Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO Dasar Sistem Komputer. www.themegallery.com Dasar Sistem Komputer 1.Satuan Data 2.Penyajian Informasi 3.Komponen Sistem Komputer 4.CPU 5.Memori Internal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO Dasar Sistem Komputer. www.themegallery.com Dasar Sistem Komputer 1.Satuan Data 2.Penyajian Informasi 3.Komponen Sistem Komputer 4.CPU 5.Memori Internal."— Transcript presentasi:

1 LOGO Dasar Sistem Komputer

2 Dasar Sistem Komputer 1.Satuan Data 2.Penyajian Informasi 3.Komponen Sistem Komputer 4.CPU 5.Memori Internal 6.Perkembangan Komputer di Masa Mendatang

3 Satuan Data  Satuan Data terkecil dalam komputer adalah bit.  Satuan terkecil untuk menggambarkan ukuran memori adalah Byte.  Kadang juga digunakan satuan dalam bit per detik (bps = bit per second).

4 Daftar Satuan Data SatuanEkivalenKeterangan byte8 –bit2121 Kilobyte1024 byte2 10 Megabyte1024 kilobyte2 20 Gigabyte1024 megabyte2 30 Terabyte1024 gigabyte2 40 Petabyte1024 terabyte2 50

5 Satuan Waktu dan Frekuensi SatuanEkivalenKet. Milidetik1/1.000 detik10 -3 Mikrodetik1/ detik10 -6 Nanodetik1/ detik10 -9 Pikodetik1/ detik10 -12

6 Sistem Pengkodean Karakter  Terdapat beberapa jenis sistem pengkodean karakter.  Tiga yang paling populer adalah:  ASCII  EBDIC  Unicode

7 ASCII  ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute).  Pada awalnya menggunakan 7-bit untuk menyatakan sebuah kode.  Belakangan ASCII dikembangkan dengan menggunakan 8-bit.

8 EBCDIC  EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) dibuat IBM pada tahun 1950-an dengan menggunakan 8-bit untuk setiap kode.  Pertama kali digunakan pada IBM System/360.  Standard ini diterapkan pada komputer mainframe.

9 Contoh karakter pada EBCDIC & ASCII KarakterBiner ASCIIBiner EBCDIC A B C

10 Sistem Bilangan  Komputer digital hanya mengenal dua kondisi yaitu “on” dan “off” atau dinyatakan dengan bilangan 0 dan 1.  Jadi semua data maupun instruksi harus diubah menjadi bentuk 0 dan 1 (biner) agar dapat diolah oleh komputer.  Jadi nantinya semua basis bilangan harus dapat dikonversikan ke basis biner.

11 Konversi Sistem Biner ke Desimal

12 Konversi dari Sistem Desimal ke Biner : : : :Hasil = : : : 0 + 1

13 Representasi Bilangan  Membahas tinjauan secara software dan hardware bagaimana sistem bilangan disimpan dalam memori dan ditampilkan  Tiga sistem bilangan:  Bilangan bulat positif (unsigned Integer)  Bilangan bulat negatif (signed Integer)  Bilangan Pecahan (floating point)

14 Bilangan Bulat Tak-bertanda (unsigned integers)  Tipe bilangan ini tidak mengenal bilangan negatif atau pecahan.  Faktor bobot merupakan basis dari sistem bilangan dengan besar pangkatnya ditentukan oleh posisinya.  Bilangan desimal mempunyai 10 anggota {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}.  1983 =

15 Bilangan Bulat Tak-bertanda (unsigned integers)  Dalam teknik komputasi sistem bilangan yang umum digunakan adalah sistem bilangan basis 2 (sistem biner), basis 8 (sistem oktal), dan sistem bilangan basis 16 (heksa-desimal).  Sistem biner hanya terdiri atas angka 1 dan 0, dan posisi angka menunjukkan faktor bobotnya, yaitu besar pangkat dari 2.

16 BINERDESIMALOKTALHEKSADESIMAL ABCDEF ABCDEF

17 Bilangan Bulat Bertanda (Sign-magnitude)  Sign-magnitude, dengan menambahkan tanda “+” atau “-” didepan magnitude bilangan tersebut (Biasanya tanda + boleh tidak ditulis).  Pada metoda komplemen bilangan negatif dapat dipandang sebagai bilangan positif yang dikurangi fungsi dari bilangan dasarnya (radixnya).

18 Bilangan Bulat Bertanda (Sign-magnitude)  Sebagai contoh, misalkan kita ingin menampilkan suatu bilangan desimal pada rentang [-4999, +5000].  Bilangan negatif akan disajikan oleh S = ( (-2348)) = 7652

19 Bilangan Floating-Point  Pada bilangan bulat (integer) baik yang bertanda maupun yang tidak, letak titik radiks (titik desimal pada bilangan desimal) selalu berada pada bagian kanan dari angka bobot terkecil (Least Significant Bit = LSB).  Komputer juga mengenal bilangan-bilangan yang mempunyai komponen pecahan (fractional) atau angka di belakang titik pada bilangan desimal.

