Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ATIK DEWI P, S.ST. PENGERTIAN BIDAN Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional. Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ATIK DEWI P, S.ST. PENGERTIAN BIDAN Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional. Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional."— Transcript presentasi:

1 ATIK DEWI P, S.ST

2 PENGERTIAN BIDAN Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional. Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional. Diakui oleh : ICM ( Internasional Confederation of Midwives), FIGO (international Federation of Gynacologist and Obstetritian) dan WHO. Diakui oleh : ICM ( Internasional Confederation of Midwives), FIGO (international Federation of Gynacologist and Obstetritian) dan WHO. BIDAN ? BIDAN ?

3 BIDAN DI INDONESIA ? Seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan bidan yang telah diakui pemerintah dan lulus ujian dengan persyaratan yang berlaku. Jika melakukan praktek, yang bersangkutan harus mempunyai kualifikasi agar mendapatkan lisensi untuk praktek

4 FILOSOFI KEBIDANAN  Menggambarkan keyakinan yang dianut oleh bidan dan dijadikan sebagai panduan yang diyakini dalam memberikan asuhan kebidanan.  Menjelaskan beberapa keyakinan yang akan mewarnai asuhan

5 a. Keyakinan tentang Kehamilan dan Persalinan Kehamilan & persalinan bag integral proses fisiologis dan persalinan merup proses mendalam yg membawa suatu arti yg bermakna u/ perempuan, klg & komunitasnya. b. Keyakinan tentang perempuan Perempuan a/ pribadi yg unik yg m`punyai hak, kebutuhan dan harapan serta keinginan.

6 c. Keyakinan Mengenai Fungsi dari profesi dan pengaruhnya Fx Utama  Memastikan kesejahteraan ibu & bayi. d. Keyakinan tentang Pemberdayaan & membuat keputusan Perempuan diberdayakan dalam mengambil tanggung jawab kesehatanya. Perempuan memiliki hak u/ memilih dan memutuskan ttg siapa pemberi asuhan, tmpt melahirkan.

7 e. Keyakinan ttg Asuhan Tujuan Utama Askeb  menurunkan AKI & AKABA. Askeb berfokus pd pencegahan & promosi kesh yg b`sifat Holistik, b`kesinambungan. f. Keyakinan ttg Kolaborasi & kemitraan g.Keyakinan ttg fungsi profesi & manfaatnya Bidan mempunyai kekuatan u/ memberikan asuhan kpd ibu & keluarga  ibu & bayi yang sehat.

8 FALSAFAH KEBIDANAN Falsafah  Pandangan Hidup Falsafah  Pandangan Hidup a. Manusia merup makhluk bio psiko sosio kultural dan spiritual yang unik. b. Manusia terdiri dari pria dan wanita yang kemudian berpasangan.

9 c. Masyarakat terbentuk dari manusia yang berinteraksi dengan budaya yg bersifat dinamis. d. Setiap individu berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang aman dan memuaskan. e. Persalinan suatu proses yang alami, peristiwa normal. f. Setiap individu berhak untuk dilakirkan secara sehat.

10 g. Pengalaman melahirkan anak merup tugas perkembangan keluarga. h. Kesehatan ibu periode reproduksi dipengaruhi oleh perilaku ibu, lingkungan, & yan kesh.

11 PELAYANAN KEBIDANAN Seluruh Tugas yang menjadi tanggung jawab praktik profesi kebidanan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan kesehatan keluarga dan masyarakat. Seluruh Tugas yang menjadi tanggung jawab praktik profesi kebidanan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan kesehatan keluarga dan masyarakat.

12 Layanan Kebidanan dibedakan menjadi : 1. L ayanan kebidanan Primer  lay sepenuhnya tanggung jawab bidan. 2. L ayanan kebidanan Kolaborasi  TIM 3. L ayanan kebidanan Rujukan  lay o/ bidan dlm rangka rujukan.

13 ASUHAN KEBIDANAN Penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan/ masalah dalam bidang kesehatan ibu masa hamil, persalinan, nifas, bayi setelah lahir serta KB. Penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan/ masalah dalam bidang kesehatan ibu masa hamil, persalinan, nifas, bayi setelah lahir serta KB.

14 PRAKTEK KEBIDANAN Penerapan Ilmu Kebidanan dalam memberikan pelayanan/ asuhan kebidanan kepada klien dengan pendekatan manajemen kebidanan. Penerapan Ilmu Kebidanan dalam memberikan pelayanan/ asuhan kebidanan kepada klien dengan pendekatan manajemen kebidanan.

15 TERIMA KASIH……………..


Download ppt "ATIK DEWI P, S.ST. PENGERTIAN BIDAN Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional. Bidan  Profesi yang diakui nasional maupun Internasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google