Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR DAN FUNGSI SALURAN CERNA KOLON (USUS BESAR), REKTUM, DAN ANUS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR DAN FUNGSI SALURAN CERNA KOLON (USUS BESAR), REKTUM, DAN ANUS."— Transcript presentasi:

1

2 STRUKTUR DAN FUNGSI SALURAN CERNA KOLON (USUS BESAR), REKTUM, DAN ANUS

3 Struktur Saluran Cerna Kolon Usus besar atau kolon merupakan kelanjutan dari usus halus. Merupakan usus yang memiliki diameter lebih besar dari usus halus. Usus besar terdiri atas bagian usus yang naik, bagian mendatar, dan bagian menurun. Panjang usus kurang lebih 1,5 meter, dan berbentuk seperti huruf U terbalik.

4 Kolon (usus besar) terdiri dari :  Kolon asendens (kanan)  Kolon transversum  Kolon desendens (kiri)  Kolon sigmoid (berhubungan dengan rektum)

5 Fungsi Kolon (usus besar) 1)Mengatur kadar air sisa makanan 2)Menyerap air selama proses pencernaan. 3)Membentuk massa feses 4)Mendorong sisa makanan hasil pencernaan (feses) keluar dari tubuh. Pengeluaran feses dari tubuh defekasi.

6

7 Struktur Rektum Rektum (Bahasa Latin: regere, “meluruskan, mengatur”) adalah sebuah ruangan yang berawal dari ujung usus besar (setelah kolon sigmoid) dan berakhir di anus. Organ ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses. Biasanya rektum ini kosong karena tinja disimpan di tempat yang lebih tinggi, yaitu pada kolon desendens. Jika kolon desendens penuh dan tinja masuk ke dalam rektum, maka timbul keinginan untuk buang air besar (BAB).

8 Fungsi Rektum  Menerima feces dari usus besar  Membiarkan seseorang mengetahui ada feces yang harus dikeluarkan  Menahan feces sampai pengeluaran terjadi

9

10 Struktur Anus Anus adalah lubang di ujung saluran pencernaan dimana limbah (tinja, kotoran) keluar dari dalam tubuh atau bagian paling akhir dari saluran pencernaan. Yaitu terdiri dari otot-otot yang melapisi pelvis (pelvic floor muscles) dan dua otot-otot lain yang disebut anal sphincters (internal dan eksternal). Pelvic floor muscle menciptakan suatu sudut antara rektum dan dubur yang memberhentikan feces untuk keluar ketika tidak diharapkan keluar. Anal sphincters menyediakan kontrol feces yang baik. Internal sphincter selalu ketat, kecuali ketika feces masuk kedalam rektum. Ia mempertahankan kita continent (tidak melepaskan feces) ketika kita tidur atau jika kita tidak sadar akan kehadiran feces.

11

12 GOOD LUCK Dian Nuriyanti


Download ppt "STRUKTUR DAN FUNGSI SALURAN CERNA KOLON (USUS BESAR), REKTUM, DAN ANUS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google