20 Bilangan Floating-Point  Pada tipe bilangan ini, titik radiks dapat diletakkan di sembarang posisi dari angka-angka dalam bilangan tersebut, sehingga seakan-akan dapat mengambang (float).  Cara penulisan bilangan floating-point, misal suatu bilangan S dalam basis B, dapat ditulis sebagai :  S = 0.s-1 s-2... s-n X BE

21 Perkembangan Sistem Komputer 1946: ENIAC Stored Program Computer pertama 50 x 30 feet, 30 Ton, 25 kWatt, 100 k Kalkulasi/detik 200_ : Komputer meja (PC), PDA, Bionic, … - Penurunan : (1) Ukuran fisik (tabung  transistor  IC (2) Biaya - Peningkatan (1) Kapasitas memory (2) Kinerja (kecepatan) 1960: Main frame Computer 1970: Mini Computer 1980: Mikrokomputer  Produk utama: PC, workstation.  Mainframe digantikan multiprosesor. Minicomputer digantikan server. optimalisasi kinerja - biaya

22 Generasi Komputer berdasarkan tekologinya  Vacuum tube  Transistor  Small Scale Integration on  Up to 100 devices on a chip  Medium Scale Integration - to 1971  100-3,000 devices on a chip  Large Scale Integration  3, ,000 devices on a chip  Very Large Scale Integration to date  100, ,000,000 devices on a chip  Ultra Large Scale Integration  Over 100,000,000 devices on a chip Teknologi IC

23 Pentium Evolution  8080  first general purpose microprocessor  8 bit data path  Used in first personal computer – Altair  8086  much more powerful  16 bit  instruction cache, prefetch few instructions  8088 (8 bit external bus) used in first IBM PC   16 Mbyte memory addressable  up from 1Mb   32 bit  Support for multitasking

24   sophisticated powerful cache and instruction pipelining  built in maths co-processor  Pentium  Superscalar  Multiple instructions executed in parallel  Pentium Pro  Increased superscalar organization  Aggressive register renaming  branch prediction  data flow analysis  speculative execution

25  Pentium II  MMX technology  graphics, video & audio processing  Pentium III  Additional floating point instructions for 3D graphics  Pentium 4  Note Arabic rather than Roman numerals  Further floating point and multimedia enhancements  Itanium  64 bit

26 Pendekatan Software  Efisiensi program, Struktur data Pendekatan Teknologis/hardware  Penggunaan komponen2 IC kecepatan tinggi, kerapatan tinggi Pendekatan Arsitektural  Peningkatan aspek fungsional dan struk- tural Peningkatan kinerja Contoh : - Arsitektur Instruction set - Struktur pipeline dalam CPU - Pengingat cache - Memory interleaving - Struktur Bus - Prosesor paralel Arsitektur teknologi/ hardware software Peningkatan Kinerja

27 Kecenderungan Teknologi Komputer modern

28

29 Transistors / chip10G1G 100M 10M 1M 100K 10K 1K Memory (DRAM) Microprocessor 4 Kb 16 K b 64 Kb 256 Kb 1 Mb 4 Mb 16 Mb 64 Mb 256 Mb 1 Gb 4 Gb ,680 Pentium ® P II ® P III ® Pentium IV

30 CPU I/O Unit Main Memory ALU Control Unit I/O device Peripheral Sistem Bus Lima komponen utama : 1.ALU 2.Control unit 3.Memory 4.Input 5.Output CPU Arsitektur berbasiskan Bus

31 The Computer System Concept

32 CPU Bagian sistem komputer yang bertugas mengeksekusi program. Komponen utama CPU: (1) ALU (Arithmetic and Logic Unit) Mengerjakan operasi operasi aritmatik dan operasi operasi Aritmatik: add, subtract, multiply, divide,... Logika : AND, OR, NOT, Shift,... terhadap data. (2) Control unit Mengendalikan seluruh operasi didalam komputer, dengan - Menginterpretasikan instruksi instruksi (yang terdapat dalam program), - Membangkitkan sinyal sinyal kendali untuk mengendalikan aktifitas komponen komponen sistem komputer (untuk melaksanakan/eksekusi instruksi).

33 (Main) Memory Unit Bagian komputer untuk menyimpan program dan data yang sedang atau siap dieksekusi oleh CPU. Jenis : - Random Access memory (RAM) - Read Only Memory (ROM) Mb 80 ns Tahun Kapasitas Kecepatan Address Decoder n n n bit

34 Hirarki Memori

35 Peripheral Devices Input/Output Unit Bagian komputer yang bertugas menangani komunikasi dengan piranti piranti diluar sistem komputer (periferal) Format data masuk/keluar : - Bit Serial - Bit Paralel Modul I/O Paralel Modul I/O Serial bit paralel bits serial bit paralel Bus Sistem CPU MU

36 CPU MU Disk controller Graphics card Sound card Network card Monitor Speakers bus sistem Computer Ports Printer Mouse Keyboard Modem sistem Komputer peripheral I/O Unit

37 LOGO


Download ppt "LOGO Dasar Sistem Komputer. www.themegallery.com Dasar Sistem Komputer 1.Satuan Data 2.Penyajian Informasi 3.Komponen Sistem Komputer 4.CPU 5.Memori Internal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google