Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog M. Haviz Irfani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog M. Haviz Irfani."— Transcript presentasi:

1 1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog M. Haviz Irfani

2 Goal Majemuk Dalam editor program, Goal dapat dimasukkan pada program sebelum Clauses dengan kata cadangan GOAL. Goal yg dimasukkan dapat lebih dari satu subgoal. Contoh: GOAL ayah(wawan,Siapa),write(Siapa," "), cucu(badu,Kakek), write(Kakek).

3 Soal: Buatlah program bahasa prolog dengan pengetahuan seperti dalam tabel berikut: MERKWARNAHARGA (Juta) ToyotaPutih150 HondaHitam165 FordPutih200 BMWHitam180 MitsubisiMerah120 Buatlah goal internal: 1.Informasi mobil untuk harga dibawah 165 juta 2.Informasi mobil untuk harga 180juta s/d 220 juta 3.Mobil apa saja yang berwarna Hitam dengan harga kurang dari 200juta

4 Unifikasi Adalah proses yang dilakukan untuk mencari padanan antara pernyataan yang terdapat pada aturan dan fakta atau kepala aturan yg lain. Syarat unifikasi sebagai berikut: 1.Mempunyai relasi yg sama. 2.Mempunyai jumlah argumen yg sama dan posisi argumen yg sama pula. 3.Argumen yg berpadanan hrs mempunyai jenis data yg sama. 4.Semua pasangan argumen (data majemuk) hrs berpadanan juga.

5 Contoh Unifikasi: * ayah(Bapak,badu) dengan ayah(slamet,badu) * tgl_lhr(Tgl,Bln,Thn) dengan tgl_lhr(10,”Agustus”,1998) *data_pribadi(nama(tono),alamat(jalan,kota)) dengan data_pribadi(nama(tono),alamat(“talang semut”,”Palembang”))

6 Proses pencarian jawaban: slamet wawan jamal susi syamsiah tukulbadu jojon tina hera meliani vera yuyun kayamba yayuk Oktobudi sitiruniafikajimi Padanan relasi yg sesuai pada proses pencarian, seperti: * ayah(Bapak,badu) dengan ayah(slamet,badu) * tgl_lhr(Tgl,Bln,Thn) dengan tgl_lhr(10,”Agustus”,1998) *data_pribadi(nama(tono),alamat(jalan,kota)) dengan data_pribadi(nama(tono),alamat(“talang semut”,”Palembang”)) SILSILAH KELUARGA:

7 Pertanyaan Soal: Dari silsilah keluarga sebelumnya, *Tentukan fakta untuk relasi: ayah, ibu, suami dan istri ! *Tentukan aturan untuk relasi: kakek, nenek, cucu, saudara_kandung, sepupu, dan ipar !

8 Runut Balik (BackTracking): 1.Prolog akan mencari jawaban dg cara pemadanan mulai dari bagian klausa yg paling atas 2.Bila prolog mengeksekusi subgoal yg terdiri dari subgoal yg lain (call), maka prolog akan akan melakukan langkah 1. 3.Bila sebuah call berhasil berpadanan maka call kembali ke klausa induk dg membawa variabel yg diperoleh dan eksekusi dilanjutkan pd subgoal berikutnya. 4.Variabel terikat akan menjadi variabel bebas pd saat prolog merunut balik, memungkinkan prolog mendapatkan nilai baru sebagai jawaban yg mungkin.

9 Soal: Buatlah program bahasa prolog dengan pengetahuan seperti dalam tabel berikut: Nama PemainUmur (Tahun) Bejo15 Wowok14 Cokri15 Parto15 Kabul14 Buatlah goal internal dan eksternal: Goal internal : pemain(A,15),pemain(B,15),A<>B, write(A,” ”,B). Goal eksternal: pemain(A,15),pemain(B,15),A<>B.

10


Download ppt "1. Goal Majemuk dan Unifikasi 2. Runut Balik 3. Input/Output Prolog M. Haviz Irfani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google