Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teori-teori KEPRIBADIAN Fakultas Psikologi Universitas Indonesia 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teori-teori KEPRIBADIAN Fakultas Psikologi Universitas Indonesia 2014."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teori-teori KEPRIBADIAN Fakultas Psikologi Universitas Indonesia 2014

2 Kenali Diri Anda Tuliskan 5 ciri kepribadian yang paling menonjol pada diri Anda (menurut pandangan Anda). Tanyakan kepada teman di sebelah Anda mengenai 5 ciri kepribadian yang menonjol pada diri Anda. Amati persamaan dan perbedaannya.

3 Menurut Anda, Apakah Kepribadian itu? Diskusi Kelas (kira-kira 5-10 menit)

4 Mahasiswa menyebutkan definisi mereka ttg ‘kepribadian’ dan dosen menuliskan kata-kata kuncinya di papan putih. (akan dilihat apakah terdapat kesamaan dng definisi Feist&Feist dan definisi Allport)

5 Apa itu kepribadian? Para psikolog berbeda pendapat tentang arti kepribadian. Mereka umumnya sepakat bahwa “personality” berasal dari kata persona (bahasa Latin) yaitu topeng yang digunakan dalam drama untuk menunjukkan peran tertentu atau penampilan yang bukan sebenarnya

6 Walaupun tidak terdapat definisi tunggal tentang kepribadian, tapi kepribadian dapat dilihat sebagai: Pola sifat-sifat dan ciri-ciri unik yang relatif menetap, yang memberikan konsistensi dan individualitas pada tingkah laku seseorang. (Feist & Feist, 2009)

7 Trait Berkontribusi terhadap perbedaan individual dalam tingkah laku, konsistensi tingkah laku sepanjang waktu, dan stabilitas tingkah laku dlm berbagai situasi. Trait bisa merupakan sesuatu yang unik, dimiliki suatu kelompok, atau berlaku umum, tetapi pola-polanya tetap unik pada masing-masing individu.

8 Ciri-ciri (characteristics) Kualitas-kualitas unik dari individu yang mencakup temperamen, fisik dan inteligensi.

9 Apakah yang disebut TEORI ?

10 Penjelasan tentang Teori 1.Terdiri dari satu set asumsi (bukan hanya satu asumsi tunggal) 2.Terdiri dari asumsi-asumsi yang saling terkait secara sistematis 3.Berupa asumsi-asumsi, bukan fakta yang validitasnya telah ditegakkan secara absolut 4.Menggunakan penalaran deduktif yang logis untuk menghasilkan hipotesis

11 5. Melahirkan sejumlah hipotesis yg dapat diuji (testable)

12 Teori A scientific theory is a set of related assumptions that allows scientists to use logical deductive reasoning to formulate testable hypotheses (Feist & Feist, 2013, p.5)

13 Walaupun berkaitan, Teori haruslah dibedakan dari : Filsafat, Spekulasi, Hipotesa, dan Taksonomi. Mhs membahas dengan teman sebaris 1 konsep diatas dan kemudian menjelaskannya kepada seluruh kelas (sukarela atau ditunjuk dosen). Jadi harus ada minimal 4 kelompok dalam kelas. Waktu membaca: 5 menit. Waktu diskusi: 5 menit.

14 How to delete this empty slide ?? OMG

15 Beragam Teori Kepribadian (a) Terdapat banyak teori tentang kepribadian karena terdapat berbagai pandangan dasar tentang manusia. Pengumpulan data dilakukan secara objektif, namun jenis data dan cara interpretasi data bersifat individual/pribadi. Setiap teori kepribadian merupakan cerminan latar belakang pribadi, filsafat hidup dan cara pandang terhadap dunia dari teoretikus yang mengembangkan teori tersebut.

16 Beragam Teori Kepribadian (b) Untuk memahami teori kepribadian tertentu, kita perlu mengetahui latar belakang ahli, serta kondisi sosial dan waktu/era/zaman saat teori tersebut dikembangkan. Manfaat (usefulness ) dari beragam teori kepribadian dievaluasi berdasarkan kriteria-kriteria objektif.

17 Untuk memahami setiap teori kepribadian dng mendalam, kita perlu mengenali seluruh latar belakang teoretikus bersangkutan (teori sebagai ‘proses’). Dalam memilih teori tertentu janganlah berpedoman pada perasaan suka-tidak anda pribadi/secara subjektif (penilaian teori sebagai ‘produk’ terlepas dari latar belakang teoretikus).

