Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Surah Al-Fatihah (Arab: الفاتح, al-Fātihah, "Pembukaan") adalah surah pertama dalam al- Qur'an.Arabsurahal- Qur'an Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Surah Al-Fatihah (Arab: الفاتح, al-Fātihah, "Pembukaan") adalah surah pertama dalam al- Qur'an.Arabsurahal- Qur'an Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri."— Transcript presentasi:

1

2 Surah Al-Fatihah (Arab: الفاتح, al-Fātihah, "Pembukaan") adalah surah pertama dalam al- Qur'an.Arabsurahal- Qur'an Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat.Mekah Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an.Al-Qur'an Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al- Quran.

3  1. Dinamakan Ummul Qur'an (induk Al-Quran/ أمّ القرءان ) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran  2. Ummul Kitab (induk Al-Kitab/ أمّ الكتاب ) karena dia merupakan induk dari semua isi kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Nabi Allah.  3. Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang/ السبع المثاني ) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam shalat. Termasuk rukun shalat. shalat

4

5 Ayat1. Segala perbuatan baik dimulai dgn basmalah Ayat 2. Merupakan pujian kpd Allah yang MahaPandai Ayat 3. allah tidak menelantarkan makhluknya dan Allah menyayangi orang yang beriman Ayat 4. Segala perbuatan manusia dibalas di akhirat. Ayat 5. Manusia hanya boleh beribadah kepada Allah,Allah tempat memohon dan meminta pertolongan

6 Ayat 6. Permohon untuk ditunjuki jalan yg lurus Ayat 7. Meminta ditunjuki jalan yang diberi nikmat ( seperti Nabi, orang yg saleh) Dan memohon dijauhi dari jln org yg dimurkai dan jln org yg sesat.

7 Surat Al Ikhlas terdiri dari 4 ayat terdapat dalam jus 30. Surat Al Ikhlas tergolong surat makkiyah karena diturunkan di kota mekah. Al-Ikhlas artinya adalah Yang Sangat Agung, karena surat ini menyampaikan wujud dari ke Esa an Allah SWT ATAU MEMURNIKAN KEESAAN ALLAH SWT

8  AYAT 1. Tuhan kita adalah satu yaituAllah SWT itu satu dan tidak ada sekutu bagiNya  Ayat 2. hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan dan petunjuk  Ayat 3. Allah SWT tidak beranak dan tidak diperanakan atau kita tidak boleh mensekutukan Allah SWT  Ayat 4. Tidak ada yang sebanding atau sama dengan Allah SWT

9 PENGERTIAN HUKUM MENGIMANINYA WAJIB  JAIZ ARTINYA BOLEH  PENGERTIAN :SIFAT JAIZ YAITU SIFAT YANG MANA ALLAH SWT BOLEH BERBUAT SESUATU ATAU TIDAK BERBUAT SESUATU  CONTOH JIKA ALLAH SWT MENGHENDAKI SUATU GUNUNG MELETUS PASTI AKAN MELATUS WALAUPUN MENURUT ILMU MANUSIA TIDAK AKAN MELETUS

10 1. KEBEBESAN UNTUK MENCIPTAKAN ATAU TIDAK MENCIPTAKAN SESUATU 2. KEKEBEBASAN MENGATUR MAKHLUK SESUAI DENGAN YANG ALLAH SWT KEHENDAKI

11

12 Nabi Adam a.s merupakan manusia yang pertama di ciptakan Allah s.w.t. Nabi adam a.s. disebut dengan bapak semua manusia. Nabi Adam a.s. diciptakan Allah s.w.t dari tanah liat, yang dijelaskan dalam surat Al Hijir : 26 yang artinya: dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

