Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN 10. STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat KOMPETENSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN 10. STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat KOMPETENSI."— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN 10

2 STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat KOMPETENSI DASAR Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu INDIKATOR Menjelaskan pengertian cerita Menjelaskan pengertian cerita rumpang Memberikan contoh sebuah cerita yang padu Memberikan contoh sebuah cerita rumpang Melengkapi cerita rumpang dengan benar

3 MATERI Pengertian Cerita rumpang Pengertian Cerita Contoh cerita padu Contoh cerita rumpang

4 1.Cerita adalah tuturan tentang terjadinya suatu hal/peristiwa 2.Cerita rumpang adalah cerita yang yang belum selesai, karena ada bagian yang dihilangkan. Bagian yang dihilangkan dapat di awal, di tengah, atau di akhir cerita. 3. Contoh cerita padu Kegiatan Keluarga Pak Abas Angga adalah anak yangpandai di kelasnya. Selain rajin, ia juga patuh pada orang tuanya. Ia juga disenangi oleh teman- temannya karena ramah dan tidak sombong. Pak Abas ayah Angga seorang guru SMA di kotanya. Pak Abas memelihara ayam di kebun belakang rumahnya untuk menambah penghasilan. Angga selalu membantu ayahnya memberi makan ayam- ayamdan membersihkan kandang setelah salat Subuh. Sementara Anggi, adiknya, baru duduk di kelas satu. Ia selalu mmenyapu lantai rumah, membersihkan kaca jendela,dan membantu ibu menyiapkan sarapan pagi. Tepat pukul enam pagi seluruh anggota keluarga sudah rapi dan siap di depanmeja makan.

5 Contoh cerita rumpang Kegiatan Keluarga Pak Abas Angga adalah anak yang rajin ___ kelasnya. Selain rajin, ia juga patuh ______ guru. Ia juga disenangi ____ teman- temannya karena ramah _____ tidak sombong. Pak Abas, ayah Angga seorang guru SMA ____ kotanya. Pak Abas memelihara ayam ______ kebun belakang rumahnya _______ menambah penghasilan. Angga selalu ________ ayahnya memberi makan ayam ______ membersihkan kandang _______ salat Subuh. Sementara Anggi, adiknya, baru duduk ______kelas satu. Ia selalu ________ lantai rumah, membersihkan kaca jendela, _____ membantu ibu menyiapkan _______ pagi. Tepat pukul enam pagi seluruh anggota keluarga sudah rapi dan siap _____ depan meja makan.

6 Contoh cerita rumpang Kegiatan Keluarga Pak Abas Angga adalah anak yang rajin di kelasnya. Selain rajin, ia juga patuh pada guru. Ia juga disenangi oleh teman-temannya karena ramah dan tidak sombong. Pak Abas, ayah Angga seorang guru SMA di kotanya. Pak Abas memelihara ayam di kebun belakang rumahnya untuk menambah penghasilan. Angga selalu membantu ayahnya memberi makan ayam dan membersihkan kandang setelah salat Subuh. Sementara Anggi, adiknya, baru duduk di kelas satu. Ia selalu menyapu lantai rumah, membersihkan kaca jendela, dan membantu ibu menyiapkan makan pagi. Tepat pukul enam pagi seluruh anggota keluarga sudah rapi dan siap di depan meja makan.

7 Tugas terstruktur Lengkapi cerita rumpang berikut ini dengan kata yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu! Menanam Padi Sebelum mengolah lahan sawahnya, _________ membuat tempat persemaian. Tempat persemaian ini dibuat ____ atas sebagian petak sawah. Tujuannya agar setelah lahan siap, benih telah cukup umur untuk ________. Selanjutnya petani menyebar ________. Setelahmenyebar benih, petani mengolah tanah _____ siap ditanami. Tanah dibajak _______ traktor, dan _________ air secukupnya. Selanjutnya, petani memindahkan bibit ______ persemaian _____ lahan sawah. Penanaman bibit diatur _____ tali supaya lurus, sehingga padi tumbuh dengan baik. Tanaman harus diberi _________ agar tumbuh________.

8 Uji kompetensi Libur semester yang lalu Aziz diajak kakeknya ___ (1) Tanah Toraja. Tempat yang menjadi objek wisata itu berada cukup jauh ____(2) tempat tinggal Aziz. ___(3) Makasar, Aziz dan Kakek pergi ____(4) Toraja naik bis. Pemandangan ___(5) sepanjang perjalanan sungguh indah. Jalannya berkelok-kelok mengitari gunung. Memang Toraja terletak ____(6) dataran yang tinggi ____(7) sebuah pegunungan. Selain karena pemandangannya indah, Aziz juga senang selama ____(8) Toraja ______(9) kebudayaannya. Misalnya, upacara kematian yang sangat unik. Upacara itu menjadi ciri khas Tanah Toraja, selain rumah adat “tongkonan” _____(10) sangat terkenal itu.

9 Kunci Jawaban 1.ke 2.dauh 3.dari 4.ke 5.di 6.di 7.di 8.di 9.karena 10.yang


Download ppt "PELAJARAN 10. STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat KOMPETENSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google