Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Investasi Asing Langsung Created By : Rini Aprilia, M.Sc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Investasi Asing Langsung Created By : Rini Aprilia, M.Sc."— Transcript presentasi:

1 Investasi Asing Langsung Created By : Rini Aprilia, M.Sc

2 Kenapa Perusahaan Go-Internasional? Jawabannya adalah karena ketidaksempurnaan pasar, yg berasal dr teori organisasi indstri. Menurut teori tersebut, perusahaan multinasional muncul karena ingin memanfaatkan ketidaksempurnaan pasar. Jika pasar sempurna, maka investasi secara tdk langsung (melalui surat berharga) merupakan alternatif paling baik. Investasi scra lgsng melibatkan risiko dan biaya yg ckup besar, sehingga hnya apabla keuntungan yg tggi akan diperoleh, maka investasi scra lgsng layak diberikan.

3 Contoh: Tingkat upah tenaga kerja yg berbedasatu sama lain. Berbagai peraturan ditetapkan oleh berbagai negara untuk menarik investor asing. Misal, negara membebaskan pajak beberapa tahun awal agar investor tertarik menanamkan danany dinegara trsbt.

4 Teori yg berkaitan dgn ketidaksempurnaan pasar Teori Aset tidak terlihat (Intangible Asset) Kenapa multinasional masih bisa bersaing dengan perusahaan lokal? Karena multinasional company memiliki daya saing seperti iklan dan riset dan pengembangan. Dua sumber tersebut merupakan aset tidak terlihat, yang kemudian menjadi sumber daya saing perusahaan multinasiona. Aset tdk kelihatan seperti: trademark, paten, keahlian riset, keahlian pemasaran, dan keahlian manajemen.

5 Ketidaksempurnaan Pasar Keuangan Ketidaksempurnaan pasar keuangan merupakan alternatif lain yg bisa mnjlskan knp MNC muncul. Hal trsbt karena: 1. MNC mempunyai jaringan yang luas sehingga bisa memanfaatkan sumber dana yg menguntungkan di bagian dunia yg tersebar. 2. MNC bisa memanfaatkan asimetri pajak antar negara, misal melalui proses transfer pricing. Keunggulan semacam itu membuat perusahaan multinasional mampu meningkatkan nilainya. MNC mampu melakukan diversifikasi internasional dgn beroperasi di bbrp negara. Spnjg korelasi antar aliran kas antar negara tidak sempurna searah (+1), sehinga risiko bisa berkurg.

6 Motif Strategis MNC berkembang untuk memanfaatkan ketidaksempurnaan seperti tenaga kerja, perdagangan internasional, bahan baku, pasar produk, pengetahuan dan keamanan politik. Biaya Murah, motif menurunkan biaya merupakan motif yg jelas dan langsung. Perusahaan multinasional tdk hanya memfokuskan pada satu input saja untuk menurunkan biaya produksi, tetapi memfokuskan pada beberapa input sekaligus dan keterkaitanya untuk mencapai efisiensi produksi.

7 Investasi Defensif Product Life Cycle (PLC). Menurut teori ini, kehadiran MNC di pasar luar negri merupakan kosekuensi logis dari perkembangan suatu produk, diciptakan, berkembang, dan kemudian mati. Kehadiran perusahaan keluar negeri didorong oleh strategi defensif, yaitu untuk menjaga keuntungannya. Pd wktu produk mencapai tahap kedewasaan, dan persaingan harga semakin tggi, perusahaan melakukan intervensi langsung ke luar negri. Teori tersebut juga memprediksikan bahwa negara yg melakukan investasi langsung ke luar negri pada akhirnya menjadi pengimpor barang yg dihasilkan tersebut.

8 Mengikuti pimpinan Menurut teori ini, jika suatu perusahaan melakukan investasi langsung di luar negri, perusahaan pesaing akan merasa terancam. Karena itu perusahaan pesaing akan ikut melakukan investasi langsung ke luar negri. Dengan cara semacam itu perusahaan pesaing akan paling tidak memperthankan daya saing perusahaannya dibandingkan perusahaan pertama.

