Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JIHAD, RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MODERAT OLEH : Aditya Zulkarnain Melinda Dwiarifani Yuwafiqi M. Faiz Firmansyah Sandya Yuda Pratama S1 PTI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JIHAD, RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MODERAT OLEH : Aditya Zulkarnain Melinda Dwiarifani Yuwafiqi M. Faiz Firmansyah Sandya Yuda Pratama S1 PTI."— Transcript presentasi:

1 JIHAD, RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MODERAT OLEH : Aditya Zulkarnain Melinda Dwiarifani Yuwafiqi M. Faiz Firmansyah Sandya Yuda Pratama S1 PTI OFF E “11 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

2 A.PENGERTIAN JIHAD DAN RADIKALISME UMAT BERAGAMA 1. JIHAD Jihad dalam pengertian kontekstual adalah perjuangan yang dilakukan oleh individu muslim maupun kelompok Islam dalam menyebarkan gama Islam, dan perjuangan – perjuangan lain yang lebih luas, seperti pejuangan di bidang pendidikan, kesehatan, moral,ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan dan hak kewajiban, lapangan pekerjaan, dan lain – lain dengan segenap kemampuan yang dimiliki.

3 Radikalisme umat beragama adalah paham yang menginginkan pembaharuan atau perubahan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan sikap yang ekstrem. Radikalisme bukan ciri ajaran Islam karena Islam dalam menyaiarkan agama menggunakan cara bil hikmah ( bijaksana ), tutur kata yang santun, dan menggunakan cara berdebat yang dilandasi saling hormat – menghormati. 2. RADIKALISME UMAT BERAGAMA

4 B. LANDASAN DAN MACAM-MACAM JIHAD Landasan jihad dalam Islam terdapat dalam kitab suci al – Qur’an, hadist, dan ijtihad para ulama. 1. LANDASAN JIHAD Dalam al – Quran landasan – landasan tersebut antara lain terdapat dalam : Q.S al – ‘Ankabut : 6 Q.S al – ‘Ankabut : 8 Q.S al – Hajj :78 Q.S al – Baqarah :218.

5 Jihad hukumnya fardhu ‘ain, jika pemimpin umat islam telah memaklumkan mobilisasi umum bagi kaum muslimin yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan jihad dengan segenap kekuatan yang dimilikinya misalnya pada saat umat islam merasa terhalangi untuk menjalankan rukun islam, dan terusik kedaulatan bangsa dan negaranya, maka mereka diperintahkan untuk berjihad (berjuang sunguh – sunguh dijalan Allah). Landasan jihad yang berstatus hokum fardhu ‘ain ini ada padai firman Allah SWT berikut: QS Al- Anfal: 15 QS Al- Anfal: 16 QS Al- Anfal: 39. LANJUTAN....

6 Jihad ditinjau dari macamnya dapat di bedakan menjadi dua yaitu : jihad Universal dan jihad Kontekstual Jihad ditinjau dari macamnya dapat di bedakan menjadi dua yaitu : jihad Universal dan jihad Kontekstual 1. Jihad Universal 2. Jihad Konstektual Jihad Universal dalam Al-Qur’an disebutkan dalam QS Al-Nahl 110 : “sesungguhnya Tuhanmu adalah pelindung bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar. Sesungguhnya Tuhanmu setelah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” 2.MACAM-MACAM JIHAD Menurut Al-Raghib dalam Albanna(2006), ada tiga macam : berjuang melawan musuh yang kelihatan, bnerjuang melawan setan, dan berjuang melawan hawa nafsu.

7 C. LATAR BELAKANG RADIKALISME UMAT BERAGAMA Secara jenisnya setidaknya ada dua macam factor latar belkang radikalisme umat beragama yakni : 2. Bersifat Khusus 1. Bersifat Umum bahwa dilingkungan umat beragama apapun jenis agamanya selalu terdapat kelompok fundamentalis, minoritas, militant extrim dan radikal.menurut penelitian Amstrong (dalam umar 2006)fundamentalisme bukan hanya terdapat pada pemeluk agama yang monoteistik saja. Pengertian seseorang terhadap agama yang tidak tepat. Agama digunakan sebagi pembenar tanpa mengakui eksistensi agama lain. Adanya penindasan, ketidak adilan, dan marginalisasi Adanya tekanan social, ekonomi, politik. Kurangnya kesadaran berbangsa dan bermasyarakat secara pruralistik.

