Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembuatan Class Praktikum 6 Pemrograman Berbasis Obyek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembuatan Class Praktikum 6 Pemrograman Berbasis Obyek."— Transcript presentasi:

1 Pembuatan Class Praktikum 6 Pemrograman Berbasis Obyek

2 Prak 1: Membuat class Account Membuat class Account dalam suatu package. Deskripsi: Membuat sebuah class yang bernama Account TestBanking.java digunakan untuk mengecek class Account. TestBanking akan membuat satu account baru, menginisialisasi balance dan melakukan beberapa transaksi.

3 Membuat class Account

4 Petunjuk Buatlah sebuah class bernama Account pada file Account.java. Class Account harus mengimplementasikan diagram UML pada gambar: Mendeklarasikan satu atribut yang bertipe private dengan nama balance; atribut ini menyimpan nilai saldo saat ini. Mendeklarasikan satu konstruktor dengan satu parameter yaitu init_balance; konstruktor ini bertujuan untuk menginisialisasi balance.

5 Mendeklarasikan public method yang bernama getBalance; method ini digunakan untuk mendapatkan nilai balance saat ini. Mendeklarasikan public method yang bernama deposit; method ini digunakan untuk menambahkan jumlah balance sebanyak jumlah yang ada pada parameter. Mendeklarasikan public method yang bernama withdraw; method ini digunakan untuk mengurangi jumlah balance sebanyak jumlah yang ada pada parameter.

6 TestBanking.java, digunakan untuk mengecek pembuatan class Account

7 Hasil yang diharapkan 1.Gunakan commad berikut untuk melakukan kompile: javac TestBanking.java Dengan perintah ini maka Account.java akan secara otomatis dikompile. 3. Jalankan TestBanking dengan command berikut: java TestBanking Jika program benar, maka akan muncul hasil sebagai berikut:

8 Prak 2: Menambahkan class Customer. Tujuan Melanjutkan prak.1 dengan menambahkan satu class yaitu Customer. Dalam kasus ini diasumsikan satu customer pasti memiliki satu Account.

9 Prak 2: Membuat account untuk customer 1

10 Petunjuk Buat class Customer Class Customer harus mengimplementasikan diagram UML : Mendeklarasikan 3 buah atribut yang bertipe private, yaitu: firstName, lastName, dan account. Mendeklarasikan satu konstruktor yang bertipe public dengan 2 parameter (f dan l) yang menginisialisasi atribut. Mendeklarasikan 2 buah method untuk mendapatkan nilai atribut: getFirstName dan getLastName. Mendeklarasikan method setAccount untuk memberi nilai pada atribut account. Mendeklarasikan method getAccount untuk mendapatkan nilai pada atribut account.

11 Buat TestBanking.java berikut untuk mengecek program

12 Hasil yang diharapkan:


Download ppt "Pembuatan Class Praktikum 6 Pemrograman Berbasis Obyek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google