Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FAJAR HIDAYAT, 6301406027 PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FAJAR HIDAYAT, 6301406027 PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP."— Transcript presentasi:

1 FAJAR HIDAYAT, PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP SHOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA EKSTRA KURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMP NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FAJAR HIDAYAT - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - LAVIDA_1987 pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : DRS. MARGONO M.Kes - PEMBIMBING 2 : MOH. SENOADJI K. S.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP SHOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA EKSTRA KURIKULER BOLA BASKET PUTRA SMP NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010

4 Abstrak Permasalahan yang akan penulis teliti adalah : 1) Apakah ada perbedaan efektifitas latihan lay up dari depan antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot?, 2) Manakah pengaruh yang lebih efektif antara lay up bank shot bila dibandingkan dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektifitas antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot. 2) Untuk mengetahui manakah pengaruh yang lebih efektif antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot dari depan terhadap hasil lay up shot dalam permainan bolabasket pada ekstrakulikuler bolabasket putra SMP Negeri 1 Wonosobo tahun ajaran 2009/2010. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Wonosobo yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian setelah diolah menggunakan rumus t-test diperoleh hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 2,1. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 2,1 < ttabel 2,262. Hal ini berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan dilakukan dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 4,13. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 4,13 > ttabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan dengan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan tembakan lay up dari depan dengan lay up bank shot dan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot thitung 2,333. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan 9 diperoleh ttabel 2,262. Sehingga thitung 2,333 > ttabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan tembakan lay up dari depan yang dilakukan dengan menggunakan lay up bank shot dan lay up tanpa bank shot terhadap hasil latihan lay up shot. Mean dari kelompok eksperimen I adalah 5, sedangkan mean dari kelompok eksperimen II adalah 4,3. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan, 1) Ada perbedaan efektifitas latihan lay up dari depan antara lay up bank shot dengan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. 2) Lay up bank shot lebih baik daripada lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil penelitian ini diharapkan kepada pelatih maupun guru ekstrakulikuler bolabasket hendaknya dalam memberikan materi bolabasket tentang lay up dari depan disarankan menggunakan latihan lay up dengan teknik lay up bank shot.

5 Kata Kunci ekstra kurikuler, Bola Basket

6 Referensi A, Sarumpaet, Zulfar Djazet, Bachtiar, Parno, Imam Sodikun Permainan Besar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti Danny Kosasih Fundamental Basket. Semarang. Karangturi Media Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi. Dedy Sumiyarsono Keterampilan Bolabasket. Yogyakarta: FIK UNY. DEPDIKNAS Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Imam Sodikun, Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta : PPLPTK Dirjen Dikti Depdikbud. Jerry V, Krause, Basketball Skill and Drills. Eastern washington University Nuril Ahmadi Permainan Bola Basket. Surakarta : Era Intermedika PB PERBASI Bola Basket Untuk Semua. Jakarta : PERBASI. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian PendekatanPraktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Summitt, Patt Bola Basket untuk Wanita. Terjemahan oleh Bagus Pribadi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sutrisno Hadi Statistik Jilid I - III. Yogyakarta : Andi Offset Metodologi Research Jilid II dan IV. Yogyakarta : Andi Offset Wissel, Hal Bola Basket Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada

7 Terima Kasih


Download ppt "FAJAR HIDAYAT, 6301406027 PERBEDAAN EFEKTIFITAS LATIHAN LAY UP DARI DEPAN MENGGUNAKAN LAY UP BANK SHOT DAN LAY UP TANPA BANK SHOT TERHADAP HASIL LAY UP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google