Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Jelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Jelaskan."— Transcript presentasi:

1 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Jelaskan oleh sdr. Mengapa di zaman kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya dapat dikatakan bahwa kita sudah disebut sebagai ‘ bangsa Indonesia’

2 2. Nasionalisme Indonesia pada zaman pra kemerdekaan dipengaruhi oleh kecenderungan internasional, jelaskan mengenai hal tersebut. 3.Dalam diskusi di BPUPKI terdapat 2 poros besar mengenai bentuk dasar negara, yakni: berdasarkan Islam dan urusan negara dipisahkan dari urusan agama. Jelaskan bentuk dasar negara berdasarkan 2 poros tersebut.

3 4.jelaskan oleh sdr latar belakang di keluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959

4 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (malam) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Pada zaman kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya, nilai-nilai Pancasila sudah ada. Jelaskan mengenai hal tersebut.

5 2. Kemerdekaan Indonesia sebetulnya ‘sudah dinyatakan’ pada saat Kongres Pemuda 28 Oktober Mengapa dapat dikatakan demikan? Jelaskan. 3. PPKI dalam pelaksanaan tugas-tugasnya ternyata telah berubah menjadi Badan Pembentuk Negara RI dan badan yang meletakkan landasan dasar pokok negara Jelaskan mengenai hal ini.

6 4.Jelaskan oleh sdr. bahwa pemerintah pada tahun 1959 telah meyakini keberadaan ‘Piagam Jakarta’

7

8 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Kemerosotan nilai-nilai toleransi dalam masyarakat semakin terlihat dalam bentuk konflik antar warga masyarakat. Jelaskan/uraikan pendapat sdr. dan berikan contohnya mengenai solusinya dari aspek Pemerintah Daerah, masyarakat dan keluarga. Apakah faktor kemiskinan dan kebodohan dapat menjadi penyebab terjadinya kemerosotan tersebut?. Jelaskan

9 2. Pada masa kerajaan nusantara, perlawanan terhadap kekuatan asing (Portugis, Belanda, dll) masih bersifat lokal, tidak terorganisir. Motiv lainnya seperti karena berkurangnya kekuasaan penguasa lokal atau penindasan yang sangat berat. Jelaskan oleh sdr. mengapa faktor persatuan (Indonesia) dalam suatu perjuangan menjadi penting dalam upaya meraih tujuan? Dan bagaimana upaya sdr. untuk mewujudkan persatuan Indonesia?

10 3. Faktanya, pada masa perjuangan di BPUPK (Indonesia) terjadi penggolongan pergerakan, yakni golongan Islam dan golongan Kebangsaan. Jelaskan fakta tersebut oleh sdr. mengenai objek/ materi apa yang diperjuangkan oleh masing-masing golongan tersebut (konsep kenegaraan untuk Indonesia merdeka). Sdr kirim CD copy materi kuliah 1-9 mk Pancasila ke rumah saya besok sabtu tgl 24 Nop 2012 Pkl s.d Masukkan saja lewat cendela depan rumah. Bisa kirim lewat pada tgl dan jam tsb.

11 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata kuliah Pancasila (Malam) Waktu : Kamis, 24 Nopember Hancurnya nilai-nilai demokrasi dalam masyarakat kita antara lain disebabkan rendahnya hubungan politik masyarakat dengan wakilnya di parlemen (di DPR/ DPRD). Jelaskan secara terurai serta berikan contohnya mengenai hal tersebut.

12 2. Apakah makna Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 terhadap pengakuan adanya; bangsa – tanah air – bahasa yang satu yakni Indonesia?. Berikan contohnya tentang makna pengakuan sebagai kesatuan bangsa, kesatuan tanah air, dan kesatuan bahasa.

13 3. Konsep dasar negara ‘Pancasila’ adalah hasil pemikiran para pendiri bangsa yang duduk di BPUPK (Indonesia). Konsep tersebut bukanlah hasil permikiran diri sendiri tetapi merupakan akumulasi (penggabungan) dari membaca, mempelajari berbagai konsep dasar negara di berbagai negara. Jelaskan konsep apa saja yang dimaksudkan sebagai hasil akumulasi tersebut. Materi MK 1-7 copy dlm cd, serahkan kepada dosen pengampu besok tgl 24 nop 2012 pkl 9 s,d di rmh dosen pengampu jl.Pangeran jinul 652 rejosari

14 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : Senin, 17 November 2014 _____________________________ 1. Jelaskan oleh Saudara mengenai ideologi PKI yang bersumber dari ajaran Karl Marx seperti prinsip dasar, metode gerakan, dll yang diperlukan. Bandingkan dengan sila ke empat dari Pancasila yang dikaitkan dengan tujuan negara maupun UUD NRI mnt.

15 2. Pada pelaksanaan pemerintahan Orde Baru, dikenal istilah 8 jalur pemerataan. Menurut pengamatan Saudara, bagaimana wujud 8 jalur pemerataan tersebut di orde Reformasi. Jelaskan, uraikan, contohkan. 15 mnt.

16 3. Bagaimana pandangan Saudara tentang Demokrasi Terpimpin ? Serta pandangan Saudara mengenai ‘perebutan ideologi’ di majelis Konstituante ?. Jelaskan, uraikan alasan Saudara. 15 mnt. IMANUEL KANT: SAFERE AUDE ! (BERANI BERFIKIR SENDIRI)

17 Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah : Pancasila (Malam) Waktu : Senin, 17 November 2014 __________________________ 1. Bandingkan (Jelaskan dan uraikan) mengenai hak milik menurut paham komunis dengan paham (ideologi) Pancasila. Mengapa paham Komunis (di China) masih sukses bertahan di tengah gencarnya ideologi Kapitalis yang bersumber dari Liberalisme ?.15 mnt. IMANUEL KANT: SAFERE AUDE ! BERANILAH BERFIKIR SENDIRI.

18 2. Jelaskan pandangan Saudara mengenai sisi positip dan sisi negatip dari pelaksanaan pemerintahan Presiden Soeharto. Dan apa yang Saudara rasakan mengenai situasi – keadaan pelaksanaan pemerintahan pada orde Reformasi dilihat dari segi pencapaian tujuan negara ? 15 mnt. RENE DECRATES: COGITO ERGO SUM ! AKU (MANUSIA) ADA KARENA BERFIKIR

19 3. Nasionalis Islami gagal ‘mengideologikan Islam’ dalam memperjuangkan ideologi tersebut di majelis Konstituante. Bagaimana pandangan Saudara tentang hal ini ?. Bagaimana kompromi ideologi dari berbagai golongan tersebut sehingga tidak terjadi perpecahan dan tetap dalam NKRI ? Jelaskan, uraikan alasan Saudara. 15 MNT. CICERO: UBI SOCIETAS IBI IUS ! DI MANA ADA MASYARAKAT DI SITU ADA HUKUM


Download ppt "Ujian Tengah Semester (UTS) STIH Muhammadiyah Kotabumi Mata Kuliah Pancasila (siang) Waktu : SENIN, 17 Nopember 2014 _____________________________ 1. Jelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google