13 Nabi Adam a.s dan Hawa setelah diciptakan tinggal di sorga. Di dalam sorga ada juga Malaikat yang diciptakan dari Cahaya dan Iblis yang diciptakan dari Api. Di sorga Allah s.w.t mengajarkan nama-nama benda yang tidak diajarkan kepada Malaikat, Iblis, untuk menunjukkan kelebihan Nabi Adam a.s dari malaikat dan iblis. Allah s.w.t menyuruh malaikat dan Iblis untuk sujud kepada Nabi Adam a.s. Para malaikat patuh pada perintah Allah s..w.t, sedangkan iblis tidak mau sujud kepada Nabi Adam a.s. ( Al-Baqarah:34) Iblis tidak mau sujud kepada Adam a.s. karena Iblis merasa lebih mulia dari pada Nabi Adam a.s. karena diciptakan dari api. Karena sikap iblis itu iblis di usir dari sorga, dan sebelum diusir Iblis meminta kepada Allah s.w.t. untuk : a.Hidup sampai hari kiamat b. Untuk menyesatkan manusia kecuali orang yang bertaqwa.

14 Allah s.w.t melarang Adam a.s. dan Hawa jangan mendekati pohon khuldi sebagai bentuk taat kepada Allah s.w.t. Karena larangan itulah Iblis mengoda Nabi Adam a.s. dan Hawa untuk memakan buah khuldi, berkat bujukan dan rayuan iblis akhirnya Adam a.s dan Hawa tergoda juga dan memakan buah khuldi. Karena melanggar larangan Allah s.w.t Adam dan hawa diusir dari surga ke bumi. Adam diturunkan di pegunungan India dan Hawa di jeddah daerah Arab. Keduanya berjalan kesana kemari sambil memohon ampun kepada Allah s.w.t selama 300, Allah s.w.t, mempertemukan Adam a.s. dan Hawa di bukit Jabal Rahmah. Beberapa tahun lahirlah anak mereka, kembar sepasang diberi nama Qabil dan Iqlima. Setelah beberapa lama lahir pula anak kembar sepasang diberi nama Habil dan Labuda. Setelah dewasa Allah s.w.t memberi petunjuk untuk menikahkan anaknya secara silang, Qabil dinikahkan dengan Lubada dan Habil dinikahkan dengan Iqlima.

15 Allah SWT menurunkan adam dan hawa kebumi adalah untuk memakmurkan bumi ini

16

17 1. Nabi Adam as diciptakan allah dari … 2. Istri Nabi Adam as bernama 3. Istri Nabi Adam as diciptakan dari … 4. Iblis diciptakan dari … 5. Malaikat dan iblis disuruh Allah swt untuk …. Kepada nabi adam 6. Karena ingkar iblis diusir dari …. 7. Nabi adam melanggar larangan Allah, apa larangan Allah itu ? 8. Nabi Adam diturunkan Allah ke bumi di … 9. Istri nabi Adam as diturunkan Allah ke bumi di … 10. Nabi Adam as dan dgn istrinya berpisah selama ….

18 11. Allah swt mempertemukan Nabi adam as dengan istrinya di … 12. Siapa nama anak kembar nabi Adam yang pertama 13. Siapa nama anak kembar Nabi Adam as yang kedua 14. Setelah besar Nabi Adam as disuruh Allah swt untuk menikahkan anaknya secara … 15. Qabil bekerja sebagai…. 16. Habil berkerja sebagai … 17. Karena salah satu anak nabi Adam tidak mau menikah Allah menyuruh mereka untuk … 18. Sebutkan 2 permintaan Iblis sebelum diusir dari sorga 19. Allah swt menurunkan nabi Adam as kebumi bertujuan untuk … 20.Siapa yang melakukan pembunuhan yang pertama di bumi ini

19 Zaman sebelum kelahiran Nabi Muhammad s.a.w disebut dengan zaman Jahiliyah artinya masa kebodohan. Disebut zaman kebodohan karena mereka tidak lagi berakhlak dan berprilaku yang baik. Diantara kebiasaan buruk orang jahiliyah adalah : 1. Berperang antar suku 2. Perampokan, perzinaan, perjudian 3. Menguburkan anak perempuan yang baru lahir karena merasa malu. 4. Menyembah berhala yang diletakkan disekitar Ka’bah

