Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 13 Session & Presentation Layer Abdillah, MIT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 13 Session & Presentation Layer Abdillah, MIT."— Transcript presentasi:

1 Bab 13 Session & Presentation Layer Abdillah, MIT

2 Abstraksi Session Layer Tugas utama session layer adalah memulai, mengatur dan mengakhiri sesi antara dua host yang saling berkomunikasi. Session layer juga men-sinkronisasi-kan dialog antara dua aplikasi dan mengatur pertukaran data. Jika ingin mengingat layer 5 dengan cepat, pikirkan tentang dialog dan percakapan.

3 Dialogue Control Session layer menggunakan dialogue control untuk memutuskan apakah menggunakan percakapan simultan dua arah atau komunikasi bergantian dua arah. Komunikasi bergantian dua arah menggunakan data token session layer yang memungkinkan setiap host untuk menggunakan gilirannya. Hal ini mirip dengan cara Token Ring layer 2 dalam mengatasi collision.

4 Dialogue Separation Session layer menggunakan dialogue separation untuk memulai, mengakhiri dan mengatur komunikasi secara berurutan. Dialog separation mengirim synchronisation message pada saat t = checkpoint dimana kedua host melakukan: - backup file file tertentu - save network setting - save clock setting - membuat catatan pada endpoint

5 Protokol Session Layer Session layer memiliki sejumlah protokol. Anda harus dapat mengenali protokol ini ketika muncul dalam prosedur login atau aplikasi. Contoh protokol Session Layer adalah: Network File System (NFS) Structured Query Language (SQL) Remote Procedure Call (RPC) X-Window System AppleTalk Session Protocol (ASP) Digital Network Architecture (DNA)

6 Presentation Layer Presentation layer memastikan bahwa informasi yang dikirim oleh application layer dari sebuah sistem dapat dibaca oleh application layer sistem yang lain. Jika diperlukan, presentation layer menterjemahkan format data yang berbeda. Tugas Presentation layer adalah: Format data Enkripsi data Kompresi data Jika ingin mengingat layer 6 dengan cepat, pikirkan tentang common data format.

7 Format Data Teks Format data teks menentukan tampilan teks. Standar yang sering digunakan adalah: Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC), biasanya digunakan untuk mainframe American Standard Code for Information Interchange (ASCII), biasanya digunakan untuk PC. ASCII dan EBCDIC mengandung karakter yang sederhana dan tidak memiliki format yang modern.

8 Format Data Grafis Format data grafis menentukan tampilan gambar grafis. Tiga standard yang sering digunakan adalah:digunakan adalah: PICT – sebuah format gambar untuk mentransfer garafis QuickDraw antar program pada sistem operasi MAC TIFF (Tagged Image File Format) – sebuah format untuk gambar bit-mapped resolusi tinggi JPEG (Joint Photographic Experts Group) – sebuah format grafis sering digunakan untuk kompresi gambar dan foto yang kompleks.

9 Format Data Audiovisual Format data audio visual memandu presentasi suara dan video. Standar yang dipakai adalah: MIDI (Musical Instrument Digital Interface) – standar untuk musik digital MPEG (Motion Picture Experts Group) - standar untuk kompresi dan pengkodean gambar bergerak pada CD dan penyimpanan digital QuickTime - sebuah standar yang mengatur audio dan video untuk program padsa sistem operasi MAC.

10 Markup Language Tipe lain dari format data adalah Markup Language. Format ini bekerja seperti sekumpulan petunjuk yang mengarahkan web browser bagaimana menampilkan dan mengatur dokumen. HTML adalah bahasa internet. Petunjuk HTML mengarahkan browser untuk menampilkan teks atau hyperlink ke alamat (uniform Resource Locator) URL lain. HTML bukan sebuah bahasa pemrograman, tetapi sekumpulan petunjuk untuk menampilkan sebuah halaman.

11 Enkripsi Data Enkripsi data melindungi informasi selama pengiriman. Transaksi keuangan (misal, informasi kartu kredit) gunakan enkripsi untuk melindungi informasi sensitif ketika melintasi Internet. Sebuah kunci enkripsi digunakan untuk mengacak data pada sumbernya dan kemudian mengembalikan ke data semula pada tujuan.

12 Kompresi Data Presentation layer juga bertanggung jawab untuk kompresi file. Kompresi bekerja menggunakan algoritma matematika kompleks untuk mengecilkan ukuran file. Algoritma mencari setiap file untuk mengulangi pola bit dan kemudian menggantinya dengan sebuah token. Sebuah token adalah sebuah pola bit yang jauh lebih pendek yang mewakili pola yang panjang. Sebuah analogi sederhana mungkin sebuah nama Alex, sebuah token, untuk merujuk pada setiap orang yang memiliki nama Alexander.


Download ppt "Bab 13 Session & Presentation Layer Abdillah, MIT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google