Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Forecast dengan Smoothing Forecast dengan metode single moving average Metode double moving averages Febriyanto, SE, MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Forecast dengan Smoothing Forecast dengan metode single moving average Metode double moving averages Febriyanto, SE, MM."— Transcript presentasi:

1 Forecast dengan Smoothing Forecast dengan metode single moving average Metode double moving averages Febriyanto, SE, MM

2 Metode Single Moving Average ► ► Smoothing adalah mengambil rata-rata dari nilai-nilai pada beberapa tahun untuk menaksir nilai pada suatu tahun. ► ► Sifat Metode Single Moving Average   Untuk membuat forecast memerlukan data historis selama jangka waktu tertentu   Semakin panjang moving averages, maka akan menghasilkan moving averages yang semakin halus. ► ► Kelemahan Metode Single Moving Average   Perlu data historis   Semua data diberi bobot sama   Tidak dapat mengikuti perubahan yang drastis   Tidak cocok untuk forecasting data yang ada gejala trend karena forecast yang dihasilkan akan terlambat mengikuti perubahan.

3 Metode Single Moving Average   Metode single moving average ► ► Cara menghitung: Jika menggunakan cara 3 bulan moving averages, maka forecast satu bulan sebesar rata-rata 3 bulan sebelumnya. Rumus: S t+1 = Forecast untuk periode ke t + 1 X t = Data periode t n= Jangka waktu moving averages.

4 Metode Single Moving Average   Misal:   Jika forecast dengan metode 3 bulan moving averages untuk bulan April adalah   PenjualanJanuari kg Februari kg Maret kg

5 Metode Single Moving Average BulanPermintaanForecast 3 bulan 5 bulan JanuariFebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovemberDesember

6 Metode Double Moving Averages ► Prosedur pembuatan forecast jika menggunakan empat tahun double moving averages a. Kolom ke – 3 merupakan rata-rata 4 tahun terakhir data kolom ke 2, dengan simbol (St’). b. Kolom ke – 4 adalah rata-rata 4 tahun terakhir data kolom ke 3, dengan simbol (St’’) c. Kolom ke – 5 adalah a (konstanta) untuk persamaan forecast yang akan dibuat. Rumus: a t = St’ + (St’ – St’’) d. Kolom ke – 6 adalah b (slope) untuk persamaan forecast. Rumus: Rumus: e. Kolom ke – 7 adalah forecast dengan rumus: F t+m = a t + b t (m)

7 Forecast dengan 4 tahun double moving averages` Periode Permintaan4 tahun Moving Nilai Forecast (tahun) Barang XAverage dari aba + bm (2) = St'(2) St’’ (m = 1)


Download ppt "Forecast dengan Smoothing Forecast dengan metode single moving average Metode double moving averages Febriyanto, SE, MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google