20 Nabi Muhammad s.a.w lahir tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 20 april 571 M, disebut tahun Gajah karena pada tahun itu ada peristiwa dimana sepasukan bergajah hendak menghancurkan ka’bah tapi digagalkan Allah s.w.t dengan mengutus burung ababil yang melempari pasukan bergajah dengan batu dari api neraka, panglima pasukan itu bernama Abrahah.

21 Ayah Nabi Muhammmad s.a.w bernama Abdullah yang meningggal sewaktu nabi masih dalam kandungan ibunya. Ayah Nabi meninggal ketika dalam perjalanan pulang berdagang dari negeri syam (syiria) dan meninggal di yatsrib atau medinah karena sakit. Ibu Nabi Muhammad s.a.w bernama Aminah. Kebiasaan masyarakat Mekah menyerahkan anaknya untuk di asuh oleh orang lain di desa. Dan ibu asuh Nabi Muhammad s.a.w bernama Halimah Sa’diyah, tujuannya agar anak selalu menghirup udara segar di desa dan juga tidak terpengaruh oleh kebiasaaan buruk masyarakat kota Mekah.

22 Setelah di asuh halimah nabi di kembalikan kepada ibunya pada usia 5 tahun, dan usia 6 tahun diajak berziarah kemakam ayah Nabi di Madinah, ketika hendak pulang ke Mekah ibunya Nabi sakit dan meninggal di desa Abwa, Nabi pulang bersama pembantu ibunya bernama Ummu Aiman. Selanjutnya Nabi diasuh kakek beliau Abdul muthalib sampai usia 8 tahun, kakek Nabi meninggal, dan nabi selanjutnya diasuh paman beliau bernama Abu thalib.

23 Usia 12 tahun diajak paman Nabi berdagang kenegri syam tapi di tengah perjalanan di kota Bushra ketemu dengan pendeta Nasrani bernama Bukhaira, yang menasehati Abu Thalib agar membawa Nabi kembali pulang ke Mekah, karena khawatir akan keselamatan Nabi, apabila ketemu dengan orang Yahudi. Selanjutnya Nabi membantu pamannya dengan mengembalakan kambing atau domba. Sejak masih anak-anak Nabi terkenal sebagai orang yang jujur,ramah, sopan, santun, lemah lembut, dan diberi gelar Al Amin artinya Jujur dan dapat dipercaya.

24 1. Mimpi Abdul Muthalib dan Aminah Pada malam kelahiran Nabi Muhammad SAW Abdul Muthalib melihat sebuah sinar terang keluar dari punggungnya. Cahaya itu menyinari seluruh dunia hingga terang benderang. Begitu pula Aminah (ibunda Nabi Muhammad SAW), pernah bermimpi melihat cahaya keluar dari tubuhnya dan menyinari istana Kerajaan Syam.

25 3. Api sesembahan orang Majusi mendadak padam. 4. Istana Kisra Unusyirwan rusak. 5. Kesaksian para pendeta Nasrani. Seorang Yahudi ahli kitab di Yatsrib melihat sebuah bintang cemerlang yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Orang Yahudi menceritakan bahwa munculnya bintang itu pertanda seorang nabi pasti telah lahir.

