Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

). Apakah biopsi itu? Dari bahasa Latin bios (hidup) dan opsi (tampilan). Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "). Apakah biopsi itu? Dari bahasa Latin bios (hidup) dan opsi (tampilan). Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan."— Transcript presentasi:

1 )

2 Apakah biopsi itu? Dari bahasa Latin bios (hidup) dan opsi (tampilan). Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan patologis mikroskopik (dikirim ke laboratorium).

3 Tujuan Biopsi : Untuk mengetahui morfologi tumor Radikalitas operasi Staging tumor Klasifikasi Pemeriksaan : Besar specimen (jaringan/tumor) dan tumor dalam cm Luas ekstensi tumor Bentuk tumor Nodus regional (bagian yang terdapat tumor)

4 Syarat Biopsi : Tidak boleh membuat flap Dilakukan secara tajam Tidak boleh memasang drain Letaknya dibagian tumor yang dicurigai Garis insisi harus memperhatikan rencana terapi definitif (diletakkan dibagian yang akan diangkat saat operasi definitif).

5 Jenis-jenis Biopsi Biopsi Insisional Biopsi Eksisional

6 Biopsi Jarum Biopsi Endoskopi

7 Punch Biopsi

8 Jaringan yang diperoleh dari hasil biopsi akan difiksasi, dan dikirim untuk pemeriksaan patologi dan atau imunohistokimia. Pemeriksaan patologi ini adalah untuk menentukan apakah lesi tersebut ganas atau jinak, dan membedakan jenis histologisnya. Satu jenis biopsi khusus yang dapat mengetahui histologi dari lesi adalah FNAB (fine needle aspiration biopsy).

9 Kesimpulan Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan patologis mikroskopik. Untuk mengalokasikan area biopsi maka dapat dilakukan sebuah pemeriksaan terlebih dahulu, yaitu dengan CT Scan, X-Ray, ataupun Ultrasound, biopsi juga dapat dilakukan dengan proses pembedahan. Dengan demikian biopsi adalah pemeriksaan penunjang untuk membantu diagnosa dokter bukan untuk terapi kanker, kecuali biopsi eksisional dimana selain pengambilan sampel juga mengangkat semua massa atau kelainan yang ada.

10


Download ppt "). Apakah biopsi itu? Dari bahasa Latin bios (hidup) dan opsi (tampilan). Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google