Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATA PELAJARAN :TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIT KERJA :SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR KELAS /SEMESTER :X / 1 TAHUN PELAJARAN :2013/2014 PERTEMUAN:1 DIGUNAKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATA PELAJARAN :TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIT KERJA :SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR KELAS /SEMESTER :X / 1 TAHUN PELAJARAN :2013/2014 PERTEMUAN:1 DIGUNAKAN."— Transcript presentasi:

1 MATA PELAJARAN :TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIT KERJA :SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR KELAS /SEMESTER :X / 1 TAHUN PELAJARAN :2013/2014 PERTEMUAN:1 DIGUNAKAN UNTUK KALANGAN INTERNAL SEKOLAH

2 Standar Kompetensi: 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar: 2.1.Mendeskripsikan fungsi proses kerja komputer dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Tata Muka  Mengidentifikasi pengertian Teknologi, Informasi, Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Teknologi Komunikasi.  Mendeksripsikan perkembangkan teknologi informasi dan komunikasi sejak jaman prasejarah, sejarah sampai jaman modern.  Mencari informasi dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Menjelaskan proses kerja peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Proses siklus informasi Indikator : Latihan Soal (Uraian) sesuai dengan materi yang disampaikan dalam Tatap Muka Alokasi Waktu: 2 x 45 menit

3 TEKNOLOGI Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani technología (τεχνολογία). ‐ Techne (τέχνη) artinya kerajinan ‐ Logia ( ‐ λογία) artinya studi tentang sesuatu, atau cabang pengetahuan dari suatu disiplin. Maka, Teknologi dapat diartikan sebagai alat bantu yang bertujuan untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari secara efektif dan efisien.

4 Perkembangan Teknologi (Jaman Prasejarah, Sejarah sampai jaman modern)

5 Menurut sejarahnya, ada dua titik waktu yang sangat penting dalam perkembangan teknologi menurut A. Gehlen (Man in the Age of Technology), yaitu:  Revolusi Neolitik: dari hidup mengembara dan berburu ke keadaan hidup menetap dengan mengembangkan pertanian dan pemeliharaan hewan.  Revolusi Industri: berkembangnya kebudayaan mesin yang memenuhi kebutuhan manusia dan mengubah tatanan hidupnya.

6

7 DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI TEKNOLOGI

8 Explorasi Bumi Explorasi Luar Angkasa Prasarana Transportasi Sarana Transportasi Alat Kebutuhan Sandang

9 Aspek Sosial Aspek PendidikanAspek Kesehatan

10 Polusi KendaraanPolusi Industri Limbah Elektronik Sampah Luar Angkasa

11 Aspek Sosial Aspek Pendidikan Aspek Lingkungan/Sosial Aspek Individu

12

13

14

15

16

17

18

19 Sinetron dan Plagiarisme Sinetron yang mendominasi layar kaca di Indonesia sebenarnya merupakan adaptasi dari berbagai tayangan drama yang populer di negeri asalnya seperti Korea, Jepang, Taiwan, dan sebagainya.

20 CONTOH POSTER HASIL PLAGIAT

21 PLESETAN

22 Indikator Pencapaian Materi Pertanyaan 1.Jelaskan masing-masing 5 dampak positif dari teknologi telekomunikasi 2.Jelaskan masing-masing 5 dampak negatif dari teknologi telekomunikasi 3.Jelaskan 5 hal yang termasuk ke dalam kelompok sebagai tindakan plagiasme. 4.Jelaskan 5 hal yang tidak termasuk ke dalam kelompk plagisasme Tata cara mengerjakan. 1.Bentuk kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 orang. 2.Kerjakan dikertas selembar 3.Identifikasi pertanyaan yang diberikan sebanyak mungkin. 4.Presentasikan hasilnya didepan kelas. Waktu presentasi maksimal 5 menit untuk masing-masing kelompok. 5.Mengumpulkan hasil kajian dan analisa kerja kelompok.

