Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEWI ARIYANI, 3401407015 Upaya Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Pada Pemilu Legislatif 2009 di Lingkungan Masyarakat Berbudaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEWI ARIYANI, 3401407015 Upaya Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Pada Pemilu Legislatif 2009 di Lingkungan Masyarakat Berbudaya."— Transcript presentasi:

1 DEWI ARIYANI, Upaya Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Pada Pemilu Legislatif 2009 di Lingkungan Masyarakat Berbudaya Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DEWI ARIYANI - NIM : PRODI : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - JURUSAN : Hukum dan Kewarganegaraan - FAKULTAS : Ilmu Sosial - ayyijoarie pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Puji Lestari, S. Pd, M. Si - PEMBIMBING 2 : Martien Herna Susanti, S. Sos, M. Si - TGL UJIAN :

3 Judul Upaya Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Pada Pemilu Legislatif 2009 di Lingkungan Masyarakat Berbudaya Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes

4 Abstrak Tolak ukur untuk menyebut sebuah negara demokrasi adalah diselenggarakannya pemilu yang luber dan jurdil. Pada tanggal 9 April 2009 diselenggarakan pemilu legislatif yang berlangsung secara nasional. Fenomena yang menarik terjadi di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Dalam pemilu legislatif 2009 tersebut, kemenangan diraih oleh calon legislatif dari PDI Perjuangan. Masyarakat Kecamatan Brebes yang beragama Islam mayoritas berbudaya NU karena mengikuti ajaran NU, yang dalam pandangan masyarakat umum perilaku politiknya memilih partai yang lahir dari NU. Hal ini menarik untuk dijadikan penelitian guna mengetahui faktor pendukung kemenangan PDI Perjuangan dalam pemilu legislatif 2009 di lingkungan masyarakat NU Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Permasalahan yang timbul dari latar belakang adalah upaya PAC PDI Perjuangan dalam memenangkan pileg 2009 di lingkungan masyarakat NU Kecamatan Brebes dan faktor yang mendukung kemenangan PDI Perjuangan pada pileg Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya PAC PDI Perjuangan dalam meyakinkan masyarakat NU untuk mendukung caleg dari fraksi PDI Perjuangan dan faktor yang mendukung kemenangan PDI Perjuangan di lingkungan masyarakat NU. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, studi dokumen, dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan Upaya PAC PDI Perjuangan pada pemilu legislatif 2009 antara lain yaitu a) sosialisasi program PDI Perjuangan, b) tim sukses, c) pendidikan politik, d) pemetaan pemilih, kelompok pemilih dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu: 1) massa mantap, 2) massa mengambang, dan 3) massa lawan. Hambatan PAC PDI Perjuangan yaitu karakter masyarakat budaya NU yang sudah berubah dan munculnya profokator menanamkan nilai materialisme. Faktor yang mendukung antara lain: a) kelompok sosial keagamaan, b) cara pandang masyarakat terhadap PDI Perjuangan, c) figur caleg, e) program partai, dan f) hubungan relasional anggota PDI Perjuangan dengan masyrakat. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu khittah NU 1926 harus ditegakkan agar tokoh-tokoh NU tidak berseteru memperebutkan kekuasaan dan memperhatikan umat, anggota legislatif harus dapat menempati janji yang ditawarkan kepada masyarakat budaya NU di Kecamatan Brebes, karena hal ini akan mempengarui jumlah dukungan pada pemilu legislatif dan strategi PDI Perjuangan perlu dibenahi, PDI Perjuangan harus memperhatikan massa lawan dan melakukan pendekatan kepada massa lawan. Sehingga menambah jumlah dukungan PDI Perjuangan pada pemilu.

5 Kata Kunci PAC PDI Perjuangan, Pemilu Legislatif 2009, Masyarakat Berbudaya

6 Referensi Abdul Fattah, H. Munawir Tradisi orang-orang NU. Yogyakarta: Pustaka Pesantren (PT LKiS Pelangi Aksara). Afifudin. dkk Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Budiarjo, Miriam Dasar-dasar ilmu politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Duverger, Maurice Sosiologi Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka. Fahman, Mundzar Problem Besar NU Pasca Gus Dur. Surabaya: PT Temprina Media Grafika. Firmanzah, Pd. D Marketing Politik Antara Pemahaman Dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Gaffar, Affan Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Hafidz, Muslim Strategi politik. Ebook pada strategi-politik. akses tanggal 14 Agustus 2011 Handoyo dan Lestari Pendidikan Politik. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Herna, Martin Paparan Kuliah Etika Politik. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Idrus, Muahamad Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualititatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Erlangga. Muluk, Hamdi Mozaik Psikologi Politik Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafika Persada Moleong, Lexy Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nazir Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Pamungkas, Sigit Pemilu Perilaku Pemilih dan Kepartaian. Yogyakarta: Institute for Democracy and Welfarism. Pdippematangsiantar.blogspot.com (27 Januari 2011). Akses pukul wib. Rifai, Anam. dkk Partai Politik Demokrasi dan Kebijakan Publik. Malang: Averroes Press. Sastroatmodjo, Sudijono Perilaku Politik. Semarang: Ikip Semarang Piagam Perjuangan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. No. 09/TAP/KONGRES III/PDI-P/2010. Penerbit: Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Masa Bakti Schroder, Peter Strategi Politik. Jakarta: Friedrich Nauman Stiftung Setiawan, Bambang dkk. (Ed) Partai-partai Politik Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. Solichah, Nur Rochmatus Nahdlatul Ulama dan Peranannya dalam Bidang Pendidikan. Brebes : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Subagyo, P. Joko Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Sunarto Paparan Kuliah Politik Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Surbakti, Ramlan Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Grasindo. ThoyFoer MC, HA Politik Kebangsaan NU. Yogyakarta: Penerbit Mutiara Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Abdi Pertiwi. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilihan umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Zada, Khamami dkk. (Ed) Nahdlatul Ulama Dinamika Ideologi dan Politik Kenegaraan. Jakarta: PT Kompas Media Nusanatara.

7 Terima Kasih


Download ppt "DEWI ARIYANI, 3401407015 Upaya Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Pada Pemilu Legislatif 2009 di Lingkungan Masyarakat Berbudaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google