Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Data and Storage Management Nama Kelompok : I Gusti Ngurah Gandhi P (10.41010.0014) Antonius Jefry K (10.41010.0039) Fikry Nurris Rizky (10.41010.0049)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Data and Storage Management Nama Kelompok : I Gusti Ngurah Gandhi P (10.41010.0014) Antonius Jefry K (10.41010.0039) Fikry Nurris Rizky (10.41010.0049)"— Transcript presentasi:

1 Data and Storage Management Nama Kelompok : I Gusti Ngurah Gandhi P ( ) Antonius Jefry K ( ) Fikry Nurris Rizky ( ) Ni Nyoman Swastika ( )

2 Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol- simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Pengertian Data

3 Pengolahan Data INPUTPROCESSINGOUTPUT PROCESSINGOUTPUT DISTRIBUTION INPUTORIGINATION STORAGE Siklus Pengolahan Data

4 ORIGINATION : tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan data ke dokumen dasar INPUT : tahap ini merupakan proses memasukan data kedalam proses komputer lewat alat input PROCESSING : tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukan yang dilakukan oleh alat pemroses, yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasi, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

5 DISTRIBUTION : tahap ini merupakan proses dari distribusi output pada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi. STORAGE : tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar. Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat digunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

6 Kegiatan manajemen data mencakup : 1.Pengumpulan data 2.Integritas dan Pengujian 3.Penyimpanan 4.Pemeliharaan 5.keamanan 6. Organisasi 7. Pengambilan

7 Pengumpulan data, integritas dan pengujian, penyimpanan, pemeliharaan, keamanan, organisasi, dan pengambilan merupakan bagian dari kegiatan manajemen data. Dimana manajemen data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya data tersebut akurat, mutakhir dan aman dari gangguan, serta juga tersedia bagi pemakai.

8 Penyimpanan Data Penyimpanan berurutan (Sequential Access Storage Device) Suatu organisasi / penyusunan data di suatu medium penyimpanan yang terdiri dari suatu catatan mengikuti satu catatan lain dalam suatu urutan tertentu. Penyimpanan Akses Langsung (Direct Access Storage Device) Cara mengorganisasikan data yang ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan.

9 Manajemen Penyimpanan Saat database dijalankan pada database server, oracle mengalokasikan memory yang disebut System Global Area (SGA) dan menjalankan beberapa oracle background process. Kombinasi dari SGA dan Oracle processes disebut dengan Oracle Instance. Memory dan proses dari instance mengatur data dalam database secara efisien dan dapat melayani satu atau lebih user yang menggunakan basis data ini.

10 Struktur Memory Di Oracle digunakan untuk menyimpan: Kode program yang akan dieksekusi Informasi tentang session Data yang akan dieksekusi sebagai Informasi yang di share dan dikomunikasi oleh proses yang lain. Misalnya locking information Cache information

11 Dasar struktur memory yang berhubungan dengan oracle: Software Code Area System Global Area (SGA) Program Global Area (PGA)

12 Space Management Automatic Storage Management (ASM) yang dimiliki oleh Oracle 10g ini dapat meningkatkan kemampuan dalam memanajemen dan menkonsolidasikan antar data dalam basis data/ database.

13 Fungsi dari Automatic Storage Management (ASM) Melakukan manajemen penyimpanan data pada storage dengan mendefinisikan storage berdasarkan grup-grup tertentu untuk mengurangi adanya redundansi data, khususnya ketika seorang DBA melakukan penyimpanan data.

14 Automatic Storage Management (ASM) menyediakan fungsionalitas sebagai berikut: Mengatur kelompok disk, disebut disk group. Mengelola disk redundansi dalam suatu disk group. Memungkinkan manajemen objek database tanpa menyebutkan mount point dan nama file. Mendukung file ukuran besar.

15 Tablespace Bagian dari arsitektur logic database Oracle (secara sekilas, struktur logik database Oracle adalah tablespace, segment, extent, dan block). Terdapat 4 jenis Tablespace : 1. System tablespace 2. SYSAUX tablespace 3. Default temporary tablespace 4. Undo tablespace

16 Bagian dari Tablespace : 1.Datafiles 2.Redo Logs 3.Rollback Segment 4.Archive Logs

17


Download ppt "Data and Storage Management Nama Kelompok : I Gusti Ngurah Gandhi P (10.41010.0014) Antonius Jefry K (10.41010.0039) Fikry Nurris Rizky (10.41010.0049)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google