18 What Makes a Theory Useful ? Anda sekarang diminta membaca sendiri satu kriteria ‘teori yang bemanfaat’ (kelas dibagi dalam 6 kelompok) dalam 3 menit DAN membahasnya dengan teman-teman satu deret dng anda selama 6 menit ! Setelah itu perwakilan kelompok anda diminta untuk menjelaskan isi atau unsur2 terpenting kriteria tersebut kepada seluruh kelas.

19 Kelompok-kelompok lain diharapkan MENYIMAK – MENANGGAPI – MENGAJUKAN PERTANYAAN !

20 Kriteria Penilaian “Teori yg Bermanfaat” Merangsang munculnya penelitian Falsifiable Mengorganisasikan data Mengarahkan tindakan Internally Consistent Parsimonious

21 Perhatikan ‘Figure 1.1’ (F&F, p9) : Teori – Hipotesa – Riset – Data Riset – Teori. Teori memberikan Arti/Tafsir/ Interpretasi pada Data Riset. Data Riset memberikan bentuk baru/ struktur baru pada Teori.

22 Diskusi Kelompok (ini instruksi tahun lalu) Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang (menjadi 12 kelompok utk 6 kriteria) Setiap kelompok membahas SATU kriteria penilaian teori (F&F, p.9-11) Gunakan satu atau dua contoh teori Waktu diskusi: 7-10 menit Presentasi per kelompok : 5 menit/kriteria.

23 Dimensions for a Concept of Humanity (dimensi-dimensi dalam teori-teori kepribadian dalam merumuskan Konsep Kemanusiaan)

24 Determinism vs Free Choice Pessimism vs Optimism Causality vs Teleology Conscious vs Unconscious Biological vs Social Uniqueness vs Similarities

25 Anda sekarang diminta membaca sendiri penjelasan pembuka (F&F, p12) dan satu dimensi teori kepribadian (kelas dibagi dalam 6 kelompok) serta penutup (mulai dng “These and other basic issues….”) dalam 3 menit DAN membahasnya dengan teman-teman satu deret dng anda selama 6 menit !

26 Setelah itu perwakilan kelompok anda diminta untuk menjelaskan isi atau unsur2 terpenting kriteria tersebut kepada seluruh kelas. Kelompok-kelompok lain diharapkan MENYIMAK – MENANGGAPI – MENGAJUKAN PERTANYAAN !

27 Penelitian/Riset dalam Teori Kepribadian Sebagai mahasiswa Psikologi anda amat diharapkan membuat/membiasakan diri melakukan ‘penelitian kepribadian’ yaitu mengobservasi dan bila memungkinan mewawancarai teman-teman kelas ini atau teman-teman kelas lain maupun orang-orang lain Manfaat: mengasah dan memperdalam pengetahuan mengenai teori kepribadian.

28 Dalam melakukan penelitian Teori Kepribadian, para teoretikus melakukan hal yang pada dasarnya sama. Para teoretikus melakukannya dengan lebih sistematis sehingga prediksi yg dibuat akan tepat dan konsisten.

29 Untuk meningkatkan kemampuan melakukan prediksi, para psikolog kepribadian mengembangkan teknik-teknik asesmen, diantaranya adalah inventori. Alat-alat penelitian ini haruslah memiliki sejumlah syarat ilmiah, yaitu :  Reliability Construct Validity (convergent, divergent, discriminant) Predictive Validity

30 Minggu depan 5 kelompok mahasiswa akan bergantian mempresentasikan 5 Kelompok Teori Kepribadian (memuat ringkasan ‘Overview’ dan ‘Concept of Humanity’ dari teori-teori dalam kelompok tersebut. Diikuti dengan Presentasi mahasiswa tentang teori kepribadian S.Freud (F&F, p )

31 Minggu berikutnya kelompok presentasi 2 akan mempresentasikan S.Freud (F&F, p.41-67). Dan seterusnya : tiap pertemuan kuliah akan diawali dengan menit presentasi mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan kuliah dosen dan tanya- jawab.

32 SYARAT UMUM UNTUK BERHASIL DALAM KULIAH PSIKOLOGI KEPRIBADIAN : MEMBACA dan BELAJAR buku Feist&Feist, 8 th ed. Berdiskusi dengan teman-teman yang juga mengambil matakuliah ini. Mengamati dan Menganalisis diri sendiri maupun teman-teman/kenalan-kenalan anda (artinya : mengasah kepekaan psikologis anda).


Download ppt "Pengantar Teori-teori KEPRIBADIAN Fakultas Psikologi Universitas Indonesia 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google