Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMETAAN. Materi Kulian Pemetaan 1 (8) Pemetaan 2 (9) Pemetaan Topografi (10) Garis Kontur dan Interpretasi (11) Penentuan Luas dan Volume (12) Peta Digital.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMETAAN. Materi Kulian Pemetaan 1 (8) Pemetaan 2 (9) Pemetaan Topografi (10) Garis Kontur dan Interpretasi (11) Penentuan Luas dan Volume (12) Peta Digital."— Transcript presentasi:

1 PEMETAAN

2 Materi Kulian Pemetaan 1 (8) Pemetaan 2 (9) Pemetaan Topografi (10) Garis Kontur dan Interpretasi (11) Penentuan Luas dan Volume (12) Peta Digital dan Citra(13) Latihan-latihan (14)

3 PENDAHULUAN Peta adalah informasi keruangan di permukaan bumi dengan sekala tertentu pada media penyajinya. Keadaan permukaan bumi menggambarkan atau menginformaskan unsur-unsur atau entitas atau obyek misalnya bangunan, jalan, saluran irigasi, batas pemilikan tanah atau bentuk permukaan lahan secara spasial. Untuk menginformasikan keadaan permukaan bumi tersebut diperlukan pengukuran-pengukuran geodesi pada permukaan bumi dan diantara titik-titik di mua bumi. Dimana besaran-besaran yang diukur meliputi : arah/sudut, jarak horizontal, jarak vertikal / beda tinggi. Pemetaan dimana seluruh data yang digunakan diperoleh dari pengukuran di lapang lazim disebut pemetaan terestris. Apabila sebagian datanya diperoleh dari foto udara atau citra satelit dikenal sebagai fotogrammetris.

4 Kartografi Setelah didapatkan data di lapang dan dianalisis untuk mengetahui posisi semua titik yang diperlukan, serta diplot dalam kertas. Keseluruhan proses mendapatkan data, menghitung dan menganalisis serta menggambarkan dalam kertas ini dikenal sebagai proses kartografi.

5 Titik Pemetaan Dalam pemetaan, titik-titik di muka bumi dikelompokkan menjadi 2, yaitu titik-titik kerangka dasar, dan titik-titik detail. Titik-titik kerangka dasar : sejumlah titik yang dibuat dan dipasang di lapang (dengan tanda pengenal, patok kayu atau patok beton) yang akan dijadikan kerangka dasar pemetaan dengan fungsi sebagai titik pengikat pengukuran titik-titik detail serta pengontrol pengukuran titik-titik lainnya.

6 Titik-Titik Detail Titik-titik detail adalah titik-titik yang ada di lapang yang berupa antara lain titik-titik pojok bangunan, titik-titik batas tanah, titik-titik sepanjang pinggiran jalan, serta titik-titik lain yang letak dan kerapatannya ditentukan untuk menggambarkan bentuk permukaan tanah.

7 Macam-macam Peta Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) Peta Tematik : – Peta Hidrologi – Peta Penggunaan Lahan – Peta Geologi – Peta Tanah – Peta Kaduster – Peta Jalan – Peta Rencana Tata Ruang – Peta Jariangan Pipa Air Minum

8 Skala Peta Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik di peta dan di lapang. Berapa Ha lahan sesungguhnya di lapang area seluas 1 cm 2 di peta sekala 1 : Jawab :

9 Luas sesungguhnya = 1 x (25000) 2 cm 2 = cm 2 = m 2 = 6,25 Ha.

10 POLIGON

11 Pemetaan Topografi Apa yang dimaksud Peta Topografi? Bagaimana Menggambarkan permukaan bumi dalam peta? Bagaimana Cara Pemetaannya?

12 Kontur Apa itu Garis Kontur?

13

14 Bagaimana Garis Kontur digunakan dalam pemetaan topografi?

15 Mungkinkah Garis Kontur Berpotongan?

16 Bilamana garis kontur berimpit?

17 Sebutkan ciri-ciri garus kontur?

18 Bagaimana susunan garis kontur yang menggambarkan : Gunung? Cekungan? Lembah? Ngarai? Punggung Bukit? Landai Curam?

19 Apa yang dimaksud dengan Interval Kontur?

20 Bagaimana Cara Pemetaan Kontur?


Download ppt "PEMETAAN. Materi Kulian Pemetaan 1 (8) Pemetaan 2 (9) Pemetaan Topografi (10) Garis Kontur dan Interpretasi (11) Penentuan Luas dan Volume (12) Peta Digital."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google