Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGGREGATE SUPPLY (PENAWARAN AGREGAT) Pertemuan ke-2 Teori Ekonomi Makro I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGGREGATE SUPPLY (PENAWARAN AGREGAT) Pertemuan ke-2 Teori Ekonomi Makro I."— Transcript presentasi:

1 AGGREGATE SUPPLY (PENAWARAN AGREGAT) Pertemuan ke-2 Teori Ekonomi Makro I

2 PENGERTIAN AGGREGATE SUPPLY Penawaran agregat (aggregate supply, AS) adalah hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dan tingkat harga. Karena perusahaan yang menawarkan memiliki harga yang fleksibel dalam jangka panjang tetapi harga yang kaku dalam jangka pendek Hubungan penawaran agregat tergantung pada horison waktu. Kita perlu membahas dua kurva penawaran agregat yang berbeda: kurva penawaran agregat jangka-panjang (long-run aggregate supply) LRAS dan kurva penawaran agregat jangka-pendek (short-run aggregate supply) SRAS.

3 KURVA AGGREGATE SUPPLY (AS) JANGKA PANJANG Karena model klasik menjelaskan bagaimana perekonomian berperilaku dalam jangka panjang, kita turunkan kurva penawaran agregat jangka-panjang dari model kasik. Ada dua faktor yang akan menentukan penawaran agregat, yaitu (i) Keseimbangan di pasar tenaga kerja (ii) Fungsi produksi

4 KURVA AS JANGKA PANJANG

5 KURVA AGGREGATE SUPPLY (AS) JANGKA PENDEK

6 DARI JANGKA PENDEK KE JANGKA PANJANG

7 Dalam gambar, ada tiga kurva yaitu kurva permintaan agregat, kurva penawaran agregat jangka panjang dan kurva penawaran agregat jangka pendek. Ekuilibrium jangka panjang adalah titik di mana permintaan agregat memotong kurva penawaran agregat jangka panjang. Harga-harga telah disesuaikan untuk mencapai ekuilibrium ini. Karena itu, ketika perekonomian berada dalam ekuilibrium jangka- panjangnya, kurva penawaran agregat jangka- pendek harus memotong titik ini.

8 BENTU KURVA AS MENURUT BEBERAPA ALIRAN


Download ppt "AGGREGATE SUPPLY (PENAWARAN AGREGAT) Pertemuan ke-2 Teori Ekonomi Makro I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google