Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KE LUARSK / KD / INDSUMBERMATERI DIFINISIMORFOLOGIKLASIFIKASIGAMBARSIKLUSSPORAMANFAAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KE LUARSK / KD / INDSUMBERMATERI DIFINISIMORFOLOGIKLASIFIKASIGAMBARSIKLUSSPORAMANFAAT."— Transcript presentasi:

1

2 KE LUARSK / KD / INDSUMBERMATERI

3 DIFINISIMORFOLOGIKLASIFIKASIGAMBARSIKLUSSPORAMANFAAT

4 Divisi Pteridophyta (Tumbuhan Paku) Pteridophyta merupakan satu divisio tumbuhan yang telah memiliki sistem pembuluh sejati (kormus) tetapi tidak menghasilkan biji untuk reproduksinya Tumbuhan ini benar-benar telah berupa kormus, jelas adanya akar, batang dan daun. Ada yang hidup sebagai saprofit dan ada pula sebagi epifit. Paku menyukai tempat lembab (higrofit), tumbuhnya mulai dari pantai (paku laut) sampai sekitar kawah- kawah (paku kawah) Akar tumbuhan paku berupa akar serabut. Pada akar paku, xilem terdapat di tengah dikelilingi floem membentuk berkas pembuluh angkut yang konsentris Batangnya jarang tumbuh tegak di atas tanah, kecuali pada paku tiang (Alsopila sp. dan Cyathea sp.). Batang tersebut kebanyakan berupa akar tongkat (Rhizoma). Tipe berkas pembuluh angkut batang sama dengan akar, yaitu tipe konsentris

5 Paku Tanduk Rusa

6

7 Tumbuhan paku dapat diklasifikasikan menjadi empat kelas, yaitu : Psilophytenae (Paku Telanjang) Equisetinae/Spenopsida Lycopodinae/Lycopsida Filicinae

8 Dikatakan paku telanjang karena tidak berdaun atau daunnya kecil, ada pula yang tidak berakar sejati. Kebanyakan hidup di zaman purba dalam bentuk fosil. Ada satu jenis yang sekarang masih ada tetapi hampir punah. Contohnya adalah Psilotum sp.

9 Ciri-ciri : Daun kecil, tunggal dan tersusun melingkar Sporangium terdapat dalam strobilus (kerucut) Equisetum (Paku ekor kuda)

10 Ciri-ciri : Berdaun kecil dan tersusun spiral Sporangium muncul di ketiak daun dan berkumpul membentuk strobilus Batangnya seperti kawat Contoh : Lycopodium, Selaginella, dan Isoetes Lycopodium Selaginella

11 Golongan ini yang dikenali orang sebagai tumbuhan paku. Anggota kelompok ini yang paling banyak Contoh : Adiatum cuneatum (suplir) Platycerium sp (tanduk rusa) Marsilea crenata Salvina natans Platycerium sp (tanduk rusa)

12 Paku Homosfor menghasilkan satu jenis spora saja, misalnya paku kawat (Lycopodium clavatum) Paku Heterospor menghasilkan dua jenis spora yaitu : mikrospora (jantan) dan makrospora (betina), misalnya paku rane (Selaginella wildenowii) dan semanggi (Marsilea crenata). Paku Peralihan menghasilkan spora yang bentuk dan ukurannya sama (isospora) tetapi sebagian jantan dan sebagian betina (heterospora), misalnya paku ekor kuda (Equisetum debile) MACAM SPORA Berdasarkan spora yang dihasilkan dikenal 3 jenis tumbuhan paku, yaitu :

13 Tumbuhan paku juga mengalami metagenesis (pergiliran keturunan) yang terdiri dari dua fase utama : gametofit dan sporofit. Dalam siklus hidupnya fase sporofit lebih dominan daripada fase gametofitnya Tumbuhan paku yang mudah kita lihat merupakan bentuk fase sporofit karena menghasilkan spora. Bentuk generasi fase gametofit dinamakan protalus (prothallus) atau protalium (prothallium), yang berwujud tumbuhan kecil berupa lembaran berwarna hijau, mirip lumut hati, tidak berakar (tetapi memiliki rizoid sebagai penggantinya), tidak berbatang, tidak berdaun. Prothallium tumbuh dari spora yang jatuh di tempat yang lembab. Dari prothallium berkembang anteridium (antheridium, organ penghasil spermatozoid atau sel kelamin jantan) dan arkegonium (archegonium, organ penghasil ovum atau sel telur). Pembuahan mutlak memerlukan bantuan air sebagai media spermatozoid berpindah menuju archegonium. Ovum yang terbuahi berkembang menjadi zigot, yang akhirnya tumbuh menjadi tumbuhan paku baru.

14 Sebagai tanaman hiasan : - Platycerium nidus (paku tanduk rusa) - Asplenium nidus (paku sarang burung) - Adiantum cuneatum (suplir) - Selaginella wildenowii (paku rane) Sebagai bahan penghasil obat-obatan : - Asipidium filix-mas - Lycopodium clavatum Sebagai sayuran : - Marsilea crenata (semanggi) - Salvinia natans (paku sampan = kiambang)

15 Sebagai pelindugn tanaman di persemaian : - Gleichenia linearis Sebagai pupuk hijau : - Azolla pinnata >> bersimbiosis dengan anabaena azollae (gangang biru)

16

17 Berbagai Tumb. Paku

18 Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku Mengklasifikasikan tumbuhan paku Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan Menggambar siklus hidup tumbuhan paku Mengumpulkan informasi tentang peranan paku bagi manusia

19 Sumber Materi / Referensi URL : pakuan&h=180&w=240&sz=18&hl=id&start=1&um=1&tbnid=I1D hKXnxdevPYM:&tbnh=83&tbnw=110&prev=/images%3Fq%3Dm etagenesis%2Btumbuhan%2Bpaku%26svnum%3D10%26um%3 D1%26hl%3Did%26client%3Dfirefox- a%26channel%3Ds%26rls%3Dorg.mozilla:en- US:official%26sa%3DG BUKU : Biologi SMA Untuk SMA/MA Kelas X, Gunawan Susilowarno, Grasindo


Download ppt "KE LUARSK / KD / INDSUMBERMATERI DIFINISIMORFOLOGIKLASIFIKASIGAMBARSIKLUSSPORAMANFAAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google