26 Lahir tanggal 12 rabiul awal tahun gajah / 20 april 571 masehi, di kota mekah, beliau berasal dari suku Quraisy, ayahnya Abdullah, Ibunya Siti Aminah, usia 0 – 5 th di asuh halimah tusa’diyah, usia 5 – 6 th di asuh siti Aminah, 6 – 8 th, diasuh kakek ( Abdul Muthalib ), 8 – sampai dewasa diasuh paman ( Abu thalib)

27

28 1. Zaman sebelum Nabi lahir disebut zaman … 2. Burung yang menghancurkan pasukan bergajah barnama burung … 3. Tahun kelahiran Nabi disebut tahun … 4. Nama Pemimpin pasukan yang ingin menghancurkan ka’bah bernama ….. 5. Peristiwa pasukan bergajah di jelaskan dalam surat …. 6. Nabi Muhammmad saw berasal dari suku … 7. Apa tujuan pasukan bergajah menghancurkan ka’bah… 8. Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal … 9. Ayah Nabi muhammad SAW bernama ….dan ibunya bernama … 10. Ayah Nabi saw meninggal pada saat nabi masih …. Dan ibunya Nabimeninggal pada saat nabi berusia …. tahun.

29 11. Siapakah nama ibu asuh Nabi Muhammad saw 12. Siapa nama kakek Nabi Muhammad saw 13. Siapa nama paman Nabi Muhammad saw 14. Dimana ibu Nabi sakit dan dimakamkan… 15. Sebutkan 2 pekerjaan Nabi pada masa kanak-kanak dan remaja 16. Kemana Nabi Muhammad saw di ajak berdangang oleh pamannya 17. Siapa nama pendeta yang menyuruh Nabi kembali ke kota Mekah 18. Karena jujur, ramah sopan santun, Nabi di beri gelar … 19. Sebutkan 2 kebiasaan buruk masyarakat arab sebelum Nabi saw lahir 20. Usia 0- 5tahun di asuh …, usia 5- 6 diasuh oleh…, usia 6 – 8 di asuh …. Dan usia 8 sampai dewasa di asuh ….

30 Sifat terpuji dinamakan sifat mahmudah Keteladanan yg bisa di ambil dari cerita Nabi Adam a.s: 1. Meyakini bahwa iblis akan selalu menggoda manusia 2. Tidak mudah terpengaruh oleh bisikan dan rayuan iblis 3. Senantiasa menjalankan perintah Allah swt 4. Memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan.

31  رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا  وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنْ الْخَاسِرِينَ  Rabbana dzolamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khosiriin… 

32 1). Siddiq artinya jujur dan sangat tidak mungkin Rasulullah bersifat bohong (kidzib) 2). Amanah artinya dapat dipercaya.Sangat tidak mungkin Rasulullah bersifat Khianat atau tidak dapat dipercaya.Rasulullah tidak berbuat yang melanggar aturan Allah SWT 3).Tabligh artinya menyampaikan.Rasulullah sangat tidak mungkin untuk menyembunyikan (kitman). 4). Fathonah artinya cerdasSangat tidak mungkin Rasul bersifat baladah atau bodoh.

33 KETENTUAN SHALAT 1.RUKUN SHALAT 2.SUNNAH SHALAT 3.SYARAT SAH SHALAT 4.SYARAT WAJIB SHALAT

34 1. NIAT 2. TABIRATUL IHRAM 3. BERDIRI TEGAK BAGI YANG MAMPU 4. MEMBACA SURAT AL FATIHAH 5. RUKUK DENGAN TUMAKNINAH 6. ILTIDAL DENGAN TUMAKNINAH 7. SUJUD 2 KALI DENGAN TUMAKNINAH 8. DUDUK ANTARA 2 SUJUD (IFTIRASY) 9. DUDUK TASYAHUD AKHIR ( TAWARUK) 10. MEMBACA TASYAHUD AKHIR 11. MEMBACA SELAWAT KEPADA NABI 12. SALAM 13. TERTIB

35 Rukun Fi’liyah adalah : rukun shalat yang berhubungan dengan gerakan shalat Rukun Qauliyah adalah : rukun shalat yang berhubungan dengan ucapan dalam shalat

