">

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERATOR Variable merupakan penampung sebuah data dan memiliki sifat datanya dapat berubah-ubah. Aturan penamaan Variabel : 1.Diawali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERATOR Variable merupakan penampung sebuah data dan memiliki sifat datanya dapat berubah-ubah. Aturan penamaan Variabel : 1.Diawali."— Transcript presentasi:

1 VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERATOR Variable merupakan penampung sebuah data dan memiliki sifat datanya dapat berubah-ubah. Aturan penamaan Variabel : 1.Diawali dengan tanda $ 2.Nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka dan tanda garis bawah (_) 3. Penamaan variabel pada PHP case sensitive, artinya huruf besar dibedakan dengan huruf kecil. Tidak dibenarkan : 1.Memulai variabel dengan angka. 2.Tidak dibenarkan memberikan nama variabel dengan sesuatu (perintah, dll) yang sudah ada dan memiliki fungsi tertentu. //penamaan variabel berikut benar $nama = “Wildan"; $test123 = “testsaja"; $_TEST = "Testjuga"; $Test123 = "Test“;

2 //penamaan yang salah $1Huruf = "A"; //diawali dengan angka $sw3ar-it = "Again"; //menggunakan karakter "-" $Tom&Jerry = "Kucing"; // menggunakan karakter "&“ $printf=“cetak” //menggunakan perintah yang ada di script php PHP akan secara otomatis mengubah atau memberi tipe data berdasarkan kontek penggunaannya. Contoh : $nama = "Ini tipe String" ; //deklarasi tipe string; $numeric = 123 ; //deklarasi integer $numeric = ; //Sekarang $numeric bertipe float $bollean = true ; // deklarasi tipe Boolean Tipe Data macam tipe data : a. array b. double c. integer d. object e. string

3 Scope variable Scope suatu variable adalah di bagian mana dari program variable itu berlaku atau dinyatakan. Contoh :

4 Konstanta Konstanta mirip dengan variable. Bedanya nilai konstanta tidak pernah berubah sejak dideklarasikan. Untuk mendeklarasikan konstanta digunakan fungsi define(). Sintak : define("nama_konstanta",nilai); Contoh :

5 Operator Operator digunakan untuk melakukan suatu operasi. 1. Operator Aritmetika OperatorPenggunaanContoh +Penjumlahan$a+$b -Pengurangan$a-$b *Perkalian$a*$b /Pembagian$a/$b %Modulus$a%$b

6 2. Operator Assignment Operator ini digunakan untuk memberikan/mendefinisikan nilai ke sebuah variable. 3. Operator Bitwise Operator ini digunakan untuk operasi-operasi bilangan biner.

7 4. Operator Perbandingan Operator ini digunakan untuk melakukan suatu operasi perbandingan dan biasanya diletakkan di struktur kontrol program seperti if, elseif.

8 5. Operator Logika Operator ini digunakan untuk melakukan suatu operasi logika. 6. Operator Increment dan Decrement Operator ini diadopsi dari bahasa C++. Digunakan untuk menambahkan atau mengurangi nilai suatu variable.

9 Contoh : $b = 10 ; $a = ++$b ; // $a = 11 dan $b = 11 $a = --$b ; // $a = 10 dan $b = 10 $a = $b++ ; // $a = 10 dan $b = 11 $a = $b-- ; // $a = 11 dan $b=10 Variabel1.php:

10 Variabel2.php

11 Operator1.php


Download ppt "VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERATOR Variable merupakan penampung sebuah data dan memiliki sifat datanya dapat berubah-ubah. Aturan penamaan Variabel : 1.Diawali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google