8 D. BENTUK DAN DAMPAK RADIKALISME 1. BENTUK – BENTUK RADIKALISME UMAT BERAGAMA Bentuk – bentuk radikalisme umat beragama ada beberapa jenis yaitu a)aksi terror, b)bom bunuh diri, c)saling menyerang, d)aksi kekerasan, e)intimidasi, f)perlawanan terhadap pemerintahnya dsb.

9 1.Timbulnya aksi kekerasan seperti tragedy Black Tuesday World Trade Center (WTC) pada 11 september 2001 di amerika serikat. 2.Tragedy bom di legian bali dan pengeboman JW Marriot di Jakarta nyang mengakibatkan ratusan nya wa melayang sebagai akibat dari aksi terorisme tersebut. 3.Aksi terror di Thailand selatan terutama di propinsi Pattani Narathiwat, Yalla, Songkla. Terror tersebut secara misterius berkecamuk didaerah tersebut yang mayoritas penduduknya muslim dan budha Contoh Bentuk – bentuk radikalisme itu antara lain :

10 2. DAMPAK RADIKALISME UMAT BERAGAMA Radikalisme umat agama mengakibatkan terjadinya teror dan kekerasan bahkan menimbulkan konflik dan peperangan menimbulkan konflik dan peperangan secara horizontal dan vertikal, apalagi yang terlibat barasal dari kelompok agama yang berbeda. Teror tersebut berasal dari luar negeri (bukan umat islam Indonesia), dan hanya dilakukan oleh sekelompok kecil dari umat islam di Indonesia.

11 E.UPAYA MENANGGULANGI RADIKALISME Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menaggulangi radikalisme umat beragama adalah : 1.Perubahan sikap dan pandangan dari negara-negara Barat terhadap negara-negara muslim di Dunia. 2.Mengurangi dan menghapuskan kesenjangan sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan di tingkat nasional, regional, dan Internasional. 3.Reorientasi pemahaman agama yang tekstual, rigid, dan sempit menjadi pemahaman yang kontekstual, fleksibel dan terbuka. 4.Melakukan modernisasi kehidupan umat secara selektif, dengan mengkomodinir sisi positifnya dan mengeliminir sisi negatifnya. 5.Menanamkan kesadaran “setuju atau tidak setuju” dalam menyikapi pluralisme sosial, budaya dan agama

12 F. MUSLIM MODERAT Kata moderat merupaka sikap yang selalu menghindari perilaku yang berlebih-lebihan (ekstrim). Dengan demikian islam moderat dapat didefinisikan sebagai Pandangan seorang muslim atau umat islam terhadap suatu persoalan dengan selalu menghindarkan praktik-praktik yang radikal dan cenderung menyikapi segala sesuatu dengan mengambil jalan tengah (moderat). Keragaman pandangan yang terjadi dikalangan umat Muslim di Indonesia hanya berada pada tataran furu’iyah. Di Indonesia, umat Islam yang merupakan polulasi mayoritas itu kaya dengan khazanah tradisi dan budaya, dan memiliki banyak institusi sosial, budaya, eknomi, politik, keamanan, pendidikan dan keehatan. Contohnya adalah NU dan Muhammadyah, serta beberapa organisasi sosial keagamaan lainnya.

13 Indonesia adalah negara yang memiliki jalan hidup (way of life). Yang tertuang dalam konsepsi Pancasila karena itu, pancasila dapat diterima oleh organisasi-organisasi dan partai-partai politik Partai-partai politik di Indonesia yang berwawasan keislaman seperti : PKS, PAN, PKB, PPP, PKNU, PBR, PBB dan lain-lain. tidak memperjuangkan atau berusaha mendirikan negara islam di Indonesia. Tetapi mereka burjuang dan berusaha mewujudkan pemerintah yang bersih, berwibawa dan pro rakyat, serta berjihat bagi berlakunya syariat islam di lingkungan umat islam di Indonesia. LANJUTAN...

14


Download ppt "JIHAD, RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MODERAT OLEH : Aditya Zulkarnain Melinda Dwiarifani Yuwafiqi M. Faiz Firmansyah Sandya Yuda Pratama S1 PTI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google