Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lingkungan Pemasaran Global MINGGU KE - 3. sistem ekonomi dunia dan perkembangan pasar Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lingkungan Pemasaran Global MINGGU KE - 3. sistem ekonomi dunia dan perkembangan pasar Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara."— Transcript presentasi:

1 Lingkungan Pemasaran Global MINGGU KE - 3

2 sistem ekonomi dunia dan perkembangan pasar Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi.

3 sistem ekonomi dunia dan perkembangan pasar 1. Sistem perekonomian pasar liberal/kapitalisme Sistem Ekonomi Liberal adalah sebuah sistem dimana adanya kebebasam baik untuk produsen maupun konsumen untuk berusaha yang didalamnya tidak ada campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi mekanisme pasar, jadi semua mekanisme pengatusran harga diserahkan ke pasar (tergantung mekanisme supply dan demand).Umumnya sistem ekonomi seperti ini di anut oleh Negara-negara yang berada di kawasan barat (Amerika dan Eropa).

4 Lanjutan.. 2. Sistem perekonomian perencanaan ( ETATISME/SOSIALIS ) Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud pemikiran Karl Marx, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh. Uni Soviet dan banyak negara Eropa Timur lainnya menggunakan sistem ekonomi ini hingga akhir abad ke-20. Namun saat ini, hanya Kuba, Korea Utara, Vietnam, dan RRC yang menggunakan sistem ini. Negara-negara itu pun tidak sepenuhnya mengatur faktor produksi. China, misalnya, mulai melonggarkan peraturan dan memperbolehkan perusahaan swasta mengontrol faktor produksinya sendiri.komunismesosialismeKarl MarxUni SovietEropa TimurKubaKorea UtaraVietnamRRCChina

5 Lanjutan,… 3. Sistem ekonomi campuran Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Sistem ekonomi hasil perpaduan dari sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi terpusat sehingga kelemahan – kelemahan yang ada pada kedua sistem tersebut dapat diatasi. Pada sistem ekonomi ini ada kebebasan bagi perseorangan dan swasta untuk ikut dalam kegiatan ekonomi.

6 Langkah-langkah Pengembangan Pasar 1)Negara/ Pasar memiliki tingkatan yang berbeda dalam pengembangannya. 2)Pendapatan nasional perkapita merupakan suatu cara yang baik untuk mengelompokan negara-negara kedalam 5 kategori. 3)Pengelompokan adalah suatu basis yang bermanfaat untuk: a)Segmentasi pasar b)Target pemasar an

7 Langkah-Langkah Pembangunan Ekonomi Langkah- langkah pengembangan pasar berdasarkan pada pendapatan nasional perkapita sesuai dengan langkah-langkah pembangunan ekonomi. a)Negara berpendapatan rendah dan menengah kebawah = negara-negara miskin (LDCs) b)Negara berpendapatan menengah keatas = negara-negara industri c)Negara berpendapatan tinggi = Mengedepankan industri & Induk industri

8 produk industry dan produk konsumen Barang industri merupakan suatu jenis produk yang masih memerlukan pemrosesan lebih lanjut untuk mendapatkan suatu manfaat tertentu. Biasanya hasil pemrosesan dari barang industri diperjual belikan kembali. Barang konsumen Menurut Kotler (2002, p.451), ”barang konsumen adalah barang yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen akhir sendiri (individu dan rumah tangga), bukan untuk tujuan bisnis”. Pada umumnya barang konsumen dibedakan menjadi empat jenis :

9 Lanjutan.. a)Convenience goods Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya antara lain produk tembakau, sabun, surat kabar, dan sebagainya. b)Shopping goods Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Contohnya alat-alat rumah tangga, pakaian, furniture, mobil bekas dan lainnya.

10 Lanjutan.. c) Specialty goods Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Misalnya mobil Lamborghini, pakaian rancangan orang terkenal, kamera Nikon dan sebagainya. d) Unsought goods Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya asuransi jiwa, ensiklopedia, tanah kuburan dan sebagainya.

11 tantangan lintas budaya Kegiatan pemasaran Global dilaksanakan dalam lingkungan yang selalu berubah oleh bauran ekonomi, budaya, dan tekanan sosial. Hubungan bisnis antara pihak-pihak yang terlibat dengan budaya dan/atau kebangsaan yang berbeda dapat dipengaruhi oleh tantangan tambahan. Pihak-pihak dari Negara yang berbeda mungkin mengalami kesulitan mencapai kesepakatan persyaratan kontrak karena perbedaan hukum yang mengatur kegiatan masing-masing dan masalah-masalah yang timbul karena melintasi batas- batas internasional.

12 Terima kasih


Download ppt "Lingkungan Pemasaran Global MINGGU KE - 3. sistem ekonomi dunia dan perkembangan pasar Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google