23 PENGERTIAN KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

24 KOMUNIKASI Bahasa latin Communicatus : berbagi atau menjadi milik bersama Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia : Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami. TEKNOLOGI KOMUNIKASI merupakan teknologi yang berhubungan dengan segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.

25 Perkembangan KOMUNIKASI jaman Permulaan  Periode Sebelum 3000 SM  Periode 3000 SM  Periode 2900 SM  Periode 500 SM  Periode 105 M

26 Dapat disimpulkan, komunikasi mencakup : 1.Menulis dan berbicara (ekspresi, bahasa, dan sikap tubuh) 2.Penggunaan Gambar (lukisan, foto, video, film, dsb). 3.Media elektronik (telepon, telegraf, radio, satelit).

27 Menurut Nordenstreng dan Varis (1973), ada empat titik yang utama dalam sejarah komunikasi kemanusiaan, yaitu: 1.Ditemukannya bahasa 2.Berkembangnya seni tulisan 3.Berkembangnya menggunakan alat pencetak 4.Lahirnya komunikasi elektronik.

28 ALAT KOMUNIKASI JAMAN DAHULU 1.Beduk = untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu. 2.Asap = biasa digunakan oleh suku Indian untuk mengirim pesan rahasia. 3.Merpati Pos = untuk menyampaikan pesan- pesan jarak jauh. 4.Kentongan = alat peringatan bagi warga bila terjadi sesuatu atau mengumpulkan warga. 5.Daun lontar = kegiatan komunikasi dengan menggunakan bahasa tulis pada media seperti tulang hewan, prasasti, dan daun lontar.

29 1.Telepon 2.Koran 3.Televisi 4.Faksimil 5.Radio (1800-an) 6.Internet 7.Telegraf (1837) 8.Radio Amatur 9.Pager 10.Telepon satelit ALAT KOMUNIKASI JAMAN MODERN

30 PENGERTIAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

31 INFORMASI  INFORMASI adalah suatu data yang dikumpulkan untuk mengambil suatu keputusan;  DATA merupakan fakta yang masih mentah, belum mempunyai makna yang sempurna, sehingga diperlukan pengolahan dan pemrosesan untuk mendapatkan informasi yang akurat. TEKNOLOGI INFORMASI adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

32 PENCARIAN INFORMASI Observasi (pengamatan) Angket Searching dan browsing di internet

33 INPUT OUTPUT STORAGE PROCESS (CPU) IO Siklus Informasi

34 KISI – KISI ULANGAN  Pengertian Teknologi, Informasi, dan Komunikasi  Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi  Pengertian dan Perbedaan antara Data dan Informasi  Pengertian Input, Proses, dan Output  Sejarah Komunikasi Manusia menurut Nordenstreng dan Varis  Perkembangan Teknologi menurut A. Gehlen  Cakupan Komunikasi  Periodesasi Komunikasi  Proses siklus informasi  Proses kerja alat telekomunikasi (telepon, radio, internet)

35 SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Buku  Osdirwan Osman, Drs., M,Si, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X, KTSP 2006, Penerbit Arya Duta, halaman 52, Tahun 2007  Fairus N.H., Mahir Menggunakan TIK dan Microsoft Word 2003 Kelas X, KTSP 2006, Penerbit Ganeca Exact, halaman 17, tahun  Lembar Kerja Siswa Internet   Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Darma Palembang   Wikipedia Bahasa Indonesia  kamusbahasaindonesia.org     id.berita.yahoo.com/foto/durasi-dark-knight-rises-paling-panjang-foto html  Media Pembelajaran Media Presentasi “Teknologi Informasi dan komunikasi” buatan sendiri (R. Agung Dwi Haryuna, S.Pd) Alat Komputer/Laptop, LCD Proyektor


Download ppt "MATA PELAJARAN :TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIT KERJA :SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR KELAS /SEMESTER :X / 1 TAHUN PELAJARAN :2013/2014 PERTEMUAN:1 DIGUNAKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google