Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sosiologi: ilmu yg mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial mis:antara ekonomi-agama,keluarga- moral Bisnis: Kegiatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sosiologi: ilmu yg mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial mis:antara ekonomi-agama,keluarga- moral Bisnis: Kegiatan."— Transcript presentasi:

1

2 Sosiologi: ilmu yg mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial mis:antara ekonomi-agama,keluarga- moral Bisnis: Kegiatan kerjasama antar individu untuk mencapai tujuan yang diinginkan (pemenuhan kebutuhan )

3 FOKUS AWAL : - Kelelahan - Kebosanan - Faktor sosialisasi yang menghambat kondisi Kerja Stephen P Robbins : Latihan,Pengawasan,Tipe Kepemimpinan,Kebutuhan Motivasi,Penilaian Sikap dan Perilaku.etc

4  sosiologi mempelajari manusia dalam hubungannya dengan sesamanya, interaksi sosial, status sosial, stratifikasi sosial, dan perubahan sosial.  konsep-konsep administrasi niaga dikenal dinamika kelompok, teori organisasi formal, birokrasi, wewenang, komunikasi, kekuasaan dan konflik yang kesemuanya merupakan input yang berharga dari konsep-konsep sosiologi

5  Sosiologi Bisnis Persaingan Bisnis  Persaingan tersebut bertujuan untuk memilih atau melakukan seleksi dalam bermasyarakat  Solusi Kerjasama

6  etika bisnis menjadi perhatian penting dalam terciptanya keseimbangan ekonomi dalam suatu masyarakat.  berkaitan dengan pembagian resources (sumber daya) yang terbatas secara proporsional, juga berkaitan dengan implikasi sosiologis bagi kelangsungan tatanan sosial (social order)

7  Suatu tatanan sosial yang memiliki nilai, norma, peran, status, pranata, dan struktur yang berlembaga akan hancur manakala salah satu etika (yaitu etika berkompetisi dalam meraih kekayaan) terabaikan.

8  Talcott Parson (dalam Johnson, 1939) bahwa masyarakat diibaratkan dengan keseimbangan yang harus mampu bertahan jika keempat elemen sistem sosial tersebut ada di dalam masyarakat, yaitu: (1) adaptation, (2) goal attainment, (3) integration, (4) latent pattern maintenance.

9  Adaptation adalah kemampuan yang dimiliki oleh sistem untuk menjamin apa yang dibutuhkan dari lingkungan serta mendistribusikan sumber- sumber tersebut ke dalam seluruh sistem.  Goal attainment berkaitan dengan masalah pemenuhan tujuan sistem dan penetapan prioritas di antara tujuan-tujuan.  Integration yaitu koordinasi serta kesesuaian bagian-bagian dari system sehingga semuanya fungsional.  Pattern maintenance menunjukkan pada masalah bagaimana menjamin kelangsungan tindakan dalam sistem sesuai dengan aturan norma yang ada.

10  Setiap manusia yang berinteraksi yang memiliki etika sosial akan berusaha memahami pemahaman subjektif orang lain. Komunikasi sosial yang terjadi adalah “komunikasi intersubjektif” sehingga tercapainya suatu kesepakatan, mutual understanding (pemahaman bersama), sisi mana yang bisa diterima oleh orang lain dan sisi mana yang dianggap terlarang (tabu) bagi kedua belah pihak  Pemaksaan Makna Konflik  Konflik Tindakan Kekerasan

11  Konsep-konsep ini di dalam perkembangan teori perniagaan dikembangkan oleh Elton Mayo, Mary Parker, dan Barnard. Dimana dikatakan bahwa organisasi atau perusahaan adalah suatu system aktivitas kooperatif antara dua orang atau lebih. Dengan demikian perlu dipelajari tentang individu, baik aspek psikologis maupun sosialnya, hakikat system kooperatif dan dinamika antara individu dan organisasi. Proses kerjasama juga diwarnai oleh latar belakang status sosial serta keadaan lingkungan ( environment ) individu atau manusia dan hal tersebut menjadi konseptualisasi dalam bidang perniagaan


Download ppt "Sosiologi: ilmu yg mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial mis:antara ekonomi-agama,keluarga- moral Bisnis: Kegiatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google