36 SUNNAH SHALAT DIKELOMPOK MENJADI 2 KELOMPOK YAITU: 1. SUNNAH FI’LIYAH YAITU : SUNNAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN GERAKAN SHALAT 2. SUNNAH QAULIYAH YAITU SUNNAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN BACAAN SHALAT

37 SEMUA GERAKAN SHALAT SELAIN YANG TERDAPAT DALAM RUKUN SHALAT SEPERTi: 1. MENGANGKAT KEDUA TANGAN KETIKA TAKBIR, 2. BERSEDEKAP, 4. MEMANDANG KETEMPAT SUJUD, 5.MENDENGARKAN BACAAN IMAM 6. MELETAKKAN TANGAN DI LUTUT 7. MENGANGKAT TANGAN KETIKA IKTIDAL

38 SEMUA BACAAN DALAM SHALAT SELAIN YANG TERDAPAT DALAM RUKUN SHALAT 1. 1.DO’A IFTITAH, 2. TAAWUZ, 3. AMIN 4. SURAH PENDEK, 5.MEMBACA TAKBIR KETIKA RUKUK, 6. MEMBACA SAMIALLAHULIMAN HAMIDAH KETIKA BANGUN DARI RUKUK, 7. MEMBACA RABANA LAKALHAMDU KETIKA IKTIDAL 8. DO’A SUJUD, 9. DO’A DUDUK ANTARA 2 SUJUD, 10. MEMBACA TASYAHUD AWAL, 11.MEMBACA SALAM YANG KE 2.

39 4 SYARAT SAH SHALAT IALAH: HAL-HAL YANG HARUS DIPENUHI ATAU DILAKUKAN SEBELUM SHALAT: DIANTARANYA ADALAH: 1.SUCI BADAN DARI HADAS BESAR DAN KECIL 2.SUCI BADAN, PAKAIAN, DAN TEMPAT SHALAT DARI NAJIS. 3.MENUTUP AURAT 4.MENGHADAP KIBLAT 5.SUDAH MASUK WAKTU SHALAT 6.MENGETAHUI KETENTUAN SHALAT 7.MENGETAHUI HAL-HAL YANG MEMBATALKAN SHALAT

40 SYARAT WAJIB SHALAT ADALAH SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIMILIKI SESEORANG SEHINGGA IA WAJIB SHALAT 1.BERAGAMA ISLAM 2.BALIGH ATAU DEWASA 3.BERAKAL SEHAT 4.SUCI DARI HAID DAN NIFAS 5.DALAM KONDISI SADAR ATAU TIDAK TIDUR / MABUK

41 HAL-HAL YANG MEMBATALKAN SHALAT ADALAH : SESUATU YANG MENYEBABKAN SHALAT KITA BATAL DAN HARUS DI ULANGI LAGI 1. Berbicara ketika sholat 2. Tertawa 3. Makan dan minum 4. Berjalan terlalu banyak tanpa ada keperluan 5. Tersingkapnya aurat 6. Memalingkan badan dari kiblat 7. Menambah rukun-rukun shalat 8.Mendahului imam dengan sengaja 9.Keluar hadas besar dan hadas kecil 10.Murtad, Gila, hilang akal, 11.Meninggalkan salah satu rukun salat 12.Mengucapkan salam dengan sengaja sebelum selesai salat

42 1. Apabila meninggalkan rukun shalat, maka shalatnya tidak sah dan harus di ulangi 2. Shalat seseorang dikatan sah apabila melaksanakan syarat sah shalat 3. Shalat tidak diwajibkan kepada manusia yang belum beragama Islam 4. Apabial shalat kita batal, harus diulangi kembali, ada yang tampa berwudhu’ lagi dan ada yang harus berwudhu’lagi apabila shalatnya batal karena batalnya wudhu’.

43


Download ppt "Surah Al-Fatihah (Arab: الفاتح, al-Fātihah, "Pembukaan") adalah surah pertama dalam al- Qur'an.Arabsurahal- Qur'an Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google