Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Listbox & Combobox Presented by : Arfansyah, M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Listbox & Combobox Presented by : Arfansyah, M.Kom."— Transcript presentasi:

1 Listbox & Combobox Presented by : Arfansyah, M.Kom

2 Listbox ► Sebuah objek yang digunakan sebagai tempat untuk menampung dan menampilkan data didalam daftar index.

3 Listbox Properties ► Name  Nama dari object listbox yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. ► Appearance  Mengatur bentuk tampilan listbox apakah berbentuk Flat atau 3D. ► BackColor  Mengatur warna latar dari listbox. ► Enabled  Mengatur listbox apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan.

4 Listbox Properties ► Font  Mengatur jenis font caption pada listbox. ► ForeColor  Mengatur warna text dari listbox. ► Height  Mengatur tinggi dari sebuah listbox. ► Index  Menentukan angka index (array) dari listbox. ► Left  Menentukan posisi listbox secara horizontal pada sebuah form.

5 Listbox Properties ► List  Merupakan isi dari listbox yang ditampung dalam baris berdasarkan index. Index pada baris pertama listbox dimulai dari 0 (nol). ► MousePointer  Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas listbox. ► Sorted  Membuat isi dari listbox dalam keadaan terurut. ► Style  Membuat style listbox menjadi standard atau disertai dengan checkbox.

6 Listbox Properties ► MultiSelect  Mengatur isi listbox agar dapat atau tidak dipilih lebih dari 1 baris.  Nilai dari MultiSelect : ► 0 – None  Menonaktifkan pemilihan lebih dari 1 baris. ► 1 – Simple  Mengaktifkan pemilihan lebih dari 1 baris dengan cara mengklik baris secara langsung. ► 2 – Extended  Mengaktifkan pemilihan lebih dari 1 baris dengan kombinasi tombol “Ctrl”, “Shift” dan “Mouse Click”

7 Listbox Properties ► TabIndex  Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. ► ToolTipText  Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas listbox. ► Top  Menentukan posisi listbox secara vertikal di dalam sebuah form. ► Visible  Menentukan listbox apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. ► Width  Mengatur lebar dari sebuah listbox.

8 Combobox ► Sebuah objek yang digunakan sebagai tempat untuk menampung dan menampilkan data didalam daftar index, dan membatasi pemilihan item sesuai dengan item yang sudah tersedia didalamnya.

9 Combobox Properties ► Name  Nama dari object combobox yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. ► Appearance  Mengatur bentuk tampilan combobox apakah berbentuk Flat atau 3D. ► BackColor  Mengatur warna latar dari combobox. ► Enabled  Mengatur combobox apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. ► Font  Mengatur jenis font caption pada combobox.

10 Combobox Properties ► ForeColor  Mengatur warna text dari combobox. ► Height  Mengatur tinggi dari sebuah combobox. ► Index  Menentukan angka index (array) dari combobox. ► Left  Menentukan posisi combobox secara horizontal pada sebuah form.

11 Combobox Properties ► List  Merupakan isi dari combobox yang ditampung dalam baris berdasarkan index. Index pada item pertama dimulai dari 0 (nol). ► Locked  Membuat combobox dalam keadaan terkunci atau tidak dapat dipilih. ► MousePointer  Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas combobox. ► Sorted  Membuat isi dari combobox dalam keadaan terurut.

12 Combobox Properties ► Style  0 – Dropdown Combo ► Mengatur combobox agar dapat diketik.  1 – Simple Combo ► Mengatur combobox tanpa tombol pilihan.  2 – Dropdown List ► Mengatur combobox agar tidak dapat diketik. Style ini akan membuat property text bersifat “Readonly”. ► TabIndex  Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. ► Text  Nilai text yang tampil pada combobox.

13 Combobox Properties ► ToolTipText  Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas combobox. ► Top  Menentukan posisi combobox secara vertikal di dalam sebuah form. ► Visible  Menentukan combobox apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. ► Width  Mengatur lebar dari sebuah combobox.

14 Hscrollbar & Vscrollbar

15 Hscrollbar ► Objek yang didalamnya terdapat batang nilai horizontal dimana setiap perubahan letak batang akan mempengaruhi perubahan nilai didalamnya. ► Nilai di dalam batang dapat ditentukan minimum dan maksimumnya.

