Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Form Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Form Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan."— Transcript presentasi:

1 Form Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari component palette. Pada saat memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong disebut Form1 Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam form, dan gerakan pointer mouse akan disesuaikan dengan posisi titik-titik grid. Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form, komponen-komponen yang terletak dalam form dapat dikendalikan dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor. KOMPONEN DALAM DELPHI

2 Form adalah dasar dari aplikasi Windows. Form dipakai untuk menempatkan komponen, control dan lain-lain. Informasi mengenai form disimpan didalam dua file, yaitu file.dfm dan.pas. File.dfm berisi informasi mengenai tampilan form ukuran lokasi dan seterusnya. Sedangkan file.pas untuk menyimpan program control atau disebut juga dengan unit.

3 Object Inspector Digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen, terdiri dari dua tab, yaitu properties dan events

4 Tab properties, digunakan untuk mengubah properti komponen. Properti dengan tanda + menunjukkan bahwa properti tersebut mempunyai subproperti. Klik pada posisi tanda + untuk membuka subproperti. Tab events, bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani kejadian-kejadian (berupa sebuah procedure) yang dapat direspon oleh sebuah komponen. Contoh, jika ingin suatu kejadian dikerjakan pada saat komponen tersebut diklik, maka dapat dituliskan kode program tersebut pada bagian OnClick.

5 Sebuah Property tidak lain adalah sebuah nama/variabel milik sebuah objek/komponen misal Caption. Text yang dapat diubah nilai baik melalui object Inspector atau melalui program. Beberapa contoh pada Property : Font Menunjukan font yang akan kita gunakan. Dalam menu ini juga terdapat macam-macam font berikut style dan ukurannya. Caption Merupakan judul dari form itu. Perhatikan perbedaannya dengan name.

6 Name Merupakan nama dari komponen itu. Biasanya bila kita mengambil sebuah komponen, Delphi otomatis menyediakan nama sesuai dengan nama komponen tersebut. Namun nama ini dapat dengan mudah kita ubah agar mudah mengingatnya. Berbeda dengan caption pada caption kita tidak mengubah nama componen, melainkan hanya mengubah juduk yang tertera pada komponen tersebut. Sehingga bila kita ingin menggunakan komponen tersebut, yang kita gunakan adalah namanya, dan bukan nama pada caption.

7 Enabled Menunjukan bahwa komponen ini bisa digunakan atau tidak. Perintah ini cukup penting bila kita tidak ingin user menekan tombol yang tidak diinginkan. Height Merupakan tinggi dari komponen yang bakalan kita taruh pada form, atau komponen lainnya. Width Merupakan lebar komoponen.

8 Popup menu Fungsi ini berguna saat kita mengkilik kanan dan akan tampil perintah. Pada penggunaanya kita mengambuil komponen popup menu dan menset popup menu pada form. Auto size Fungsi ini berisi mengenai apakah form yang kita miliki bisa diperbesar atau tidak. Text Biasanya tedapat pada komponen edit dan mask edit. Kegunaanya untuk menaruh kata-kata pada komonen ini.

9 Color Warna pada komponen. Kita dapat mengubah warna- warna tiap komponen (hanya yang disediakan) dengan point ini. Visible Berfungsi untuk menampilkan dan tidak menampilkan komponen yang kita inginkan. Hint Bila kursor kita diatas komponen, maka akan muncul keterangan. Keterangan ini yang disebut dengan hint. Jangan lupa untuk mengganti properti show hint menjadi true untuk mengaktifkannya.

10 Borderstyle Menunjukan berbagai macam bingkai yang diinginkan. Dengan Object inspector kita juga dapat menentukan event apa yang akan kita buat dengan komponen tersebut. Sebuah Event adalah sebuah aksi pengguna (User Action) misal Mouse Click, KeyPressed. Setiap Events diawali dengan kata ‘On’. Beberapa contoh event: Onclick Bila kita mengklik komponen tersebut maka prosedur yang kita inginkan akan dijalankan oleh program tersebut.

