Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsepsi Hukum Adat Minggu II. Pertanyaan untuk Kelas Definisi hukum adat Hakikat hukum adat Efektifitas Hukum Adat Sebaran hukum adat di Indonesia Siapa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsepsi Hukum Adat Minggu II. Pertanyaan untuk Kelas Definisi hukum adat Hakikat hukum adat Efektifitas Hukum Adat Sebaran hukum adat di Indonesia Siapa."— Transcript presentasi:

1 Konsepsi Hukum Adat Minggu II

2 Pertanyaan untuk Kelas Definisi hukum adat Hakikat hukum adat Efektifitas Hukum Adat Sebaran hukum adat di Indonesia Siapa yang mengemukakan istilah hukum adat

3 Definisi hukum adat (1) Hukum adat adalah sistem hukum yang dikenal dalam sistem kehidupan sosial di Indonesia dan di negara lain, sumbernya adalah peraturan2 hukum tidak tertulis yang tumbuh dan berkembang dan dipertahankan dengan kesadaran hukum masyarakatnya (HIlman 1992).

4 Definisi hukum adat (2) Hukum adat adalah sistem hukum yang tidak tertulis dikenal yang meskipun tidak ditetapkan oleh pihak yang berwajib tetapi ditaati karna mempunyai kekuatan hukum (Supomo, n.d)

5 Definisi hukum adat (3) Hukum adat adalah hukum yang tidak bersumber kepada peraturan2 yang dibuat pemerintah Hindia belanda atau alat kekuasaan lainnya yang menjadi sandinya dan diadakan sendiri oleh kekuasaan Belanda dahulu.

6 Definisi hukum adat (4) Hukum adat menurut UU No 32 th 2004 ttg Pemerintahan Daerah Fasal 1 (12) definisi desa ….. Kesatuan masyarakat hukum berdasarkan asal usul dan ada istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam NKRI

7 Definisi hukum adat (5) Hukum adat peraturan hidup meskipun tidak ditetapkan oleh penguasa tetapi tetap dihormati dan ditaati oleh rakyat dengan keyakinan bahwa peraturan tersebut berlaku sebagai hukum.

8 Hakikat hukum adat (1) Unsur – Kenyataan: bahwa adat dalam keadaan yang sama selalu diindahkan oleh rakyat – Psikologis: terdapat keyakinan pada rakyat bahwa adat mempunyai kekuatan hukum Wujud – Hukum tidak tertulis (paling banyak) – Hukum tertulis (hukum raja raja)

9 Efektifitas Hukum Adat (1) Hukum adat tentang warisan Hukum adat tentang hak kepemilikan

10 Sebaran hukum adat di Indonesia Sabang sampai Merauke Hampir semua wilayah Indonesia

11 Siapa yang mengemukakan istilah hukum adat Orang Belanda – Prof. Dr. C Snouck Hurgronje


Download ppt "Konsepsi Hukum Adat Minggu II. Pertanyaan untuk Kelas Definisi hukum adat Hakikat hukum adat Efektifitas Hukum Adat Sebaran hukum adat di Indonesia Siapa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google