Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEMIOTIKA Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc.. Ilmu yang mempelajari kehidupan tanda- tanda dalam masyarakat (Ferdinand de Saussure, 1857-1913) Semiologi Semeion.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEMIOTIKA Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc.. Ilmu yang mempelajari kehidupan tanda- tanda dalam masyarakat (Ferdinand de Saussure, 1857-1913) Semiologi Semeion."— Transcript presentasi:

1 SEMIOTIKA Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc.

2 Ilmu yang mempelajari kehidupan tanda- tanda dalam masyarakat (Ferdinand de Saussure, ) Semiologi Semeion Tanda

3 TANDA itu apa? “kita adalah spesies yang digerakkan oleh hasrat untuk membuat makna. Kita adalah homo significant –sang pembuat makna” Daniel Chandler

4 Tidak semua gerakan, suara, kata atau aroma bisa menjadi tanda. Hanya yang kita beri maknalah yang menjadi tanda. Kajian semiotika melakukan penafsiran terhadap tanda itu dalam suatu sistem makna yang ada di sekitarnya (bisa disebut sebagai budaya di mana tanda itu tumbuh dan berada)

5 ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam kajian semiotika, yaitu: Tanda itu sendiri, Sistem tanda, Budaya di mana sistem tanda tersebut beroperasi. (Fiske dalam Birowo 2004)

6 Hal yang dirujuk oleh tanda, secara logis, dikenal sebagai referen (objek atau pentanda) Ada dua jenis referen; (1) referen konkret (2) referen abstrak


Download ppt "SEMIOTIKA Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc.. Ilmu yang mempelajari kehidupan tanda- tanda dalam masyarakat (Ferdinand de Saussure, 1857-1913) Semiologi Semeion."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google