16 Hscrollbar Properties ► Name  Nama dari object hscrollbar yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. ► Enabled  Mengatur hscrollbar apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. ► Height  Mengatur tinggi dari sebuah hscrollbar. ► Index  Menentukan angka index (array) dari hscrollbar.

17 Hscrollbar Properties ► LargeChange  Menentukan besarnya perubahan nilai di dalam hscrollbar jika user mengklik pada tempat (space) kosong hscrollbar. ► Left  Menentukan posisi hscrollbar secara horizontal pada sebuah form. ► Max  Menentukan nilai maksimum hscrollbar. ► Min  Menentukan nilai minimum hscrollbar.

18 Hscrollbar Properties ► MousePointer  Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas hscrollbar. ► SmallChange  Menentukan besarnya perubahan nilai di dalam hscrollbar jika user mengklik tombol kanan dan kiri pada hscrollbar. ► TabIndex  Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. ► Top  Menentukan posisi hscrollbar secara vertikal di dalam sebuah form.

19 Hscrollbar Properties ► Value  Nilai perpindahan batang pada hscrollbar ► Visible  Menentukan hscrollbar apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. ► Width  Mengatur lebar dari sebuah hscrollbar.

20 Vscrollbar ► Objek yang didalamnya terdapat batang nilai Vertikal dimana setiap perubahan letak batang akan mempengaruhi perubahan nilai didalamnya. ► Nilai di dalam batang dapat ditentukan minimum dan maksimumnya.

21 Vscrollbar Properties ► Name  Nama dari object vscrollbar yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. ► Enabled  Mengatur vscrollbar apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. ► Height  Mengatur tinggi dari sebuah vscrollbar. ► Index  Menentukan angka index (array) dari vscrollbar.

22 Vscrollbar Properties ► LargeChange  Menentukan besarnya perubahan nilai di dalam vscrollbar jika user mengklik pada tempat (space) kosong vscrollbar. ► Left  Menentukan posisi vscrollbar secara horizontal pada sebuah form. ► Max  Menentukan nilai maksimum vscrollbar. ► Min  Menentukan nilai minimum vscrollbar.

23 Vscrollbar Properties ► MousePointer  Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas vscrollbar. ► SmallChange  Menentukan besarnya perubahan nilai di dalam vscrollbar jika user mengklik tombol atas dan bawah pada vscrollbar. ► TabIndex  Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. ► Top  Menentukan posisi vscrollbar secara vertikal di dalam sebuah form.

24 Hscrollbar Properties ► Value  Nilai perpindahan batang pada vscrollbar ► Visible  Menentukan vscrollbar apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. ► Width  Mengatur lebar dari sebuah vscrollbar.

25 DriverListbox, DirListbox, dan FileListbox

26 ► DriveListbox  Object yang digunakan untuk menampilkan drive aktif yang terdapat pada sebuah komputer. ► DirListbox  Object yang digunakan untuk menampilkan folder-folder yang terdapat pada sebuah path tertentu. ► FileListbox  Object yang digunakan untuk menampilkan file- file yang terdapat pada sebuah path tertentu.

27 DriveListbox, DirListbox, dan FileListbox Properties ► Name  Nama dari object D/D/F Listbox yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. ► Appearance  Mengatur bentuk tampilan D/D/F Listbox apakah berbentuk Flat atau 3D. ► BackColor  Mengatur warna latar dari D/D/F Listbox. ► Enabled  Mengatur D/D/F Listbox apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. ► Font  Mengatur jenis font caption pada D/D/F Listbox.

28 DriveListbox, DirListbox, dan FileListbox Properties ► ForeColor  Mengatur warna text dari D/D/F Listbox. ► Height  Mengatur tinggi dari sebuah D/D/F Listbox. ► Index  Menentukan angka index (array) dari D/D/F Listbox. ► Left  Menentukan posisi D/D/F Listbox secara horizontal pada sebuah form. ► MousePointer  Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas D/D/F Listbox.

29 DriveListbox, DirListbox, dan FileListbox Properties ► TabIndex  Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. ► ToolTipText  Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas D/D/F Listbox. ► Top  Menentukan posisi D/D/F Listbox secara vertikal di dalam sebuah form. ► Visible  Menentukan D/D/F Listbox apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. ► Width  Mengatur lebar dari sebuah D/D/F Listbox.

30 Latihan


Download ppt "Listbox & Combobox Presented by : Arfansyah, M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google