11 Onkeypress Bila kita menekan suatu key (tombol) maka komponen tersebut akan aktif. Perlu diperhatikan pada event ini, delphi mengenal character yang kita tekan melalui kode yang masuk kedalam variabel key

12 Code Editor Merupakan tempat di mana kode program dituliskan. Pada bagian ini dapat dituliskan pernyataan-pernyataan dalam object pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan program

13

14 Code editor dilengkapi dengan fasilitas highlight yang memudahkan pemakai menemukan kesalahan. Title bar yang terletak pada bagian atas jendela code editor menunjukkan nama file yang sedang disunting, sementara pada bagian bawah terdapat tiga bagian informasi yang perlu untuk diperhatikan, yaitu : Nomor baris/kolom yang terletak pada bagian paling kiri, berfungsi untuk menunjukkan posisi kursor di dalam jendela code editor.

15 Text Modified menunjukkan bahwa file yang sedang disunting telah mengalami perubahan dan perubahan tersebut belum disimpan. Teks ini akan hilang jika perubahan telah disimpan. Insert/overwite yang terletak pada bagian paling kanan menunjukkan modus pengetikan teks dalam jendela code editor. Insert menunjukkan bahwa modus penyisipan teks dalam keadaan aktif, sedang overwrite menunjukkan bahwa modus penimpaan teks dalam keadaan aktif. Tekan tombol insert untuk mengubah keadaan insert menjadi overwrite dan sebaliknya.

16 Code Explorer Bagian kiri dari Code Editor adalah Code Explorer. Code Explorer dipakai untuk memudahkan navigasi didalam file unit. Untuk menampilkan code explorer, pilih menu View|Code Explorer, atau klik kanan pada code editor dan pilih View Explorer. (lihat gambar)

17

18 Memakai Komponen a.Menempatkan Komponen Pada Form Untuk membuat antarmuka aplikasi harus menempatkan komponen-komponen pada sebuah form, mengubah property-nya dan membuat program event handler-nya.  untuk menempatkan komponen pada sebuah form : 1.Klik sebuah komponen pada Componen palette, misalnya komponen Button dari page Standard

19 2.Klik pada form dimana ingin menempatkan komponen tersebut. Komponen Button

20 b.Mengubah Tampilan pada Komponen Untuk mengubah tampilan dan perilaku di aplikasi dengan menggunakan Object Inspector. Pada saat komponen dipilih pada sebuah form, property dan event-nya ditampilkan Object Inspector.

21 Klik komponen untuk memilihnya

22 Untuk memilih komponen dari daftar drop-down ini Pilih sebuah property dan ubah nilainya dikolom yang tersedia Klik tanda ini untuk membuka kotak dialog dan mengubah property Klik ganda tanda plus untuk menampilkan property detil

23 Beberapa property mempunyai nilai sederhana, seperti True atau False, dan bilangan bulat. Untuk property Boolean, seperti Cancel, dapat diklik ganda pada True atau False untuk mengubahnya,Jika di klik property, akan terlihat tanda titik-titik. Jika diklik tanda titik-titik dari property Font, akan tampil kotak dialog Font.

24

25 c.Mengubah Event Langkah-langkah untuk mengubah event-handler: 1.Klik tab Event pada Object Inspector untuk melihat event-handler dari komponen yang dipilih. 1.Pilih sebuah Event. 2.Isi Event-handle dengan dua cara, yaitu dengan memilih satu Event-handler dari yang sudah ada atau klik ganda pada kolom nilai dan masuk ke Code Editor dan Delphi akan membuat kerangka procedure-nya.

26 Klik tab Event untuk menampilakn event-event dari sebuah komponen Pilih Event-handler yang sudah ada dari daftar drop-down Atau, klik ganda pada kolom nilai untuk membuat event- handler baru dan Delphi akan memberikan kerangka program

27 Latihan

28 ObjekPropertiNilai FormCaptionSalam Kenal Label1CaptionNama saya Label2CaptionAlamat Label3Caption- Label4Caption- ButtonCaptionClose

29 Ketikkan programnya procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject); begin Label2.Caption := 'Irnawan'; Label3.Caption := 'Jalan Bina Warga'; end; procedure TForm1.TcloseClick(Sender: TObject); begin close; end; end

30 Jelaskan langkah-langkah membuat sebuah tampilan Form seperti yang terlihat pada Gambar.

31 Tambahkan tiga buah label, du buah edit box, dua buah radio button dan sebuah button pada form ObjekPropertiNilai FormCaptionPemrograman Label1CaptionNama Label2CaptionKategori Label3CaptionProduksi Edit1Text Edit2Text RadioButton1CaptionBahasa Pemrograman RadioButton2CaptionDatabase ButtonCaptionOK


Download ppt "Form Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google