9 Sumber kekuatan daya saing Skala dan Cakupan Ekonomi Sbgai cnth: dgn  produksi   biaya/ unit = efisien. Dlm bidang pemasaran: jringan yg besar dgn skala iklan yg luas akan memperkecil biaya pemasaran per unit. Skala ekonomi dapat mengacu pada sinergi antar produk. Cth: perusahaan yg mmproduksi barang yg berkaitan sprt tas sepatu, dan pakaian, bisa menggunakan jaringan distribusi yg sma. Karena konsumen dari ketga jenis produk trsbt homogen (sama)

10 Macam-macam sumber kekuatan daya saing Skala dan Cakupan Ekonomi Keahlian Pemasaran dan Manajerial Teknologi dan Inovasi Kekuatan Keuangan Persaingan Dalam Negri

11 Mode Investasi Joint Venture Penggabungan usaha dgn perusahaan asing yg ada Lisensi Kontrak manajemen

12 Joint venture Kerjasama antara MNC dgn perusahaan lokal mempunyai kelebihan dan kelemahan sbb: Kelebihan: partner lokal mengerti kondisi lbh baik. Perusahaan lokal bisa memasok kebutuhan tenaga kerja manajemen, khususnya mnjemen tgkat menegah Negara lokal biasanya lebih menyukai bentuk kerjasama dibandingkan anak perusahaan yg 100% dimiliki oleh MNC Kerjasama trsbt akan meningkatkan reputasi MNC di mata investor lokal, dan komunikasi bisnis pd umunya

13 Joint venture Kelemahan: risiko politik akan meningkat. Partner yg mmpunyai koneksi politik akan brmanfaat jika penguasa yg terkait msh mmgang kekuasaan dan sebaliknya. MNC dan partner lokal bisa terlibat dlm pertikaian pembagian keuntungan atau kebijakan perusahaan lainya. Kebijakan penentuan harga internal (transfer pricing) bs menimbulkan konflik kepentingan Mnentukan sumbangan (nilai saham) yg tepat untuk partner lokal tdk mudah.

14 Akusisi & pengabungan Usaha Keuntunngan: Alternatif yg cepat untuk memasuki pasar Bisa merupakan alternatif yg murah u/ menguasai teknoligi dibandingkan dgn mengembangkan scra internal Bs merupakan altrnatif murah u/ memasuki psr, khususnya jika nilai mata uang ngra yg dituju menunjukkan depresiasi.

15 Akusisi & pengabungan Usaha Kelemahan: Perbedaan budaya, nilai, dan kebiasaan dari 2 negara yg berbda akan mnybbkan kesulitan mlakukan pnggbungn dgn lncar. Harga pembelian bisa menjadi mahal Bs merupakan altrnatif murah u/ memasuki psr, khususnya jika nilai mata uang ngra yg dituju menunjukkan depresiasi. Rekasi masyarakat di negara lokal barangkali tdk mndukung akuisisi o/ perusahaan asing Kebijakan internal prusahaan lokal bisa berbda dgn kebijakan internal MNC, yg mengakibatkan kesulitan dlm penggbungan usaha.

16 Lisensi dan Kontrak Manajemen Lisensi dilakukan dgn memberi hak kpd perusahaan lokal u/ memproduksi produk tertentu sesuai dgn kontrak lisensi. Kelemahan: Fee akan cenderung lbh rendah dibandingkn kalau MNC mndirikan cbng scara lgnsng. Pengendalian kualitas bs mnjd mslh krn prusahaan tdk mmpunyai kndali spnuhnya atas operasi persuahaan lokal. Perusahaan lokal bs mncuri teknologi dari lisensi, & kemudian menjadi pesaing perusahaan MNC Perusahaan lokal mghasilkan perbaikan pada produk, & kemudian mengekspor brng trsbt ke ngra prusahaan asal

17 Lisensi dan Kontrak Manajemen Kelebihan: eksposure politik bs diminimalkan krn perusahaan tdk mmpunyai investasi yg signifikan di psar lokal Keuntungan relatif (misal ROI) bisa tggi, krn investasi yg diperlukan tdk signifikan,


Download ppt "Investasi Asing Langsung Created By : Rini Aprilia, M.Sc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google