Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OVERVIEW PASAR MODAL SYARIAH. PENDAHULUAN  PENGERTIAN:  Suatu tempat yang terorganisasi di mana efek- efek/surat berharga jangka panjang diperdagangkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OVERVIEW PASAR MODAL SYARIAH. PENDAHULUAN  PENGERTIAN:  Suatu tempat yang terorganisasi di mana efek- efek/surat berharga jangka panjang diperdagangkan."— Transcript presentasi:

1 OVERVIEW PASAR MODAL SYARIAH

2 PENDAHULUAN  PENGERTIAN:  Suatu tempat yang terorganisasi di mana efek- efek/surat berharga jangka panjang diperdagangkan.  Tempat perdagangannya yang disebut Bursa efek.  Bursa efek (stock exchange) adalah suatu sistem yang terorganisasi yang mempertemukan penjual dan pembeli efek yang dilakukan secara langsung maupun melalui wakil-wakilnya.

3 INSTRUMEN PASAR MODAL  Pasar modal menjual belikan surat-surat berharga (EFEK)  Jenis efek yang umum diperdagangkan di Bursa Efek di Indonesia:  Saham (stocks) : surat bukti kepemilikan pada suatu perseroan terbatas  Obligasi (bonds) : surat bukti utang emiten yang dijamin oleh penanggung yang mengandung janji pembayaran bunga atau janji lainnya serta pelunasan pokok pinjaman yang dilakukan pada tanggal jatuh tempo.  Rights : hak yang diberikan kepada pemegang saham untuk membeli tambahan saham baru yang diterbitan oleh suatu perusahaan.

4 PERKEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH DUNIA  Dow Jones Islamic Market Index (DJIM) adalah bagian dari kelompok index-index global Dow Jones (DJGI) yang meliputi saham-saham dari 34 negara yang di sesuai dengan prinsip syariah.  Kuala Lumpur Syariah Index (KLSI) adalah pasar modal syariah Malaysia yang didirikan oleh pemerintah Malaysia pada tanggal 17 April KLSI ini adalah index rata-rata tertimbang (weigthed-average index) yang terdiri dari sekuritas-sekuritas yang tercatat pada Main Board Kuala Lumpur Composite Index (KLCI) yang telah dilakukan penyaringan secara syariah sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Badan Penasehat Syariah (Syariah Advisory Council/SAC) dari Komisi Sekuritas Malaysia.

5 PERKEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH DUNIA…lanjutan  RHBIMI adalah pasar modal syariah pertama di Malaysia yang diperkenalkan oleh Rashid Hussein group Malaysia pada tanggal 1 Juni RHBIMI ini adalah indek yang berbasis kapitalisasi yang didasarkan pada perusahaan yang listing di Kuala Lumpur Stock Exchange Main Board dan second board. Untuk dapat dimasukkan ke dalam indek maka saham perusahaan tersebut harus lolos dari criteria syariah yang telah ditetapkan oleh pihak RHBIMI.

6 PERKEMBANGAN PASAR MODAL SYARIAH DI INDONESIA  Jakarta Islamic Index (JII) adalah pasar modal syariah pertama Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 1 Januari JII ini adalah indek rata-rata tertimbang (weigthed-average index) yang terdiri dari sekuritas-sekuritas yang tercatat pada Jakarta Stock Exchange (JSX) yang telah dilakukan penyaringan syariah oleh Dewan Syariah Nasional (DSN). JII ini akan selalu terdiri dari 30 sekuritas yang dinilai paling sesuai dengan syariah dari 60 saham yang mempunyai nilai kapitalisasi tertinggi.

7 KRITERIA PENYARINGAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)  Beberapa kriteria tersebut antara lain bahwa perusahaan pengeluar sekuritas :  Aktivitas utama dari perusahaan haruslah merupakan aktivitas yang tidak bertentangan dengan syariah.  Persepsi atau image masyarakat pada perusahaan tersebut adalah baik  Aktifitas utama dari perusahaan adalah penting dan memberikan maslahah kepada umat Islam, negara, dan unsur haram pada perusahaan adalah sangat kecil dan terkait dengan kebiasaan, adat dan hak umat non-Islam yang dapat diterima oleh umat Islam.

8 KRITERIA PENYARINGAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)..lanjutan  Disamping itu, perusahaan pengeluar sekuritas tersebut akan dikeluarkan dari pasar modal jika :  Operasi perusahaan berbasis riba (bunga) seperti perbankan konvensional, perusahaan pembiayaan, dll;  Operasi perusahaan yang tergolong pada aktivitas perjudian  Perusahaan yang menjual produk yang haram seperti minuman keras, daging haram, daging babi, dll;  Operasi perusahaan yang mengandung elemen gharar (ketidakpastian) contohnya asuransi konvensional

9


Download ppt "OVERVIEW PASAR MODAL SYARIAH. PENDAHULUAN  PENGERTIAN:  Suatu tempat yang terorganisasi di mana efek- efek/surat berharga jangka panjang diperdagangkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google