Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI Anggota: Ridwan Nurcahyo N Sudarto Wiwin Hartanto MANAJEMEN KOPERASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI Anggota: Ridwan Nurcahyo N Sudarto Wiwin Hartanto MANAJEMEN KOPERASI."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI Anggota: Ridwan Nurcahyo N Sudarto Wiwin Hartanto MANAJEMEN KOPERASI

2 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI MATERI:  PERMODALAN KOPERASI  SISA HASIL USAHA  PEMBUBARAN KOPERASI

3 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI  PERMODALAN KOPERASI PENGERTIAN MODAL Modal adalah sejumlah harga (uang/barang) yang dipergunakan untuk menjalankan usaha, modal berupa uang tunai, barang dagangan bangunan dan lain sebagainya.

4 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI SUMBER MODAL KOPERASI Modal koperasi terdiri dari Modal Sendiri dan Modal Pinjaman. a. Modal Sendiri dapat berasal dari : a. simpanan pokok; b. simpanan wajib; c. dana cadangan; d. hibah. b. Modal pinjaman dapat berasal dari : a. anggota; b. Koperasi lainnya dan/atauanggotanya; c. bank dan lembaga; d. penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya; e. sumber lain yang sah.

5 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI  SISA HASIL USAHA (SHU) PENGERTIAN SHU: Sisa Hasil Usaha koperasi merupakan pendapatan yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya penyusutan dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan

6 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI Pembagian Sisa Hasil Usaha pembagiannya meliputi : –50 % Untuk dana Cadangan koperasi. –10 % Untuk dana Pengurus. –10 % Untuk dana kesejahteraan Pegawai/Karyawan koperasi. –10 % Untuk dana Pendidikan. –10 % Untuk dana Pembangunan Daerah Kerja. –10 % Untuk dana sosial.

7 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI  PEMBUBARAN KOPERASI Berdasarkan pasal 46 UU perkoperasian, Pembubaran Koperasi dapat dilakukan berdasarkan : a Keputusan Rapat Anggota b. Keputusan Pemerintah.

8 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI a. Keputusan Rapat Anggota Pembubaran koperasi atas kehendak anggota harus diadakan Musyawarah Anggota khusus mengenai pembubaran koperasi. Pembubaran koperasi atas kehendak anggota didasarkan kepada : Jangka waktu berdirinya koperasi telah berakhir. Koperasi telah tidak ada kegiatan usahanya lagi serta tidak akan melanjutkan kegiatan usahanya lagi.

9 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI b. Keputusan Pemerintah. Keputusan pembubaran oleh Pemerintah dilakukan apabila : a. Terdapat bukti bahwa Koperasi yang bersangkutan tidak memenuhi ketentuan Undang- undang ini; b. Kegiatannya bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan; c. Kelangsungan hidupnya tidak dapat lagi diharapkan

10 ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI THANK YOU


Download ppt "ANALISIS CARA PENDIRIAN KOPERASI Anggota: Ridwan Nurcahyo N Sudarto Wiwin Hartanto MANAJEMEN KOPERASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google