Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

COPYRIGHT©KELOMPOK 2 Tutorial Pembuatan Blog. 1. Pengenalan Blog Saat ini membuat website bukanlah suatu hal yang sulit. Blog dapat dijadikan salah satu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "COPYRIGHT©KELOMPOK 2 Tutorial Pembuatan Blog. 1. Pengenalan Blog Saat ini membuat website bukanlah suatu hal yang sulit. Blog dapat dijadikan salah satu."— Transcript presentasi:

1 COPYRIGHT©KELOMPOK 2 Tutorial Pembuatan Blog

2 1. Pengenalan Blog Saat ini membuat website bukanlah suatu hal yang sulit. Blog dapat dijadikan salah satu alternatif, jika kita ingin membuat website. Dengan blog kita dapat membuat suatu website sederhana sesuai dengan keinginan kita dengan mudah dan gratis. Blog merupakan singkatan dari "web log" yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

3 Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Definisi Blog  Blog adalah sebuah teks, gambar, objek media dan data, disusun secara berkala(dalam urutan waktu) dan dapat dilihat di browser HTML.  Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging. Pembuatnya disebut Blogger.  Blog adalah sebuah situs web dimana postingan itemnya dilakukan secara teratur dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan beberapa link (ke halaman web lain, video, audio, dan file-file lain). Blog menggunakan gaya bahasa penyampaian dokumentasi.

4 2. Tujuan Blog Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

5 3. Jenis – jenis Blog Blog politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang (diary), keluhan(curhat), puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman. Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

6 4. Pembuatan Blog Berikut ini adalah cara – cara dalam pembuatan Blog menggunakan blogger.com. Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat blog di blogger.com adalah  Membuat di google.  Masuk ke alamat

7  Pilih Signup ke Gmail untuk mendaftar, kemudian isi formulir dengan lengkap

8  Jika sudah selesai mengisi formulir, silakan klik tombol “saya menerima, buat akunku”  Jika Muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti anda sudah berhasil membuat

9  Untuk meyakinkan bahwa anda sudah membuat , klik link saya siap, tampilkan account saya.  Silakan Sign Out kalau sudah selesai melihat .

10  Masuk ke alamat lalu kita akan melihat tampilan seperti berikut:

11  Klik tombol “Buat Blog”, maka akan muncul tampilan berikut:  Isi formulir dengan benar.

12  Isi judul blog dan alamat blog

13 Klik template yang sesuai dengan keinginan kita. Template yang disediakan pada langkah ini merupakan template standar. Kita dapat mengganti dengan template yang lebih menarik pada situs-situs penyedia template gratis untuk blogger.com atau dengan template buatan kita sendiri.

14  Jika sudah keluar tampilan berikut, berarti kita sudah berhasil membuat blog.  Langkah selanjutnya kita akan belajar membuat posting dan pengembangan blog serta mendaftarkan blog kita pada search engine browser.

15 5. Cara Membuat Posting Di dalam menu posting ada beberapa toolbar yang bisa kita gunakan. Jika kita sudah terbiasa menggunakan microsoft Word ataupun microsoft Excel tentu barangkali tidak akan mengalami kesulitan ketika memposting suatu artikel, tapi mungkin tidak ada salahnya bila saya bahas sekilas tentang ini, barangkali ada di antara teman kita yang masih bingung. Toolbar yang ada ketika posting : --> Untuk merubah jenis hurup yang di gunakan --> Untuk merubah ukuran hurup (heading) --> Untuk Menebalkan hurup --> Untuk memiringkan hurup --> Untuk merubah warna hurup --> Untuk membuat link

16 --> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri --> Untuk membuat tulisan menjadi di tengah --> Untuk membuat artikel menjadi rata kanan --> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri dan rata kanan --> Untuk membuat sub bahasan oleh angka --> Untuk membuat sub bahasan oleh bullet --> Untuk mengecek spelling --> Untuk memasukan gambar(upload gambar) --> Untuk membuat artikel dalam kode HTML --> Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa) --> Untuk me review (melihat) artikel

17 Langkah-langkah dalam memposting suatu artikel: Sebaiknya klik terlebih dahulu “ Edit HTML”,jika langsung di mode “Tulis”, sering terjadi hang pada komputer. Copy artikel yang telah kita buat sebelumnya, kemudian paste di area posting. Edit sesuai dengan kemauan kita. Klik tombol “ tulis “ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML).

18 Klik tombol “ terbitkan entri “.

19 Tulisan hasil karya kita akan bisa dilihat dan di baca oleh seluruh dunia. Jika kita ingin melihat langsung ke blog klik saja “Lihat Entri”. Jika kita ingin mengeditnya atau membuat posting yang baru klik saja “Edit entri” atau “Buat entri baru”.

20 Beberapa fungsi fitur dari Dashboard : Buat Blog membuat blog baru, sehingga dengan fitur ini Anda dapat membuat banyak blog dengan hanya 1 login (account) Lihat Blog melihat preview blog Anda Entri baru membuat posting baru Edit entri mengatur posting (edit/hapus posting) Pengaturan pengaturan blog Tata letak mengganti template, ukuran dan warna huruf, edit HTML Edit Profile mengubah profil Anda My Account pengaturan account blog Anda

21 Tata Letak -> Merupakan fitur yang digunakan untuk menambah elemen-elemen halaman blog (html, polling, kalender, slide show dan lain-lain), pengaturan font-color, edit html dan menganti template baru yang disediakan blogger.com atau penyedia template gratisan. Kita dapat mengganti template blog kita dengan template seperti yang disediakan finalsense.com atau dengan template buatan kita sendiri. Dari situs penyedia template gratis, kita akan mendapatkan kode-kode HTML yang dapat kita copy, kemudian paste ke menu Edit HTML pada bagian Layout.

22

23 Dari sekian elemen yang dapat ditambahkan pada halaman blog, elemen HTML/JavaScript merupakan elemen terpenting untuk membuat blog kita menjadi lebih menarik. Pada elemen ini kita dapat menambahkan kode-kode HTML atau Javascipt yang diperoleh dari situs-situs penyedia elemen blog, misalnya Anda dapat menambahakan kode HTML shoutbox (kotak komentar) dari oggix.com atau menambahkan yahoo messanger.

24 Kemudian masukan code html nya, lalu simpan, secara otomatis account yahoo messanger kita sudah terpasang di blog kita.

25 7. Daftar ke search engine Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, dan kenyataannya tidaklah demikian. Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google dan Yahoo. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka Berikut ini saya akan memberikan caranya:

26 Untuk mendaftar ke google, silahkan kunjungi nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :

27 Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, kita harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo ( di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, kita tinggal login dengan username serta password kita. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL kita, kemudian klik tombol Add URL Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, kita bisa memasukannya. Ingat, alamat feed di blogger hanya tinggal menambahkan atom.xml di belakang uRL blog kita, contoh : untuk blog saya ini mempunyai alamat feed sebagai berikut :

28 Selamat anda sudah menjadi seorang Blogger


Download ppt "COPYRIGHT©KELOMPOK 2 Tutorial Pembuatan Blog. 1. Pengenalan Blog Saat ini membuat website bukanlah suatu hal yang sulit. Blog dapat dijadikan salah satu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google