyo, Munif dan Anwar Sutoyo Kesehatan Mental Anak dalam Keluarga. Semarang: FIP UNNES. Prier, KE, Sj Sejarah musik Jilid II. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. Rahmat Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Rosda Karya. Rakhmat, Jalaludin Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya. Singarimbun, Masri Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka. Sinnus, Bryan R The Art of Music Califonia. University of Southern California. Sudjana, P Seni Musik 3. Jakarta: Balai Pustaka. Sugiarto, S, Prambahan, D.S., & Pratitis, N.T., 2004, “Pengaruh Social Story terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial pada Anak Autis”, Anima, Vol. 19, N0. 3, Sugiyono Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta. Sunarko, Hadi Seni Musik 2. Klatan: PT. Intan Pariwara. Supratiknya Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius. Wiryanto Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Yahya A, Muhaimin. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka Yuanitasari, Lena. Terapi Musik untuk Anak Balita Yogyakarta: CemerlangPublishing.

7 Terima Kasih


Download ppt "ARIF INDRIAWAN, 2501404058 Pemanfataan Musik Klasik Dalam Terapi Pada Penderita Autis di SLB Negeri Semarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google