Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tipe Data, Variabel, dan Konstanta. Tipe data Data memiliki tipe yang berbeda ‐ beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tipe Data, Variabel, dan Konstanta. Tipe data Data memiliki tipe yang berbeda ‐ beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak."— Transcript presentasi:

1 Tipe Data, Variabel, dan Konstanta

2 Tipe data Data memiliki tipe yang berbeda ‐ beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak terjadi operasi matematika diantara data yang berbeda jenis tersebut, contohnya kita tidak bisa menjumlahkan nilai suatu jarak (Km) dengan Massa (Kg) karena keduanya memiliki tipe data yang berbeda. Begitu juga dalam suatu program, setiap nilai harus dikelompokkan pada jenis ‐ jenis tertentu yang disebut dengan tipe data.

3 Tipe-tipe data yang terdapat dalam visual basic antara lain : 1.Integer, long : tipe data untuk angka bulat 2.Single, double : tipe data untuk angka pecahan/desimal 3.Currency : tipe data untuk angka mata uang 4.String : tipe data untuk teks e.Boolean : tipe data logika ( True/False) 5.Date : tipe data waktu/tangggal 6.Object : tipe data untuk sebuah objek misalnya gambar 7.Variant : tipe data variant

4 Variabel Setiap data yang disimpan dalam komputer memerlukan variabel sebagai sesuatu tempat untuk menyimpan nilai dari data tersebut, dan nilainya suatu variable dapat berubah-ubah selama proses program.misalnya kita bisa menyimpan nilai ujian mid di variable A dan nilai ujian akhir di variable B, dan setiap mahasiswa nilainya pasti berbeda.

5 Dalam penamaan sebuah variable tidak boleh ada 2 atau lebih variabel yang memiliki nama yang sama, pemberian nama variabel harus unik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan pada program.

6 variabel lokal Variabel lokal yaitu variabel yang hanya dikenal pada satu bagian program saja, nilai data yang terdapat di dalamnya hanya hidup ketika bagian program tersebut dijalankan.

7 variabel global Variabel global yaitu variabel yang dikenal pada seluruh bagian program dan waktu hidupnya selama program dijalankan.

8 aturan-aturan dalam penamaan sebuah variable 1.Tidak boleh lebih dari 255 karakter 2.Nama harus unik tidak boleh menggunakan kata yang sudah digunakan dalam visual basic, seperti dim, procedure, dll. 3.Tidak boleh menggunakan spasi atau tanda titik/dot (.) diantara kata jika nama variabel lebih dari satu kata 4.Harus dimulai dari huruf, bukan angka atau karakter lainnya

9 Konstanta Konstanta adalah variabel yang memiliki nilai tetap, sekali variabel konstanta diberi nilai maka selama proses program berjalan nilai konstanta tidak akan berubah. Konstanta biasanya digunakan untuk menyimpan nilai-nilai tertentu yang bersifat tetap sepert nilai grafitasi bumi, Fi, dan tetapan-tetapan dalam rumus fisika atau matematika lainnya. Cara pendeklarasian sebuah konstanta sama halnya dengan variabel, pendeklarasian konstanta data dilakukan secara private maupun public.

10 Konversi Type Data Jenis-Jenis Type Data Jangkauan Tipe Data

11 String String ini merupakan gabungan dari beberapa char dimana sebuah tipe data dimana panjang datanya itu bebas dan characternya bebas.

12 Integer adalah tipe data yang di gunakan untuk menyimpan data yang berupa angka. seperti 1, 2, 3

13 Double sama seperti integer, tapi bedanya pada double menggunakan koma, misal 1,00, 2,00 dan seterusnya.

14 Date tipe data untuk menyimpan tanggal Boolean Tipe data yang hanya menyimpan 2 nilai saja, yaitu true dan false.

15 Dim Jika variabel dideklarasikan dengan pernyataan Dim di dalam sebuah prosedur, maka variabel tersebut hanya ada selama prosedur tersebut dieksekusi. Ketika prosedur tersebut telah selesai dieksekusi, maka nilai variabel tadi akan hilang. Selain itu, nilai dari sebuah variabel di dalam sebuah prosedur bersifat lokal hanya untuk prosedur tersebut — dan oleh karena itu, Anda tidak dapat mengakses sebuah variabel yang terdapat di dalam suatu prosedur dari prosedur lainnya. Karakteristik ini membolehkan Anda untuk menggunakan nama variabel yang sama di dalam prosedur yang berbeda tanpa harus khawatir terjadi konflik antara yang satu dengan yang lain.

16 a a menyatakan nama dari variabelnya. untuk nama varibel bebas bisa 1 huruf atau lebih dari 1 huruf, tapi yang harus diperhatikan dalam pemberian nama variabel, dalam nama variabel tidak boleh terdapat spasi. contoh nama variabel yang salah: val nilai. yang benarnya val_nilai.

17 as string / [as Type] Klausa As type bersifat tidak wajib di dalam pernyataan Dim sehingga membolehkan Anda untuk menetapkan tipe data atau tipe object dari variabel yang Anda deklarasikan. Tipe data menentukan jenis tipe informasi variabel disimpan. Beberapa contoh tipe data variabel adalah: String, Integer, dan Currency. Variabel juga dapat mengandung object yang berasal dari Visual Basic atau aplikasi lainnya. Contoh tipe object Visual Basic, atau class, adalah Object, Form1, dan TextBox.

18


Download ppt "Tipe Data, Variabel, dan Konstanta. Tipe data Data memiliki tipe yang berbeda ‐ beda dan biasanya data dikelompokkan pada kelompok yang sejenis agar tidak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google