Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN VISUAL. Method Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau object dapat bekerja. Method.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN VISUAL. Method Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau object dapat bekerja. Method."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN VISUAL

2 Method Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.

3 Modifier Modifier adalah keyword yang digunakan untuk menspesifikasi deklarasi pengaksesan suatu member atau tipe. Ada 4 modifier pengaksesan yaitu : public protected internal private

4 Sifat Sifat dari Method dapat terdiri dari static atau non- static. Method static adalah method yang hanya dapat di akses dari class. Sedangkan method Non-static dapat di akses dari instancesnya saja.

5 Return Type Return_Type adalah nilai pengembalian dari suatu method. Apabila method tidak mengembalikan suatu nilai, maka return_type nya didefinisikan dengan void.

6 Parameter Parameter adalah nilai yang diparsingkan ke suatu method. Method dapat memiliki lebih dari 1 parameter, atau bisa juga tidak memiliki parameter. Parameter dideklarasikan dengan menentukan type dari variabel yang digunakan serta nama variabel.

7 Passing Parameter pada method Dalam method terdapat dua cara untuk mempassingkan parameter yaitu : 1. Passing parameter by value 2. Passing parameter by reference

8 Passing parameter by value Passing parameter by value hanya akan mempassingkan nilai ke dalam method, variabel yang dipassingkan akan dibuat secara lokal didalam method. Contoh :

9 Passing parameter by reference Passing parameter by reference akan mempassingkan alamat variabel di dalam memori ke method yang dipanggilnya. Dengan demikian apabila variabel tersebut diubah di dalam method, maka variabel yang dipassingkan akan berubah, karena variabel yang berada di dalam method memiliki alamat yang sama dengan alamat variabel yang dipassingkan. Untuk mempassingkan parameter dengan reference digunakan keyword ref.

10 Contoh “by reference”

11 Array Array dapat dianggap suatu kumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama. Array termasuk dalam tipe data reference. Karena itu dalam pemakaiannya perlu dialokasikan memori yang dipakainya dengan perintah new.

12 Suatu array dideklarasikan dengan cara TipeData[] NamaVariabel;

13 Inisialisasi Array Inisialisasi array dilakukan dengan perintah new. Formatnya adalah : VarableName = new DataType[angka];

14 Assignment nilai pada array Array diisi dengan mengakses indexnya.

15 Mengambil nilai dalam array Nilai dalam array dapat diambil dengan menggunakan nilai indeksnya.

16 Menggunakan perulangan for Menggunakan for untuk mengambil nilai dalam array. Formatnya adalah : for(DataType Initializer; EndOfRange; Increment) Aksi

17 Menggunakan foreach Pengambilan data array juga bisa dilakukan dengan foreach. Dengan format : foreach (type identifier in expression) statement Contoh :

18 Array Multi Dimensi Array dua dimensi dideklarasikan dengan format sebagai berikut : DataType[,,] VariableName = new DataType[Number1,Number2,Number3]; DataType adalah tipe data yang digunakan. Number1, Number2, Number3 adalah jumlah dari elemen.

19 Contoh Array 2 Dimensi

20 String Tipe String adalah tipe data yang merupakan rangkaian dari karakter. Untuk variabel yang hanya berisikan satu karakter sebaiknya menggunakan tipe data char. Contoh :

21 String adalah tipe data yang menampung serangkaian karakter, dapat juga dianggap sebagai array yang bertipe char.

22 Method dalam String Ada 11 method dalam String yang dapat kita temui dalam C#. 1. ToUpper() mengubah Huruf menjadi HURUF BESAR. 2. ToLower() mengubah Huruf menjadi huruf kecil 3. Replace(char oldChar, char newChar) mengganti karakter oldChar yang ada dalam string menjadi karakter newChar.

23 Replace Contoh :

24 ToUpper() & ToLower() Contoh :

25 4. Length mendapatkan panjang dari suatu string. 5. Format(string format, Object arg0) mengganti format String menjadi format yang lain. 6. Copy : mencopy string variabel lain ke dalam variabel lainnya. 7. Concatenation : penggabungan string 8. Substring(int startIndex) mengcopy suatu bagian dari string memberikan nilai kembalian berupa string. 9. Compare(string String1, string String2) membandingkan dua string mengembalikan nilai 1 untuk String1 > String2, -1 untuk String1< String2 dan nilai 0 apabila kedua String bernilai sama 10. Equals(string value) membandingkan apakah kedua string sama. Memberikan nilai kembalian berupa boolean

26 SELESAI Ada Pertanyaan?

27 Oleh-Oleh : INFO :


Download ppt "PEMROGRAMAN VISUAL. Method Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehingga class atau object dapat bekerja. Method."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google