Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan."— Transcript presentasi:

1 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu.

2 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Sebelum mulai belajar menggambar dengan media pensil sebaiknya kita mengenal lebih baik lagi tentang pensil. Jenis pensil pun bermacam-macam merk, ukuran, dan harganya. Memilih dan membeli pensil juga perlu Anda ketahui caranya. Tapi paling penting pilihlah pensil yang sesuai dengan kepribadian kalian. Ukuran pensil yang paling umum berukuran antara 9H sampai 9B. Biasanya pensil yang paling sering digunakan untuk menulis ukuran HB dan 2B. Dari tingkat kekerasannya pensil terbagi dari 2 jenis yaitu pensil lunak dan pensil keras. Pensil keras diberi tanda dengan H. Pensil lunak diberi tanda dengan B.

3 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil dibedakan menurut komposisi. Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H (hardness) menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tanda F (fine) berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal.

4 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil ukuran H-9H menghasilkan karakter garis tipis biasanya digunakan untuk membuat sketsa dan mengarsir daerah terang. Pensil B-9B menghasilkan karakter garis tebal dan biasanya digunakan untuk mengarsir daerah gelap. Ada beberapa merk pensil diantaranya lyra, steadler, dan faber castel

5 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Gradasi pensil yang dihasilkan dari berbagai jenis, ukuran, dan merk pensil.

6 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Berbagai macam jenis pensil mulai dari berbeda merk, ukuran H dan B.

7 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Memegang pensil seperti menulis dapat menghasilkan gambar yang detail. Memegang pensil antara ibu jari diatas dan 4 jari dibawahnya menghasilkan garis-garis yang berani dan ekspresif.

8 Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom


Download ppt "Presented By : Anita Iskhayati, S.Kom Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google