Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GH-D0482.HF&E.Modul 11 Human Faktor dan Ergonomi (D0482) Konsep Dasar dan Aplikasinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GH-D0482.HF&E.Modul 11 Human Faktor dan Ergonomi (D0482) Konsep Dasar dan Aplikasinya."— Transcript presentasi:

1 GH-D0482.HF&E.Modul 11 Human Faktor dan Ergonomi (D0482) Konsep Dasar dan Aplikasinya

2 GH-D0482.HF&E.Modul 12 Referensi KHE, HB Kroemer, Ergonomics, How to Design for Ease and Efficiency, Second Edition, Prentice Hall. KHE, HB Kroemer, Ergonomics, How to Design for Ease and Efficiency, Second Edition, Prentice Hall. Eko Nurmianto, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Penerbit Guna Widya. Eko Nurmianto, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Penerbit Guna Widya. RS Bridger, Introduction to Ergonomics, Mc Graw Hill. RS Bridger, Introduction to Ergonomics, Mc Graw Hill.

3 GH-D0482.HF&E.Modul 13 Human Faktor dan Ergonomi (D0842) Modul 1 Pendahuluan

4 GH-D0482.HF&E.Modul 14 Pendahuluan Definisi Definisi Sejarah Sejarah Dasar Keilmuan dari Ergonomi Dasar Keilmuan dari Ergonomi Studi Tentang Sistem Kerja secara Global Studi Tentang Sistem Kerja secara Global

5 GH-D0482.HF&E.Modul 15 Definisi Definisi (International Ergonomics Association). Definisi (International Ergonomics Association). –ERGON (Kerja) dan NOMOS (Ilmu Pengetahuan). –Studi tentang aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain/perancangan untuk mendapatkan suasana kerja yang sesuai dengan manusianya. Penerapan Ergonomi dapat berupa: Penerapan Ergonomi dapat berupa: –Rancang Bangun (design) –Rancang Ulang (re-design) Dapat diterapkan untuk design pekerjaan pada suatu organisasi, misal: penentuan jam istirahat, pergantian shift, variasi pekerjaan, dll. Dapat diterapkan untuk design pekerjaan pada suatu organisasi, misal: penentuan jam istirahat, pergantian shift, variasi pekerjaan, dll.

6 GH-D0482.HF&E.Modul 16 Ruang Lingkup Aplikasinya Aktivitas Rancang Bangun (Design) dan Rancang Ulang (Re-Design), meliputi: Aktivitas Rancang Bangun (Design) dan Rancang Ulang (Re-Design), meliputi: –Design/re-design perkakas kerja (tool), bangku kerja (benches), Kursi, alat pengendali (control), dll. –Design pekerjaan pada organisasi, misal: waktu istirahat, pembagian shift kerja, variasi kerja, dll. –Design sistem kerja untuk mengurangi rasa nyeri dan ngilu terhadap sistem kerja kerangka dan otot manusia, kelelahan, ketidaknyamanan visual dan postur tubuh. –Design dan evaluasi produk, untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para pemakainya.

7 GH-D0482.HF&E.Modul 17 Sejarah Disosialisasikan sebagai bidang ilmu dari tahun Disosialisasikan sebagai bidang ilmu dari tahun Beberapa kejadian yang terkait dengan perkembangan ilmu ergonomi: Beberapa kejadian yang terkait dengan perkembangan ilmu ergonomi: –CT. Thackrah, England, »Postur tubuh manusia pada saat bekerja berhubungan dengan kesehatan kerja. »Pencahayaan, ventilasi dan temperatur di lingkungan kerja, »Pembebanan kerja, jam kerja, dan gerakan yang berulang- ulang.

8 GH-D0482.HF&E.Modul 18 –FW Taylor, USA, »Metode ilmiah untuk menentukan cara yang terbaik dalam melakukan pekerjaan. »Konsep ergonomi dan manajemen modern. –FB. Gilbreth, USA, »Optimasi metode kerja, dalam Analisa Gerakan. »Motion Study, posisi membungkuk dapat diatasi dengan meja yang bisa naik-turun (adjustable). Sejarah

9 GH-D0482.HF&E.Modul 19 –E. Mayo, USA, »Kuantifikasi pengaruh dari variabel fisik seperti misal pencahayaan dan lamanya waktu istirahat terhadap efisiensi dari para operator kerja pada unit perakitan. –Pembentukan Kelompok/Asosiasi Ergonomi. »The Ergonomics Research Society, England, »The International Ergonomics Assosiation, »The Human Factor Society, USA, »The Ergonomics Society of Australia and New Zealand, Sejarah

10 GH-D0482.HF&E.Modul 110 Dasar Keilmuan dari Ergonomi Ergonomi terkait dengan karakteristik fungsional dari manusia, seperti kemampuan penginderaan, respon, daya ingat, posisi optimum tangan dan kaki, dll. Ergonomi terkait dengan karakteristik fungsional dari manusia, seperti kemampuan penginderaan, respon, daya ingat, posisi optimum tangan dan kaki, dll. Ergonomi membutuhkan pemahaman ilmu- ilmu terapan yang banyak berhubungan dengan fungsi tubuh manusia seperti anatomi dan fisiologi. Ergonomi membutuhkan pemahaman ilmu- ilmu terapan yang banyak berhubungan dengan fungsi tubuh manusia seperti anatomi dan fisiologi.

11 GH-D0482.HF&E.Modul 111 Sistem kerangka otot manusia, yang meliputi: Sistem kerangka otot manusia, yang meliputi: –Kinesiologi, »Mekanika pergerakan manusia (mechanics of human movement). –Biomekanika, »Aplikasi ilmu mekanika teknik untuk analisis sistem kerangka- otot manusia. Anthropometri, Anthropometri, »Pengukuran dan diskribsi dimensi tubuh manusia. Industrial Hygiene, Industrial Hygiene, »Penfendalian resiko kesehatan dalam kerja. Industrial Phsychology, Industrial Phsychology, »Sikap dan Prilaku manusia dalam bekerja. Dasar Keilmuan dari Ergonomi

12 GH-D0482.HF&E.Modul 112 Contoh kasus Studi Perancangan Sistem Kerja, untuk kasus design interior kendaraan bermotor, diantaranya: Contoh kasus Studi Perancangan Sistem Kerja, untuk kasus design interior kendaraan bermotor, diantaranya: –Acces (getting in and out) –Resistant –Visibility –Seating –Displys (visibility lighting, spidometer, gas-meter, temperatur) –Controls (mudah dijangkau, kemudahan identifikasi dan operasi, posisi, pergerakan standar) –Lingkungan (ventilasi, panas langsung, sharp-countur unt panel) Studi Tentang Sistem Kerja (Aplikasi)

13 GH-D0482.HF&E.Modul 113 Tugas 1: Studi Kasus 1: Studi Kasus 1: –Lakukan pengamatan pada lingkungan kerja, terhadap hal-hal yang terkait dengan masalah ERGONOMI. –Lakukan IDENTIFIKASI MASALAH tersebut sehingga dapat memberikan kejelasan.

14 GH-D0482.HF&E.Modul 114 Online Reading

15 GH-D0482.HF&E.Modul 115 Selamat Belajar


Download ppt "GH-D0482.HF&E.Modul 11 Human Faktor dan Ergonomi (D0482) Konsep Dasar dan Aplikasinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google