Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Ika Yuni Wulansari, SST Pertemuan ke-5. Happiness is a choice Health is a choice Life is a choice…

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Ika Yuni Wulansari, SST Pertemuan ke-5. Happiness is a choice Health is a choice Life is a choice…"— Transcript presentasi:

1 By: Ika Yuni Wulansari, SST Pertemuan ke-5

2 Happiness is a choice Health is a choice Life is a choice…

3 Anda tidak dapat mengajarkan apapun kepada orang lain, anda hanya dapat menolong orang itu untuk menemukan sesuatu dalam dirinya sendiri. ( Galileo )

4 Urusan kita dalam kehidupan bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi untuk melampaui diri sendiri, untuk memecahkan rekor kita sendiri, dan untuk melampaui hari kemarin dengan hari ini (Stuart B. Johnson)

5  Suatu variabel berskala ukur nominal atau ordinal adalah merupakan variabel kualitatif, tidak mempunyai satuan ukur, dan terdiri atas kategori-kategori yang kongkret. Analisis yang layak dan lumrah adalah didasarkan pada proporsi-proporsi dari kategori.  Misalnya : Y1, Y2,..., Yn adalah suatu populasi data untuk suatu variabel kualitatif. Dalam populasi berukuran N tersebut, masing-masing terdapat N1, N2,..., Nn elemen yang termasuk dalam kategori-1, kategori-2,..., kategori-k sedangkan N1 + N Nk = N.

6 ,Yi = 0, 1

7 , WOR, WR, WOR, WR Singh, pg. 32 Cochran, pg. 59 Singh, pg. 32 Cochran, pg. 59

8 ,WR,WOR

9 Ukuran Sampel:,WR,WOR

10 Sebuah sampel yang terdiri dari 100 rumah tangga dipilih dari populasi yang terdiri dari 2000 rumah tangga dengan SRS WOR. Dari sampel diketahui bahwa 15 RT memiliki TV dengan jumlah anggota RT masing-masing 8, 7, 3, 3, 5, 4, 3, 4, 5, 6, 6, 5, 4, 3, 2. Estimasilah total RT yang memiliki TV dan RSE-nya! Estimasilah total penduduk di wilayah tersebut dengan RSE-nya!

11  Konsep dan Definisi Penarikan sampel berstrata adalah suatu metode dimana populasi yang berukuran N, dibagi menjadi sub populasi-sub populasi yang masing –masing terdiri atas N 1, N 2, N 3, N 4, …,N L elemen. Diantara dua sub populasi tidak boleh ada yang saling tumpang tindih. Sehingga N 1 +N 2 + N 3 +N 4 +….+ N L = N. Selanjutnya setiap anak populasi disebut sebagai Strata (stratum).

12 Dalam pembentukan strata terdapat persyaratan yakni :  Unit di dalam strata homogen  Variasi yang terdapat antar strata besar (heterogen)  Rata-rata setiap strata beda nyata.

13  Di dalam penerapan penarikan sampel berstrata, kita dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut :  Dengan sampel berstrata dapat diperoleh nilai estimasi dengan presisi lebih tinggi untuk setiap strata maupun untuk populasi secara keseluruhan.  Pada setiap strata, dapat dipergunakan rancangan penarikan sampel yang tergantung keadaan setiap strata dan kebutuhannya.  Setiap strata dapat dianggap sebagai populasi tersendiri, sehingga bisa saja menentukan presisi yang dikehendaki pada setiap strata dan disajikan tersendiri.  Dalam beberapa hal membawa manfaat pada pengelolaan administrasi.

14  …… Pelajari dulu ya…


Download ppt "By: Ika Yuni Wulansari, SST Pertemuan ke-5. Happiness is a choice Health is a choice Life is a choice…"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google