Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Novi Fitriani XII IPA 3 Novi Fitriani XII IPA 3.  Asam format  Pengertian Asam Formiat Kata formiat berasal dari nama sejenis semut merah “formica rufa”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Novi Fitriani XII IPA 3 Novi Fitriani XII IPA 3.  Asam format  Pengertian Asam Formiat Kata formiat berasal dari nama sejenis semut merah “formica rufa”"— Transcript presentasi:

1 Novi Fitriani XII IPA 3 Novi Fitriani XII IPA 3

2  Asam format  Pengertian Asam Formiat Kata formiat berasal dari nama sejenis semut merah “formica rufa” yang dapat mengeluarkan asam dan terbentuk sebagai asam bebas. Asam ini banyak dijumpai pada beberapa jenis tumbuhan, pada bulu-bulu jelatang dan hasil dari fermentasi bakteri pada karbohidrat.

3 Beberapa ilmuwan melakukan penelitian yang berhubungan dengan Asam formiat dari semut tersebut. Brunfles pada permulaan abad ke-16 menyelidiki uap dari semut gunung penyebab warna merah dari tumbuh-tumbuhan. Et-Muller pada tahun 1684 telah mendistilasi sejumlah semut gunung yang menghasilkan suatu “acid spirit” yang dapat merusak besi. Fisher mendistilasi sejumlah semut dengan air dan ditemukan pada larutan distilatnya suatu asam menyerupai “spirit of vinegar”.

4 Sifat FisikaSifat Kimia Asam Sifat Fisika Formiat Asam semut atau asam formiat atau asam metanoat, yang memiliki rumus molekul HCOOH, merupakan turunan pertama Asam karboksilat yang paling kuat dengan gugus molekul yang paling pendek dibandingkan dengan asam karboksilat yang lain. Asam formiat termasuk dalam katagori asam organik lemah, tapi bersifat sangat korosif, tidak berwarna, mempunyai bau yang menyengat, dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan dan dapat melepuhkan kulit.  Sifat Kimia Asam Formiat Asam formiat dapat bercampur sempurna dengan air dan sedikit larut dalam benzene, karbon tetra klorida, toluene dan tidak larut dalam hidrokarbon alifatik seperti heptana dan oktana. Asam formiat dapat melarutkan nilon, poliamida tetapi tidak melarutkan Poli Vinil Chlorida (PVC).

5 1. Reagen pada reaksi kimia organik, sebagai sumber gugus formil dan ion hidrogen. 2. leaning / disinfection, sebagai bahan produk pembersih komersial dan disinfektan tong kayu untuk membuat anggur atau bir. 3. Membersihkan logam asam (industri electroplating) 4. Desulfurisasi flue gas, digunakan dalam proses desulfurisasi SHU (Saarberg-Hoelter-Umwelttlechnik) 5. Sebagai bahan baku dalam industri farmasi f. Sebagai bahan aditif pada pengeboran minyak Asam format (nama sistematis: asam metanoat) adalah asam karboksilat yang paling sederhanaasam karboksilat

6 1. Koagulasi Karet Alam Sebagai koagulan aid yang akan menghasilkan kualitas karet yang lebih baik. 2. Conditioner Pada Proses Pencelupan Tekstil Digunakan sebagai bahan kimia pembantu dalam proses pencelupan atau pewarnaan anti kusut dan anti ciut. 3. Conditioner Pada Proses Penyamakan Kulit Digunakan dalam proses pembersihan, penghilangan zat kapur dan pewarnaan kulit. 4. Silase Untuk pencampuran pada makanan ternak

7  1. Hidrolisis Metil Formiat  2. Sintesis Langsung Karbon Monoksida dengan Air  3. Proses Formamid  4. Oksidasi Alkana  5. Reaksi Alkali dengan Karbon Monoksida


Download ppt "Novi Fitriani XII IPA 3 Novi Fitriani XII IPA 3.  Asam format  Pengertian Asam Formiat Kata formiat berasal dari nama sejenis semut merah “formica rufa”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google