Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB III PEMAHAMAN DIRI. SIAPAKAH AKU INI????  Jika kamu ditanya “siapakah kamu?” tentu jawabanya akan beraneka jawaban dari setiap orang.  Untuk menjawab.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB III PEMAHAMAN DIRI. SIAPAKAH AKU INI????  Jika kamu ditanya “siapakah kamu?” tentu jawabanya akan beraneka jawaban dari setiap orang.  Untuk menjawab."— Transcript presentasi:

1 BAB III PEMAHAMAN DIRI

2 SIAPAKAH AKU INI????  Jika kamu ditanya “siapakah kamu?” tentu jawabanya akan beraneka jawaban dari setiap orang.  Untuk menjawab pertanyaan itu, sedikitnya ada 2 sudut pandang yang dapat dijadikan landasan.  Yang pertama adalah sudut pandang spiritual.  Yang kedua adalah sudut pandang psikologi humanistik.

3 SUDUT PANDANG SPIRITUAL  Aku adalah makhluk ciptaan tuhan yang disebut manusia.  Aku diciptakan tuhan sebagai tanda terbesar atas kuasa-NYA di muka bumi.  Aku adalah manusia yang diberi tanggung jawab oleh tuhan untuk menjaga, mengolah dunia sehingga berkembang dan berarti bagi kehidupan seluruh makhluk ciptaan-NYA.

4 SUDUT PANDANG PSIKOLOGI HUMANISTIK  Kebutuhan fisiologis, seperti makan, minum, dan seksualitas.  Kebutuhan akan rasa aman, dan rasa tentram.  Kebutuhan untuk dicintai dan mencintai.  Kebutuhan untuk dihargai, mencapai prestasi, dan memperoleh pengakuan dari orang lain.  Kebutuhan mengaktualisasikan diri, seperti menunjukkan bakat dan kemampuan.

5 Untuk apa aku lahir dan hidup ?  Hidup itu adalah suatu periode yang memiliki batas waktu tertentu yang diberikan Tuhan bagi manusia.  Hidup adalah suatu proses “menjadi” manusia yang berarti dan berguna bagi hidup itu sendiri dan berguna bagi dunia.  Waktu tak akan terulang lagi. Menunda-nunda waktu dengan alasan masih banyak waktu adalah tidak beralasan.  Rentang waktu kehidupan tidak seharusnya diisi dengan cara seadanya. Manusia harus merencanakan dan mengisi kesempatan hidupnya secara efektif dan produktif.

6 Periode hidup manusia  Masa pra lahir dan bayi, kira-kira dari masa bayi berada dalam kandungan hingga usia bulan.  Masa anak awal berlangsung dari kira-kira 2 sampai 5 tahun. Masa ini dikenal dengan masa pra sekolah.  Masa anak tengah dan akhir, dari usia 6-11 tahun yang dikenal sebagai masa sekolah dasar.  Masa remaja, dimulai kira-kira usia tahun dan berakhir kira-kira usia tahun. Pada masa ini terjadi transisi antara masa anak dan dewasa.  Masa pemuda, yaitu masa transisi antara remaja dan dewasa yang merupakan masa ketidakpastian ekonomi dan pribadi. Masa ini berlangsung antara 2-8 tahun lebih lama lagi.

7  Masa dewasa awal biasanya dimulai pada akhir umur belasan atau permulaan duapuluhan dan berlangsung sampai usia tiga puluhan. Masa ini merupakan waktu pembentukan kemandirian ekonomi dan pribadi.  Masa dewasa tengah dimulai kira-kira usia tahun dan berakhir kira-kira usia 55dan 65 tahun. Pada masa ini terjadi peningkatan refleksi tentang arti hidup. Masa dewasa akhir berlangsung dari kira- kira usia tahun sampai kematian.

8 MENJADI APAKAH AKU NANTI ?  Sebagai remaja dan pelajar, kamu berada pada kelompok peralihan kematangan tertentu dan menjelang pemantapan dan penitian karir.  Seorang remaja yang berpikir dewasa tidak malu bertindak yang benar, tidak bermalas-malasan, tidak dimanjakan fasilitas.  Pelajar yang memiliki prinsip harus berani menata hidupnya sendiri.  Tidak seharusnya pelajar melakukan hal-hal berikut ini:

9  Menjadi benalu/parasit, menjadi”penghisap” yang akan mati jika yang dihisap mati.  Menjadi fotocopy atau bayang-bayang orang lain, tidak memiliki rasa tanggung jawab diri, seolah- olah orang lainlah yang memiliki atau menguasai hidup.  Menjadi konsumeris, boros,koruptif, takut menata dan menerima realita, tidak mau menjalani kehidupan dengan perhitungan yang matang, tidak sederhana.  Malas tidak mau bekerja, hanya ingin menikmati hidup tanpa usaha keras.

10 1. AKU MEMAHAMI SIFAT-SIFAT POSITIFKU!  SIFAT-SIFAT POSITIF YANG ADA PADA DIRIKU: 2. AKU MEMAHAMI SIFAT-SIFAT POSITIF TEMAN- TEMANKU!  NAMA:  SIFAT-SIFAT POSITIFNYA: 3. SIFAT-SIFAT POSITIFKU MENURUT TEMAN- TEMANKU!  NAMA TEMANKU:  SIFAT POSITIFKU:

11 JENDELA JOHARI SIFAT-SIFAT DAERAH TERBUKASIFAT-SIFAT DAERAH TERTUTUP SIFAT-SIFAT DAERAH BUTASIFAT-SIFAT DAERAH GELAP


Download ppt "BAB III PEMAHAMAN DIRI. SIAPAKAH AKU INI????  Jika kamu ditanya “siapakah kamu?” tentu jawabanya akan beraneka jawaban dari setiap orang.  Untuk menjawab."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google