Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGAMA BUDHA PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGAMA BUDHA PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti."— Transcript presentasi:

1 AGAMA BUDHA PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti

2 B UDHA DALAM B AHASA J EPANG Budha 仏教ぶっきょう

3 A RTI B UDHA ほとけ  ぶつ Roh  Budha 仏 おしえ・きょう Ajaran/ Keyakinan/ Kepercayaan 教

4 AGAMA BUDHA Ajarannya

5 AJARAN AGAMA BUDHA Ajaran Pencerahan hati Usaha sendiri Tanpa dewa

6 AGAMA BUDHA Sejarah Perkembangannya

7 A WAL M ULA M ASUKNYA A GAMA B UDHA India Jalur Utara Cina Jepang Tahun 522

8 A WAL M ULA M ASUKNYA A GAMA B UDHA Karena secara geografis terletak pada ujung Jalur Sutra, Jepang bisa menyimpan banyak aspek agama Buddha ketika agama ini mulai hilang dari India dan ditindak di Asia Tengah serta Tiongkok.

9 A WAL M ULA M ASUKNYA A GAMA B UDHA Penyebaran dari India tersebut menggunakan perantara dari Kerajaan Cina, yaitu dengan dikirimnya Biksu muda ke Jepang oleh kerajaan Cina untuk menyebarkan agama Budha. Akan tetapi rakyat Jepang pada saat itu tidak begitu memberikan tanggapan terhadap penyebaran agama Budha tersebut.

10 A WAL M ULA M ASUKNYA A GAMA B UDHA Agama Budha mulai mengalami tanggapan dari masyarakat Jepang dipercaya pada tahun 538 pada jaman Asoka melalui delegasi dari kerajaan Baekjae di Korea. Beberapa tahun kemudian berbagai buku dan literatur tentang Buddhism juga mulai masuk lewat negara China pada masa Dynasty Sui. Literatur tersebut berjudul Jusichijono Kempo.

11 3 P ERIODE P ERKEMBANGANNYA Periode NaraPeriode HeianPasca-Periode Heian

12 P ERIODE N ARA

13 PenjajakanAdaptasiShinto

14 P ERIODE N ARA Sebagai agama baru tentu saja tidak lepas dari penolakan dan juga tekanan. Pada masa pemerintahan militer Oda Nobunaga ( ), agama Buddha mengalami masa suram karena pemerintah saat itu bersikap antipati terhadap agama ini.

15 P ERIODE N ARA Hal ini disebabkan karena pada masa itu muncul banyak pemberontakan oleh rakyat menentang pemerintah yang kebetulan didukung oleh pendeta Buddha khususnya dari sekte Tendai di kuil Hiei.

16 P ERIODE N ARA Pemberontakan akhirnya berakhir dengan penyerbuan ke kuil Hiei yang terletak di atas puncak bukit itu dan membunuh ribuan pengikutnya.

17 P ERIODE N ARA AristokratBangsawanIntelektual

18 P ERIODE N ARA Pangeran Shotoku Tokoh yang paling berperan dalam masuknya agama Budha di Jepang adalah Pangeran Shotoku (A.D ) yang merupakan Kaisar Jepang pada saat itu.

19 P ERIODE N ARA Peran penting yang telah dilakukan oleh Pangeran Shotoku adalah: Mendirikan kuil Horyuji. Menulis banyak komentar mengenai kitab suci agama Budha. Menetapkan agama Budha sebagai agama resmi negara.

20 P ERIODE H EIAN

21 Tendai Saicho Shingon Kukai

22 P ERIODE H EIAN Gerakan dalam agama Buddha terjadi pada abad ke-10 dengan munculnya kepercayaan terhadap Buddha Amitābha. Banyak orang yang memeluk kepercayaan ini karena kesederhanaan ajaran, yakni dengan mengucapkan ” Amitābha Buddha ” secara berulang-ulang akan terlahir di Tanah Suci (Sukhavati). Pandangan ini banyak dianut oleh para petani dan prajurit.

23 P ERIODE H EIAN KamakuraFeodalisme Agama Budha tidak berkembang secara berarti

24 P ASCA -P ERIODE H EIAN EdoShogun Tokugawa Agama Budha menjadi ‘tangan’ (alat) dari pemerintah

25 P ASCA -P ERIODE H EIAN Kuil Budha sering digunakan sebagai pendataan dan pendaftaranpenduduk dan dijadikan sala h satu cara untuk mencegah penyebaran agamaKristen yang oleh pemerintah feod al dianggap sebagai ancaman politik. Agama Buddha tidak begitu populer di ka langan masyarakat pada masapemerintah an Meiji( ).

26 A GAMA B UDHA Tokoh-tokoh Penyebarannya

27 T OKOH P ENYEBAR A GAMA B UDHA Saicho Kukai Hoonen Shinran Eisai Dooden Nichiren

28 S AICHO & K UKAI Kaisar Kanmu mengirimkan 2 rahib terpelajar, yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi Cina.

29 S AICHO & K UKAI Saicho TendaiG. Hiei Kukai ShingonG. Koya

30 S AICHO & K UKAI TendaiShingon Sankaku Bukkyou

31 S AICHO & K UKAI Hal yang diutamakan dalam kedua ajaran itu adalah latihan mental yang disebut dengan Shugyou (meditasi). Meditasi ini bukan sekedar untuk diri sendiri saja, melainkan juga untuk persembahan kepada dewa2.

32 H OONEN Pada akhir zaman Heian, kekuasaan bangsawan runtuh dan diganti oleh golongan militer ( samurai ). Golongan samurai sangat simpatik terhadap ajaran Budha yang dibawa oleh Hoonen.

33 H OONEN Hoonen membawa ajaran yang benar2 Nenbutsu Tariki (ajaran yang betul2 dari ajaran Budha). Ajaran ini tidak mengutamakan shugyou, yang penting adalah manusia harus membekali diri dengan gakumon (ilmu pengetahuan).

34 S HINRAN Pendeta Shinran, sebagai pengikut Hoonen, turut menyebarkan agama Budha yang sudah diluruskan itu. Mereka mempercayai adanya dunia akhirat, dan yakin Budha akan menolong jika manusia melaksanakan ajaran Budha dengan baik.

35 E ISAI & D OODEN Eisai & Dooden ZenshuuZazen

36 E ISAI & D OODEN Ajaran ini dianggap sangat berat karena menitikberatkan pada Jiryokukyodo. Ajaran ini banyak dianut dan disebarkan oleh golongan samurai yang kehidupannya keras dan berdisiplin tinggi.

37 E ISAI & D OODEN Jirikikyodo じりききょうど自力強度

38 E ISAI & D OODEN 自力強度 Tingkat kekuatan diri

39 E ISAI & D OODEN Zenshuu menekankan bahwa manusia bukan hanya menggantungkan diri pada Amidabutsu, tetapi juga perlu memiliki kekuatan dari dalam dirinya sendiri, dan tidak menganggap adanya gunung suci, seperti halnya shugyou.

40 N ICHIREN Pendeta Nichiren menyebarkan ajaran Nichirenshuu yang berpedoman ajaran Budha melalui kitab Hokekyo. Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini.

41 A DA P ERTANYAAN ? Topik berikutnya: Konfusianisme


Download ppt "AGAMA BUDHA PPMJ 22 November 2012 Nadya Inda Syartanti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google