Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Kelompok 6 Anggota: Lukman Hakim101011037 Ade Jiwantyo H.101011055 Dwi Ayu Septiana101011087 Rekha Finazis101011113 Diah Pramudiya W.101011230 Pramelia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Kelompok 6 Anggota: Lukman Hakim101011037 Ade Jiwantyo H.101011055 Dwi Ayu Septiana101011087 Rekha Finazis101011113 Diah Pramudiya W.101011230 Pramelia."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Kelompok 6 Anggota: Lukman Hakim Ade Jiwantyo H Dwi Ayu Septiana Rekha Finazis Diah Pramudiya W Pramelia Septiyanti Putri Al-fatih Afiniar Nilamsari M PERILAKU SEKS BEBAS DALAM PANDANGAN ISLAM

2 Pengertian Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mendefinisikan sehat sebagai suatu keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial. Kesehatan seksual didefinisikan sebagai keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal yang berkaitan dengan seksualitas.

3 Sedangkan kesehatan reproduksi didefinisikan sebagai keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya.

4 Pengertian Seks Bebas Hubungan seks di luar pernikahan. Suatu hubungan intim yang tidak diikat oleh suatu pernikahan yang sah baik dilakukan atas dasar suka sama suka atau tidak. Merupakan hal yang ilegal.

5 Maslow (dalam Hall & Lindzey), bahwa terdapat kebutuhan kebutuhan yang harus dipenuhi manusia, salah satunya adalah kebutuhan fisiologis mencangkup kebutuhan dasar manusia dalam bertahan hidup, yaitu kebutuhan yang bersifat instinktif ini biasanya akan sukar untuk dikendalikan atau ditahan oleh individu, terutama dorongan seks.

6 Seks Bebas di Indonesia Banyak survei menunjukan bahwa saat ini perbuatan seks bebas terjadi di berbagai daerah. Berdasarkan keterangan Direktur Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Pusat (BKKBN) Pada tahun 2008, M Masri Muadz, sebanyak 63 persen remaja Indonesia usia SMP dan SMA sudah melakukan hubungan seksual di luar nikah.

7 Jumlah ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun di berbagai kota besar seperti Jabotabek, Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar, berkisar 47,54 persen remaja mengaku berhubungan seks sebelum nikah.

8 Faktor-faktor penyebab seks bebas 1. Faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pergaulan. 2. Pengaruh akibat mengkonsumsi tontonan atau media yang salah 3. Tekanan yang datang dari teman pergaulan 4. Adanya tekanan dari teman dekat/pacar 5. Rasa penasaran 6. Pelampiasan diri 7. Kondisi Ekonomi

9

10 Dalil وَلاَ تَقْرَبُواْ الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاء سَبِيلًا mendekati “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” (al-Israa': 32)

11 فَاحِشَةً dan bukan dengan ذنب (dosa). dikarenakan فَاحِشَةً dikhususkan untuk dosa yang besar sedangkan ذنب arti dosa untuk umum baik kecil maupun besar.

12 Konsekuensi dalam Islam QS. An Nuur 2 : الزَّانِيَةُوَالزَّاني‏فَاجْلِدُواكُلَّواحِدٍمِنْهُمامِائَةَجَلْدَةٍوَلاتَأْخُذْكُمْبِهِمارَأْفَةٌفي‏دينِاللهِإِنْكُنْتُمْتُؤْمِنُونَبِ اللهِوَالْيَوْمِالْآخِرِوَلْيَشْهَدْعَذابَهُماطائِفَةٌمِنَالْمُؤْمِنينَ Artinya : “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.”

13 Dirawayatkan dari Ibnu Majah “Tidaklah perzinahan tampak pada sebuah kaum hingga mereka melakukannya secara terang-terangan, kecuali penyakit-penyakit yang belum pernah ada pada para pendahulu mereka yang telah lalu akan mewabah pada mereka” Konsekuensi dalam Islam

14 Dampak perilaku seks Bebas remaja pranikah terhadap kesehatan reproduksi Hamil yang tidak dikehendaki Penyakit Menular Seksual HIV AIDS, gonore, sifilis, hepatitis, herpes genetalia Psikologi

15 Pandangan Kesehatan Masyarakat mengenai Seks Bebas Masuk salah satu poin Millenium Development Goals yakni memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit Menular lainnya.

16 Hal mendasar dan harus diperhatikan dalam ilmu kesehatan masayarakat untuk menyelesaikan masalah seks bebas, yaitu : Pendidikan : pendidikan masyarakat yang rendah membuat pemahan hidup sehat yang diusung promosi kesehatan tidak 100% dikenal, dipahami, dilaksanakan, dan menjadi kebiasaan Sosial Budaya kompleksitas sosial budaya ini kadang membantu, namun lebih banyak menghambat keberhasilan promosi kesehatan di daerah

17 Upaya preventif untuk penanggulangan dampak seks bebas Pendidikan agama dan akhlak Pendidikan seks dan reproduksi Bimbingan orang tua Meningkatkan aktifitas remaja ke dalam program yang produktif

18 Terimakasih


Download ppt "Oleh : Kelompok 6 Anggota: Lukman Hakim101011037 Ade Jiwantyo H.101011055 Dwi Ayu Septiana101011087 Rekha Finazis101011113 Diah Pramudiya W.101011230 Pramelia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google