Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANG TELUK 1 (1980 – 1988 ) ( IRAN – IRAK ) PENYEBAB 1.Kekhawatiran IRAK akan pengaruh Rev. IRAN dibawah Imam Ayatollah Khomeini yang menggulingkan Reza.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANG TELUK 1 (1980 – 1988 ) ( IRAN – IRAK ) PENYEBAB 1.Kekhawatiran IRAK akan pengaruh Rev. IRAN dibawah Imam Ayatollah Khomeini yang menggulingkan Reza."— Transcript presentasi:

1 PERANG TELUK 1 (1980 – 1988 ) ( IRAN – IRAK ) PENYEBAB 1.Kekhawatiran IRAK akan pengaruh Rev. IRAN dibawah Imam Ayatollah Khomeini yang menggulingkan Reza Shah Pahlevi dan lahirlah Rev. Islam Iran 2.Keinginan IRAK menguasai daerah Shatt Al Arab ( Teluk Arab ) kaya minyak dengan membatalkan secara sepihak perjanjian Algier 1975 ( penguasaan bersama ) 3.Ambisi Saddam Hussein mewujudkan kenangan lama “ kerajaan Babylonia “ yang luas. PERANG 22 SEP 1980 IRAK MENYERANG IRAN Perang negara Arab karena masing-masing punya pendukung, termasuk oleh Eropa.

2 PERANG TELUK ( INVASI IRAK KE KUWAIT ) LATAR BELAKANG / FAKTOR PENDORONG 1.MEROSOTNYA EKONOMI IRAK AKIBAT PERANG TELUK 1, BANYAK UTANG, PENGANGGURAN, EKONOMI HANYA MENGANDALKAN MINYAK. 2.KUWAIT DIANGGAP SEBAGAI WILAYAH IRAK BERDASARKAN SEJARAH KEKAISARAN TURKI. 3.ADANYA PERBEDAAN KEPENTINGAN DAN PENDAPAT ANTARA NEGARA ARAB 4.AMBISI SADDAM HUSSEIN UNTUK MENJADI PEMIMPIN ARAB 5.PENOLAKAN KUWAIT UNTUK MENYERAHKAN DAERAH RUMAILA DAN PULAU BUBIYAN YANG KAYA MINYAK. DENGAN ALASAN LATIHAN PERANG, TENTARA IRAK MENYERANG DAN MENDUDUKI KUWAIT 2 AGUSTUS 1990

3 AMER JABER AL AHKMAD AL SABAH, LARI KE ARAB SAUDI, MENDIRIKAN PEMERINTAHAN PENGASINGAN DI THAIB. IRAK MEMPROKALMIRKAN KUWAIT SEBAGAI PROPINSI IRAK KE 19 REAKSI DUNIA INTERNASIONAL 1.MEE MEMBEKUKAN KEKAYAAN IRAK & EMBARGO SENJATA INTERNASIONAL 2.DK PBB MENGELUARKAN RESOLUSI :  660 : Mengecam invasi Irak ke Kuwait, menuntut penarikan mundur segera meliter Irak dari Kuwait tanpa syarat.  663 : Memberi kuasa negara-negara anggota mengirim meliter untuk mengimbangi tentara Irak. 3. OPERASI BADAI GURUN ( DESERT SHILD ) OLEH PASUKAN MULTI NASIONAL PIMPINAN AS DIBAWAH NORMAN SCHWAZKOPF DENGAN MARKAS DI ARAB SAUDI JANUARI 1991, PASUKAN MULTI NASIONAL MENYERANG IRAK. ( Irak berusaha menyeret ISRAEL dengan merudal kota Tel Aviv, dengan rudal “ scud “, digagalkan AS dengan rudal “ Patriot “ Akibatnya

4 1.PERANAN AS SEMAKIN DOMINAN DI TIMTENG 2.AS MEMPEROLEH PANGKALAN MELITER DI DAHRAN/ARAB UNTUK MELINDUNGI ISRAEL SERTA KEPENTINGANNYA. 3.NAIKNYA HARGA MINYAK DUNIA 4.IRAK MENINGGALKAN KUWAIT DENGAN KEHANCURAN DI KEDUA BELAH PIHAK 5.PERPECAHAN DI TUBUH LIGA ARAB. ARAB ( IRAK ) PASCA PERANG TELUK 1. SUKU KURDI DI IRAK UTARA, KAUM SYIAH DI IRAK SELATAN MENUNTUT KEMERDEKAAN DARI IRAK, TETAPI DAPAT DITEKAN OLEH IRAK. Kemudian Irak dilarang terbang pada seluruh pesawatnya didaerah utara dan selatan untuk melindungi suku Kurdi dan golongan Syiah 2. SADDAM HUSSEIN MELAKUKAN REFORMASI DENGAN MELIBATKAN GOLONGAN SYIAH DAN SUKU KURDI DALAM PEMERINTAHANNYA

5 PERKEMBANGAN TERAKHIR 11 September 1991 WTC ( AS ) meledak, tuduhan diarahkan pada kelompok Thaliban ( Afganistan ) pimpinan Osama bin Laden. BERBAGAI TEROR TERJADI DIBERBAGAI WILAYAH DUNIA TERMASUK MELEDAKNYA BOM BALI I ADANYA TUDUHAN AS DAN SEKUTUNYA TERHADAP IRAK MEMILIKI DAN MENGEMBANGKAN SENJATA KIMIA PEMBUNUH MASSAL PADA SAAT AS DIBAWAH GEORGE W BUSH JR. KEMBALI MEMBENTUK PASUKAN DENGAN SEKUTUNYA UNTUK MENGGEMPUR IRAK. IRAK DIBAWAH SADDAM HUSSEIN TIDAK DAPAT BERTAHAN DAN MENGALAMI KEHANCURAN DI BERBAGAI BIDANG. SADDAM HUSSEIN TERTANGKAP, KEMUDIAN DIADILI, DAN SEHARI KEMUDIAN DIHUKUM MATI ( IDUL ADHA 31 Desember 2006 )


Download ppt "PERANG TELUK 1 (1980 – 1988 ) ( IRAN – IRAK ) PENYEBAB 1.Kekhawatiran IRAK akan pengaruh Rev. IRAN dibawah Imam Ayatollah Khomeini yang menggulingkan Reza."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google